November 13 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Menangkan Persaingan Pasar dengan Kunci Ini

By admin - Mon Apr 01, 4:41 pm

Memenangkan persaingan pasar bukanlah sesuatu yang mudah. Memenangkan persaingan pasar harus Anda lakukan untuk bisa meraih kesuksesan di bidang usaha yang Anda geluti selama ini. Selain para pengusaha besar, para pelaku UKM juga harus mampu memenangkan pasar agar mampu tetap eksis di bidang usaha yang digelutinya. Untuk itulah, berikut ini kunci yang harus Anda jalankan untuk bisa sukses memenangkan pasar:

Memenangkan persaingan pasar

  • Hasilkan desain produk yang lebih unggul daripada para kompetitor Anda. Hal ini membutuhkan ide-ide segar agar produk yang Anda keluarkan tidak dicap hanya mencontek produk yang sudah ada. Anda harus mampu menggali ide-ide Anda untuk mengevaluasi secara rutin desain-desain yang Anda keluarkan ke pasaran. Evaluasi ini sama pentingnya dengan menciptakan desain baru yang lebih menggebrak. Karena Anda harus mampu melihat respon pasar terhadap desain yang sudah Anda pasarkan dan selalu berusaha untuk meningkatkan nilai tambah, seperti kepraktisan, kenyamanan, menyesuaikan dengan kebutuhan dan selera konsumen. Dengan hal-hal kunci ini, maka Anda pun akan lebih mudah menciptakan produk-produk yang lebih inovatif dan disukai oleh konsumen.
  • Konsisten menjaga kualitas produk Anda. Memenangkan persaingan pasar yang cukup luas membutuhkan perjuangan yang tidak sedikit. Anda dituntut untuk lebih inovatif dan kreatif dalam menciptakan desain produk yang Anda usung. Nah untuk menjaga keseragaman produk, Anda bisa menggunakan bantuan mesin yang bisa dioperasikan secara otomatis sehingga bisa mengoptimalkan produksi. Para pekerja Anda juga akan bekerja dengan lebih kompetitif sehingga produk yang dihasilkannya juga memenuhi standar kualitas yang Anda tetapkan.
  • Perluas jaringan distribusi produk. Perluasan jaringan distribusi ke berbagai lini sangat penting untuk bisa memenangkan persaingan pasar. Misalnya jika Anda ingin membidik pasar kelas menengah ke bawah, Anda bisa menitipkan produk-produk Anda ke berbagai warung atau dengan metode pemasaran dari mulut ke mulut. Sedangkan jika Anda ingin membidik konsumen kelas menengah ke atas, maka Anda bisa menjalin kerjasama dengan pemilik swalayan, supermarket dan minimarket. Jadi, jangkauan distribusi yang semakin luas juga bisa membantu Anda untuk lebih cepat mendapatkan kesuksesan dengan melesatnya penjualan produk. Jadi, keuntungan yang Anda dapatkan setiap bulannya juga akan terus meningkat.

Apapun jenis usaha yang Anda jalankan, pastikan Anda menjalankan kunci sukses tersebut agar mampu bersaing dengan usaha lain yang sejenis, baik di tingkat UKM maupun usaha besar. Karena dengan kunci dasar ini, semangat untuk memunculkan produk dengan kualitas baik akan terus tumbuh dan memaksa Anda untuk menjinakkan setiap tantangan yang ada di pasar. Dengan begitu, kesuksesan juga bisa Anda raih dengan lebih mudah. Semoga sukses.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS