November 14 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Mengangkat Momen Wisuda Sebagai Peluang Usaha

By admin - Fri Nov 16, 4:43 pm

Momen wisuda tentunya menjadi momen istimewa bagi semua mahasiswa. Momen wisuda ini bisa Anda manfaatkan untuk menjadi peluang usaha yang sangat menjanjikan. Bahkan karena saking bermaknanya momen wisuda ini, banyak sekali cara yang dilakukan untuk mengabadikan momen manis tersebut. Salah satunya adalah dengan cara mempersiapkan bingkisan cantik untuk pkeluarga, para sahabat, kerabat dekat, teman satu angkatan, dan lain sebagainya. Mereka berpikir bahwa pada momen ini, semua orang harus bisa mengingatnya. Entah itu mengingat momen yang membahagiakan atau momen berkumpul bersama keluarga dan teman di saat yang paling menyentuh.

Momen wisudaMerayakan hari kelulusan inilah yang kemudian bisa Anda jadikan untuk merintis sebuah usaha. Usaha apa? Misalnya usaha boneka wisuda atau bunga wisuda. Ternyata kedua hal ini bisa memberikan keuntungan yang sangat menjanjikan bagi Anda. Di momen kelulusan ini, seseorang pastinya memberikan bunga atau boneka wisuda untuk orang-orang terkasih. Kehadiran dua hal ini cukup diminati dan diburu oleh para konsumen. Dua hal ini dianggap sebagai satu alternative bingkisan yang tidak hanya unik tetapi juga bisa menjadi pilihan bingkisan atau kado yang cukup eksklusif.

Momen wisuda ini bisa Anda awali dengan memanfaatkan bahan baku kain flannel untuk menciptakan boneka yang unik dan cantik. Kemudian Anda bisa menciptakan boneka mungkil yang sangat mirip dengan para wisadawan. Proses produksi boneka ini memang 100% menggunakan jahitan tangan. Usaha ini bisa Anda lakukan ketika Anda masih dalam bangku kuliah atau untuk Anda yang merupakan Ibu rumah tangga. Untuk pertama kalinya, Anda mungkin bisa membuatnya terlebih dahulu kemudian membawanya ke lokasi wisuda. Di sana, para tamu undangan atau para calon wisudawan sendiri usahakan tertarik dengan produk Anda. Setelah mulai banyak yang melirik dan tertarik dengan produk Anda, pada periode wisuda berikutnya Anda bisa menyebar kartu nama ke beberapa kampus.

Kartu nama yang Anda sebar sebaiknya mencantumkan gambar produk yang Anda buat dan juga alamat lengkap. Jadi, bagi mereka yang ingin memesan produk Anda secara eksklusif, bisa langsung menghubungi Anda beberapa hari sebelum acara wisuda. Hal ini akan membuat produk Anda lebih terkenal dan lebih mempunyai nilai jual yang tinggi. Untuk awal usaha Anda mungkin bisa menghandle sendiri pesanan, tetapi jika jumlah pesanan sudah mulai banyak, Anda bisa merekrut karyawan untuk membantu Anda.

Momen wisuda yang Anda bidik harus bisa mendapatkan konsumen. Dengan begitu, di kampus tersebut, produk Anda juga akan lebih menyebar. Anda bisa membuat boneka dengan berbagai macam model dan ukuran. Misalnya ukuran kecil 17 cm dan juga ukuran besar 23 cm. Jenis boneka yang bisa Anda produksi dan jual adalah boneka keluarga, boneka couple dan juga boneka pengantin.

Walaupun mungkin di sekitar Anda sudah ada yang membuat produk serupa, sebaiknya Anda membuat produk yang lebih unggul dan terlihat eksklusif. Caranya adalah dengan membuat boneka yang customize. Jadi, boneka yang diproduksi menyesuaikan dengan keinginan calon konsumen. Misalnya dengan menyesuaikan bentuk toga sama seperti toga di Universitas konsumen, menambahkan jilbab, kacamata, sanggul dan lain sebagainya. Untuk promosi, Anda bisa menegaskan promosi offline dengan bantuan promosi online. Anda tidak hanya bisa menempelkan pamflet dan leaflet di kota Anda tetapi Anda juga harus membuat blog serta memasarkannya melalui situs jejaring social. Dengan begitu, jangkauan pasar yang Anda miliki lebih luas, bisa jadi tidak hanya di kota Anda tetapi merambah ke luar pulau.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS