December 13 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Mengambil Peluang Usaha Cokelat

By admin - Fri Jun 01, 4:40 pm

Peluang usaha cokelat sangat terbuka lebar karena cokelat merupakan kegemaran masyarakat segala generasi. Peluang usaha cokelat ini juga bisa diambil dari hobi atau kesukaan Anda. Jike kebetulan Anda menyukai cokelat, maka pasti Anda tahu mengenai seluk-beluk cokelat dan hal ini akan menjadi nilai plus bagi bisnis Anda. sebenarnya untuk menjalankan bisnis ini tidak terlalu sulit dan tidak memerlukan modal yang besar. Karena bisnis ini bisa memanfaatkan peralatan-peralatan yang sudah ada di setiap rumah.

Peluang usaha cokelat

Untuk memulai bisnis cokelat ini ada beberapa hal yang perlu diperhatikan mulai dari proses pembuatan sampai dengan strategi pemasaran yang akan dilakukan. Kedua hal tersebut penting karena berkaitan dengan mutu produk dan bagaimana produk itu bisa dikenal dan akhirnya dibeli oleh konsumen.

Peluang usaha cokelat harus memperhatikan beberapa hal kecil, termasuk proses pembuatannya. Karena proses pembuatan inilah yang nantinya akan mempengaruhi cita rasa dan tampilan cokelat yang Anda hasilkan. Di dalam proses pembuatan cokelat ada beberapa hal yang penting untuk diperhatikan yaitu sebagai berikut. Pertama, pelajari serba-serbi cokelat, jenis, dan sifat cokelat, teknik tempreing, pembuatan cokelat praline, baik dari teknis tempering sampai ke pembuatan ganahche, praline, dan karamel untuk filling cokelat.

Kedua, pelajari trik mencetak cokelat agar hasilnya mulus dan siap untuk dikonsumsi. Ketiga, pilihlah bahan baku cokelat yang akan digunakan. Pilih cokelat yang berkualitas agar rasa dan hasilnya lebih memuaskan. Keempat, perhatikan kemasan, membuat kemasan cokelat yang baik dan menarik serta memberi kesan wah akan menambah daya tarik produk cokelat. Setelah produk cokelat yang dibuat cukup layak untuk dipasarkan dan siap bersaing dengan produk-produk lain, langkah selanjutnya adalah menyiapkan strategi pemasaran cokelat. Pemasaran cokelat bisa dilakukan melalui banyak media.

Peluang usaha cokelat tetap harus menguasai beberapa hal mendasar, yaitu sebagai berikut. Pertama, keterampilan berkomunikasi sangat dianjurkan untuk bisa menawarkan produk ke supermarket dan minimarket. Jika sudah bisa masuk ke Supermarket atau Minimarket, suplai ke lokasi tersebut harus bisa rutin. Kedua, perlu melakukan variasi dengan menghadirkan berbagai bentuk varian harus dihadirkan. Misalnya bentuk yang lucu akan memberikan daya tarik untuk pembeli anak-anak. Ketiga, Lakukan promosi secara luas. Karena semakin luas promosi yang dilakukan akan semakin memperluas jangkauan pemasaran cokelat.

Sebenarnya modal untuk usaha cokelat tidaklah besar. Beberapa peralatan tentunya sudah dimiliki di dapur atau di rumah kita, misalnya kompor dan kulkas. Namun secara lebih detai berikut analisa kebutuhan usaha cokelat.

  • Cetakan Cokelat Rp 500.000
  • Panci Rp. 100.000
  • Toples Rp 500.000
  • Lain-lain Rp.400.000

Total untuk barang-barang produksi cokelat Rp. 1.500.000

Selain barang-barang untuk produksi cokelat diperlukan bahan-bahan membuat cokelat antara lain:

  • Bahan Baku Rp 1.000.000
  • Kemasan Rp 200.000
  • Promosi Rp 50.000
  • Pewarna Makanan Rp 10.000
  • Biaya Penyusutan Per Bulan Rp 31.200

Total Rp 1.291.200                                                        

Dengan biaya sebesar itu dapat diproduksi cokelat sebanyak 500 buah. Tiap satu buah cokelat dijual dengan harga Rp 5.000, jika semua cokelat terjual habis dalam satu bulan maka pendapatan dari usaha cokelat ini Rp 2.500.000, sehingga keuntungan usaha cokelat anda dalam satu bulan Rp1.208.800. Dengan keuntungan yang lumayan tersebut, bisnis cokelat menjadi peluang bisnis yang layak dicoba. Kuncinya harus kreatif dan inovatif dalam mengemas cokelat.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS