November 18 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Memulai Usaha? Hadapi Kedala-Kendalanya!

By admin - Thu Sep 13, 4:57 pm

 

Memulai usaha tentunya membutuhkan persiapan dan strategi yang matang agar tidak mundur ataupun salah langkah. Memulai usaha harus diimbangi dengan memantapkan langkah untuk bisa mewujudkan niat untuk memulai sebuah usaha baru. Dan Anda tidak boleh menyepelekan perkara ini karena hal ini bukanlah sesuatu yang mudah dilakukan. Ada berbagai macam kendala yang harus dihadapi dan ditaklukkan. Jika Anda tidak bisa memantapkan langkah untuk menghadapi berbagai kendala ini, maka akan membuat Anda enggan melangkah untuk menekuni dunia usaha. Kondisi seperti ini tentunya sering kita ketahui sebelum memasuki dunia usaha. Nah, untuk membantu Anda memantapkan langkah, lakukan beberapa persiapan agar bisa menghadapi segala kendala dengan lebih baik.

Memulai usaha

Kendala dalam memulai sebuah usaha adalah sebagai berikut:

  • Ketakutan akan kegagalan. Kendala ini yang paling banyak ditakuti oleh masyarakat. Banyak masyarakat yang takut gagal. Karena yang mereka inginkan hanyalah cara instan untuk meraih kesuksan tanpa modal usaha yang cukup besar. Kondisi dan mindset seperti inilah yang kemudian menurunkan motivasi para pemula dalam bidang usaha. Sehingga mereka akan langsung melangkah mundur teratur dan mengubur dalam-dalam keinginan mereka untuk menjadi seorang pengusaha sukses.
  • Terbiasa dengan posisi nyaman. Salah faktor mengapa seseorang tidak mampu bersaing atau menghadapi kendala pada sebuah usaha adalah karena dia terlalu terbiasa dengan posisi nyaman, yaitu sebagai karyawan. Pola piker seperti inilah yang seharusnya segera diubah, yaitu dari mindset seorang karyawan menjadi mindset seorang pengusaha sukses yang mempunyai keberanian penuh untuk menghadapi segala rintangan.
  • Belum bisa focus. Di sini, banyak calon pelaku usaha yang masih gamang dan masih bingung tentang usaha apa yang akan mereka tekuni. Kebanyakan masyarakat masih bingung ketika mereka akan memulai sebuah usaha. Mereka menginginkan usaha dengan untung yang besar tetapi belum yakin dengan focus usaha yang ingin Anda jalankan. Sehingga tidak heran jika mimpi mereka untuk menjadi seorang pengusaha sukses masih hanya sebatas impian kosong yang belum terwujud.

Memulai usaha juga harus mampu mempunyai persiapan yang matang agar hasil yang didapat tidak setengah-setengah:

  • Menentukan ide bisnis. Langkah pertama yang harus Anda siapkan adalah dengan menentukan ide bisnis yang akan Anda jalankan. Untuk mencari idea pa yang cccok untuk Anda bisa dilihat dari aktivitas harian Anda, hobi, skill Anda, cita-cita atau apapun yang sangat Anda gemari dan kuasai. Jika Anda mengambil usaha sesuia dengan apa yang sudah Anda ketahui seluk-beluknya, maka juga akan menjanjikan untung yang lebih besar setiap bulannya. Selain itu, dalam menentukan ide bisnis, Anda harus mampu menyesuaikannya dengan modal yang Anda miliki, sesuai dengan bidang yang Anda sukai dan juga mengetahui selera pasar.
  • Siapkan modal untuk memulai usaha. Bahkan sebelum Anda memulai sebuah usaha, Anda harus mengetahui seberapa besar modal usaha yang Anda butuhkan. Jangan lupa untuk membuat anggaran biaya dan juga analisa ekonomi dari usaha yang akan Anda geluti. Siapkan mulai dari hal-hal dasar, misalnya peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan untuk usaha Anda, modal kemampuan yang harus dikembangkan dan juga besarnya dana yang diperlukan.
  • Hilangkan rasa gengsi. Jika masih banyak orang yang gengsi terjun langsung ke usaha yang digelutinya, maka Anda tak perlu menuruti rasa gengsi tersebut. Karena memulai sebuah usaha membutuhkan tekad, niat dan mental baja yang kuat untuk bisa mewujudkan kesuksesan usaha yang Anda jalankan.

Memulai usaha benar-benar harus mempunyai rencana dan konsep yang jelas, misalnya produk atau jasa, lokasi usaha, target market dan evaluasi konsumen. Semoga sukses.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS