December 13 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Menciptakan Rencana Bisnis yang Baik untuk UKM

By admin - Wed Jun 20, 4:55 pm

Rencana bisnis tentunya sangat berguna bagi usaha Anda untu lebih maju dan berkembang. Rencana bisnis akan membuat jalur untuk Anda bisa melangkah. Karena segala hal dalam hidup ini harus direncanakan dengan baik dan matang, agar tidak salah langkah. Rencana bisnis yang Anda ciptakan juga sebaiknya mampu mendatangkan keuntungan.

rencana bisnis

Usaha Kecil Menengah atau UKM adalah bisnis yang biasanya dilakukan secara tradisional, mengalir begitu saja sesuai dengan naluri dan kebiasaan pelakunya. Tetapi sekarang pemikiran seperti harus segera diubah. Karena menjalankan bisnis, sekecil apapun, tetap membutuhkan perencanaan yang matang agar tidak keluar jalur. Salah satu perencanaan yang sangat matang yang bisa Anda lakukan adalah perencanaan keuangan. Karena yang biasanya terjadi pada UKM adalah uang pribadi pun masuk ke dalam keuangan bisnis dan sebaliknya, uang bisnis juga digunakan untuk keperluan pribadi. Hal ini sangat memprihatinkan karena lama-kelamaan bisa menggerus bisnis Anda. Hal ini dilakukan karena sebuah bisnis pribadi menjadi hak dan tanggung jawab penuh sang pelaku usaha untuk menggunakan keuangan. Hal inilah yang pada akhirnya membuat UKM gulung tikar.

Rencana bisnis bisa membuat sebuah bisnis kecil menengah menjadi sehat. Karena bisnis yang sehat bisa dilihat dari aliran kas keuangan masuk dan keluarnya. Jadi idealnya, arus uang masuk harus lebih besar daripada arus kas keluar. Jadi, manfaat perencaan keuangan ini akan mengatur dan memberikan panduan untuk menggunakan keuangan usaha Anda. dengan perencanaan keuangan yang baik, maka aliran dana dapat terkontrol dan dapat dievaluasi secara mudah dan terukur. Kemudian dapat juga diambil tindakan-tindakan dengan cepat jika terjadi kesalahan atau penyimpangan. Karena dengan mempunyai rencana bisnis dan rencana keuangan, manajemen keuangan Anda akan lebih terkontrol dan stabil.

Keuangan merupakan aspek terpenting di dalam sebuah bisnis. Jadi, ketika keuangan baik, maka usaha Anda pun akan berkembang dengan baik dan semakin meningkat. Keuangan sendiri adalah aktivitas perusahaan yang berhubungan dengan bagaimana memperoleh dana, menggunakan dana dan juga menegelola asset sesuai dengan tujuan perusahaan secara menyeluruh. Identifikasi rencana alokasi pendapatan harus menjadi prioritas yang harus dipelajari. Karena hal ini akan membantu Anda untuk membuat rencana keuangan yang realistis dan mungkin untuk dilaksanakan.

Rencana bisnis atau rencana keuangannya bisa diukur atau disusun dengan beberapa langkah berikut ini:

  1. Membuat perhitungan cermat mengenai pengeluaran Anda selama satu bulan. Yang perlu diingat, Anda harus memisahkan antara pengeluaran pribadi dan bisnis Anda.
  2. Hitung semua penghasilan Anda. Anda juga harus menggaji diri Anda sendiri. Jadi, dari gaji tersebut Anda bisa membelanjakan atau membiayai pengeluaran pribadi Anda.
  3. Tuliskan dengan cermat selisih diantara keduanya.

Saran untuk membuat rencana keuangan dan rencana yang baik adalah sebagai berikut:

  1. Hitung ulang semua hutang Anda dan pisahkan antara hutang untuk pribadi dan hutang untuk bisnis. Apabila jumlah hutang Anda di atas 30% dari total penghasilan, maka keuangan Anda tidak sehat.
  2. Catat semua penghasilan yang Anda terima dan pengeluaran Anda selama beberapa bulan dan cermati hasilnya. Di sini, Anda akan melihat apa saja yang menjadi pengeluaran wajib bisnis Anda.
  3. Targetkan seberapa besar pengeluaran dan jangan berlebihan.
  4. Mulailah untuk memisahkan sejumlah uang untuk ditabung. Tentu saja Anda juga harus memisahkan tabungan pribadi dan tabungan usaha.
  5. Anda harus menetapkan tujuan keuangan Anda, baik untuk usaha maupun untuk pribadi.
  6. Pisahkan antara tabungan pribadi dan tabungan bisnis.
  7. Jangan lupa investasi untuk dana pensiun Anda.
  8. Bijaklah terhadap hutang dan pengeluaran yang tidak perlu.
  9. Disiplin terhadap apa yang Anda targetkan dan tertulis di rencana keuangan Anda.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS