November 19 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Memulai Bisnis Makanan

By admin - Fri Jan 20, 4:27 pm

Bisnis makanan memang tidak ada matinya karena bisnis ini menyajikan kebutuhan primer manusia, yaitu makan. Bisnis makanan walaupun mudah tetapi tetap harus direncanakan dengan cermat agar hasilnya pun dapat maksimal. Ketika Anda sudah mempunyai angan-angan tentang rencana yang akan Anda realisasikan dalam bisnis Anda, sebaiknya segera buat keputusan untuk mengerjakannya.

Berikut adalah beberapa tips untuk memulai bisnis Anda di bidang kuliner:

  1. Pilih makanan yang dikuasai, baik itu resep dan cara pembuatannya.
  2. Mulailah usaha anda dari yang sederhana dan gampang dikerjakan terlebih dahulu
  3. Lihat baik-baik peluang di sekitar Anda. Lakukan riset makanan apa yang belum ada di sebuah kawasan tertentu.
  4. Kalaupun sudah ada bisnis makanan yang serupa, Anda harus berani membuat inovasi baru untuk restoran Anda.
  5. Untuk harga jual makanan nantinya, sebaiknya jangan terlalu mahal, jika tidak pelanggan seperti bintang ini yang bergaji pas-pasan tidak bisa datang. Karena dalam tahap memulai sebuah bisnis seperti ini yang penting adalah pelanggan datang.
  6. Keramahan. Ini kunci sukses peluang usaha ini. Jika ingin menarik pembeli, semua pekerja termasuk Anda haruslah ramah.
  7. Selain ramah pelayanan restoran juga harus cepat.
  8. Kebersihan harus menjadi prioritas utama. Restoran Anda nantinya wajib terlihat bersih, tidak ada lalat, jangan ada debu yang menempel termasuk juga pekerja anda harus bersih.
  9. Turuti keinginan pelanggan Anda. Umpamanya dia meminta pesanan khusus untuk makanannya, misal dia ingin makanan dengan sedikit garam, tidak terlalu pedas, dll.
  10. Jam buka dan tutup usaha restoran Anda harus teratur.

Bisnis makanan akan sangat membantu keuangan Anda jika Anda mengikuti tips tersebut. Selain kesepuluh tips bisnis makanan diatas, banyak restoran sukses dikunjungi pembeli karena mereka membuat tempat yang unik dan nyaman. Misal membuat restoran yang disekelilingnya ada pepohonan atau membuat tempat makanan diatas danau. Jangan lupa juga anda memanfaatkan kekuatan internet untuk memantapkan peluang bisnis makanan ini.

Semua orang pasti membutuhkan makan dan juga hampir rata-rata kita bisa membuat makanan. Apalagi dengan semakin mudahnya mendapatkan informasi resep-resep maupun cara-cara/tips dari berbagai media komunikasi. Kira-kira itulah alasan awal kebanyakan orang mengawali bisnis makanan. Meskipun tidak sedikit yang gagal, tetapi banyak juga yang kemudian sukses. Apalagi jika konsep usahanya disesuakan dengan kemampuan permodalan dengan menjual beberapa produk saja, dan ditangani sendiri.

Bisnis makanan juga sangat beragam, bisa skala kecil sampai skala besar. Bagi yang ingin skala usaha lebih besar namun tetap mudah, sekarang cukup banyak usaha makan dengan system franchise. Walaupun tidak sedikit yang akhirnya mengeluh karena ternyata tidak berjalan sesuai harapan. Banyak orang yang sangat pandai memasak atau membuat makanan enak untuk dijual tetapi sedikit saja yang benar-benar akhirnya bisa sukses menjalankan sendiri usahanya. Banyak pula yang sudah sangat siap dari segi permodalan tetapi akhirnya hanya menjadi salah satu assets dari sekian banyak usaha lain yang dijalankan. Faktor lokasi juga menjadi salah satu patokan awal usaha. Namun inipun tidak seluruhnya menjamin kesuksesan. Bagaimana awal mempersiapkan dan menyikapi persaingan juga merupakan salah faktor penentu sukses tidaknya usaha ini. Itulah sebabnya membuat usaha makanan, apalagi yang sudah melibatkan banyak produk, peralatan dan karyawan, masalahnya akan menjadi lebih kompleks.

Faktor waktu dan seberapa kuat modal kita untuk terus menyokong jalannya usaha ini hingga menghasilkan profit juga merupakan hal yang penting. Tidak sedikit usaha makanan dijalankan dengan perhitungan pengeluaran dan pemasukannya yang belum matang. Hal inilah yang umumnya menjadi alasan beberapa usaha seperti ini harus ‘babak belur’ serta menerapkan banyak trial and error dalam pengelolaannya. Kalau Anda mempunyai impian memiliki usaha makan sendiri, maka Anda harus menemukan jalan sendiri dibarengi dengan usaha terus menerus serta berani mengambil alternatif serta tantangan. Namun tentunya juga dengan selalu memperhitungkan faktor resiko dalam mengambil setiap keputusan.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS

  • Comments Off on Memulai Bisnis Makanan