November 18 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Mendongkrak Penjualan dengan Prinsip Pemasaran

By admin - Wed Aug 15, 9:29 am

 

Prinsip pemasaran menimbulkan perubahan besar pada penjualan yang Anda lakukan. Prinsip pemasaran adalah salah satu factor yang berpengaruh pada strategi pemasaran yang Anda terapkan. Karena pemasaran merupakan salah satu tonggak suksesnya suatu bisnis, maka Anda juga harus benar-benar mendalami apa saja yang harus Anda lakukan dan apa saja yang tidak boleh Anda terapkan. Karena seiring dengan semakin ketatnya persaingan pasar, Anda wajib menjalankan bisnis Anda secara optimal, terlebih jika Anda masih merintis usaha baru. Itulah sebabnya untuk bisa mendongkrak penjualan produk, Anda harus mengetahui tentang beberapa prinsip pemasaran yang harus Anda kuasai agar bisa mendatangkan banyak sekali penjualan.

prinsip pemasaran

Prinsip yang pertama adalah dengan membangun brand produk sebelum Anda menjualnya. Karena ketika memasarkan sebuah produk, tidak jarang para pelaku usaha langsung saja melemparkan produknya ke pasar tanpa terlebih dahulu memperhatikan brand produk yang dipasarkan. Padahal pemakaian brand sangat berpengaruh pada proses pemasaran produk Anda. Karena sebuah produk atau jasa yang dipasarkan tanpa pencitraan atau reputasi yang baik malah akan membuat proses pemasaran tersebut lebih sulit. Karena para calon konsumen belum mengenal brand produk yang Anda tawarkan.

Prinsip pemasaran yang kedua adalah mengenal target market yang potensial. Sebagai seorang pelaku usaha, Anda harus mampu bertindak teliti dan jeli dalam mengenali target atau calon konsumen yang Anda bidik. Hal ini sangat penting karena akan membuat waktu Anda lebih efektif, biaya dan tenaga yang dihabiskan juga tidak terlalu banyak. Lain halnya dengan jika Anda langsung terjun ke pasar tanpa tahu target market yang ingin Anda bidik, pasti akan membutuhkan waktu, biaya dan tenaga yang lebih besar. Misalnya Anda mempunyai produk mainan anak dan ingin memasarkannya. Maka sebelum melempar produk ke pasar, sebaiknya Anda juga mampu melihat target pasar mana yang akan Anda bidik.

Prinsip yang ketiga adalah dengan membuat jadwal promosi. Karena Anda harus sadar jika sehebat apapun suatu strategi, tetap tidak akan diraih dalam waktu satu atau dua hari saja. Anda membutuhkan perencanaan yang matang dan juga komitmen yang besar untuk bisa berhasil dalam memasarkan produk Anda dengan maksimal. Buatkah jadwal promosi atau perencanaan pemasaran yang bisa berjalan secara rutin setiap hari. Misalnya Anda menyusun jadwal mulai dari mempersiapkan bahan presentasi, jadwal harian berpromosi an lokasinya, follow up ke calon konsumen setiap minggu, memperluas networking secara rutin, dan lain sebagainya.

Prinsip pemasaran yang keempat adalah dengan tidak pernah memaksa para konsumen. Walaupun Anda sedang dalam kejaran target, tetap hindari proses memaksa calon konsumen Anda. Perlakukanlah konsumen Anda seperti Anda ingin diperlakukan oleh orang lain. Hindari juga berlebihan memohon kepada calon konsumen karena hanya akan menimbulkan ketidak-nyamanan bagi para calon konsumen.

Prinsip yang kelima adalah dengan menjadikan solusi bagi permasalahan konsumen. Karena pada dasarnya setiap konsumen tidak hanya membutuhkan jasa atau produk yang ditawarkan saja tetapi mereka juga membutuhkan solusi dari permasalahan mereka. Untuk itulah, jadilah problem solver yang akan membantu konsumen Anda dengan pelayanan prima. Misalnya adalah dengan menawarkan detergen yang bisa menghilangkan noda membandel di baju. Nah, setelah Anda mengetahui tentang prinsip-prinsit pemasaran tersebut, sebaiknya segera tanamkan dalam diri Anda dan juga rangkai jadwal sekarang untuk memudahkan Anda dalam proses pemasaran. Semoga sukses.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS