November 18 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Memulai Usaha? Ini Modalnya!

By admin - Thu Sep 13, 4:58 pm

 

Modal usaha apa saja yang dibutuhkan untuk memulai sebuah usaha? Apakah modal usaha hanya berupa uang saja? Pertanyaan ini adalah pertanyaan yang paling sering diutarakan oleh para pemula. Bahkan jika akan memulai sebuah usaha, yang selalu ditanyakan orang lain adalah berapa modal yang dibutuhkan, seolah-olah hanya uang saja yang dibutuhkan untuk membangun sebuah usaha. Padahal sebenarnya modal (uang) hanya mempunyai persentase sebesar 10% dari semua modal yang dibutuhkan seorang pelaku usaha untuk memulai usahanya.

Modal usaha

Tidak adanya modal uang atau investasi terkadang menjadi alasan utama semua orang untuk menunda membuka sebuah usaha yang sudah diminatinya. Jika sudah berpikir seperti ini, biasanya mereka hanya akan berpikir bahwa membuka bisnis merupakan angan-angan yang tidak bisa dijadikan kenyataan. Tentu saja Anda mampu menjadikan impian Anda sebagai pengusaha jika Anda melakukan action. Jangan sampai Anda takut bahkan untuk sekedar berangan-angan untuk mempunyai sebuah usaha dengan alas an tidak mempunyai uang atau modal untuk memulai sebuah usaha tersebut.

Modal usaha jangan dijadikan alasan untuk tidak melakukan apapun. Karena sebenarnya, bukan kemiskinan yang menyebabkan Anda tidak sukses tetapi tidak ada action yang justru akan membuyarkan impian besar Anda untuk menjadi seorang pengusaha sukses. Jadi, jangan hanya karena masalah modal yang terbatas membuat Anda langsung patah arang dan tidak bersemangat mengejar impian Anda. Sebenarnya, jika Anda sedikit mengubah pola pikir Anda, ternyata masih ada banyak hal yang bisa Anda jadikan sebagai modal usaha selain uang. Berikut rinciannya:

  • Pengalaman. Pengalaman yang sudah miliki merupakan modal yang tidak bisa Anda beli dengan uang. Dengan pengalaman, Anda bisa memulai sebuah usaha yang Anda minati. Dengan modal yang sudah Anda peroleh ini, maka Anda bisa memulai sebuah usaha dengan menjadikan pengalaman sebagai titik awal usaha apa yang ingin Anda jalankan. Misalnya Anda pernah bekerja di rstoran, maka Anda bisa membuka usaha rumah makan dengan system kerja berdasarkan pengalaman yang sudah Anda miliki.
  • Knowledge atau pengetahuan. Walaupun Anda mempunyai modal yang banyak tetapi tidak mempunyai pengetahuan yang cukup, maka usaha yang akan Anda jalankan juga tidak akan maksimal. Hal ini sama halnya dengan benda mati yang tidak mempunyai kekuatan jiwa sehingga tidak akan pernah bisa bergerak jika digerakkan oleh orang lain. Untuk itulah, pengetahuan menjadi modal nomor dua setelah pengalaman, sedangkan uang justru menjadi modal usaha di peringkat ke sekian.
  • Skill atau keahlian. Pengetahuan dan pengalaman yang Anda miliki jika didukung dengan skill atau keahlian, maka akan membuat sebuah peluang usaha menjadi cepat berkembang.
  • Keberanian. Keberanian yang dimaksud bukan tentang kenekatan untuk mengambil resiko. Tetapi keberanian yang dimaksud adalah keberanian untuk melawan rasa takut akan kegagalan dan berani mengelola segala resiko yang memungkinkan. Jangan lupa untuk tetap memperkirakan dan memperhitungkan resiko usaha yang akan muncul nantinya.
  • Konsep usaha. Konsep usaha adalah arah Anda untuk bisa menjalankan roda bisnis. Jika Anda tidak mempunyai konsep usaha yang jelas, maka usaha Anda tidak akan mempunyai Patokan yang jelas. Seolah pergi ke suatu tempat tanpa mengetahui arah yang dituju. Hal ini sangat beresiko tinggi karena lama-kelamaan usaha yang tidak mempunyai patokan seperti ini akan kalah bersaing dengan pasar.
  • Networking. Networking akan membantu memudahkan jalannya usaha Anda. Misalnya Anda mempunyai kenalan di bank dan Anda ingin mengajukan kredit usaha, maka Anda bisa minta tolong kenalan Anda untuk memudahkan pengajuan kredit tersebut.

Modal usaha tambahan berikutnya adalah spiritual support. Semangat dan dukungan dari lingkungan sekitar, misalnya rekan, keluarga dan lain sebagainya akan menjadi modal yang juga tidak kalan bernilai. Usahakan untuk meningkatkan modal spirit seperti iman dan taqwa untuk membangun semangat dan untuk memotivasi diri Anda. 

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS