November 18 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Memotivasi Diri untuk Membangun Usaha dengan Modal Kecil

By admin - Fri Jan 20, 4:41 pm

  • Comments Off on Memotivasi Diri untuk Membangun Usaha dengan Modal Kecil
  • 949 views
  • Email
  • Print

Usaha dengan modal kecil memang mempunyai resiko yang lebih besar karena jika modalnya habis maka usaha terancam gagal. Usaha dengan modal kecil bukanlah hambatan untuk tidak memulai usaha, yang penting yakin dan dimulai pasti ada jalan. Karena dengan modal kecilpun, Anda bisa jadi pengusaha. Bahkan tanpa modalpun bisa, asal tahu tips-tips nya. Yakinlah semua pengusaha sukses pun juga memulai usaha mereka dengan modal yang tidak besar. Karena memang perlu strategi dan komitmen supaya bisa sukses usaha walau hanya dengan modal kecil.

Pilihlah usaha yang tidak perlu modal besar. Misalnya kuliner, laundry (mesin sewa), reseller produk, dan lain sebagainya. Untuk sewa tempat, sewalah yg bisa diajak untuk profit sharing tanpa membayar di awal atau dengan mencicil. Selanjutanya, carilah partner usaha ketika menyewa tempat, sehingga biaya sewa bisa dibagi dengan partner usaha. Jangan lupa untuk membuat business plan yg baik. Anda bisa mendapatkan investor dengan business plan tersebut. Buatlah business plan yang rinci dengan profit sharingnya. Jika Anda akan mambuka usaha makanan, carilah supplier tetap berharga murah tapi berkualitas, dan jadilah pelanggannya.

Usaha dengan modal kecil juga bisa dilakukan dengan cara membuka franchise. Karena Anda juga perlu tahu bahwa franchise pun ada yang membutuhkan modal hanya sedikit. Jika ingin usaha franchise, pilihlah yang tidak terlalu mahal tetapi punya potensi untuk sukses. Lakukan kreativitas, sehingga Anda bisa menjual dengan modal minim, atau dekorasi tempat usaha dengan murah. Tabunglah setiap keuntungan (jgn dhabiskan) profitnya bisa digunakan untuk menambah modal. Ada beberapa contoh usaha dengan modal kecil (bahkan tanpa modal). Misalnya dengan memasarkan produk orang lain. Bisnis kuliner dengan modal kecil. Misalnya, makanan dan minuman seperti kue, roti, es juice, bakso, mi ayam, dll.

Bisnis kerajinan juga cukup menjanjika, seperti barang suvenir, pernik-pernik kebutuhan rumah tangga dengan bahan baku murah. Bisnis dengan modal kecil lainnya, misalnya: potong rambut, usaha jahit, travel ticket, pulsa, dll. Selanjutnya, buat database supplier (agar dpt bahan baku hemat) dan database konsumen (agar biaya marketing hemat). Bisnis online saat ini cukup menjanjikan dan dengan modal minim, karena tidak perlu biaya sewa tempat. Gunakan social media sebagai media untuk promosi, tetapi harus tepat penggunaanya jangan over. Proporsi promosi di social media (twitter atau fb) 90% berbagi manfaat dan 10% promosi usaha. Jika bussines plan sudah dbuat, sebarkan ke tman-teman dekat, bangun kepercayaan agar dapat bantuan modal. Kemudian, buatlah website atau free blog untuk mnginfokan informasi produk. Blog juga bisa digunakan untuk media jualan. Walau modal kecil, tetap jaga kualitas, bangun kpercayaan konsumen dan jujur agar konsumen akan setia.

Usaha dengan modal kecil juga pada kenyataannya dipengaruhi oleh factor psikologis sang pemilik, yaitu Anda sendiri. Sebelum Anda memulai usaha Anda, tidak ada salahnya Anda memantapkan diri Anda dan meniru motivasi masyarakat Jepang berikut ini:

  1. Kerja keras. Tentu ini motivasi yang patus kita contoh! Sama seperti kebanyakan orang-orang di Asia Timur. Mereka menjadi pekerja keras dalam hidupnya. Kata mutiara motivasi : Di dunia ini tidak ada yang namanya kegagalan, yang ada adalah kita kurang bekerja keras.
  2. Pantang menyerah. Masyarakat jepang untuk ini benar-benar membuktikannya. Dulu mereka setelah porak-poranda akbiat perang dunia ke II. Hanya membutuhkan waktu tidak lama untuk menjadi salah satu pusat ekonomi dunia. Pesan Motivasi : Menyerahlah jika peluang benar-benar sudah habis. Tapi selagi masih ada satu harapan, Raihlah dengan kerja keras dan anda pasti sukses.
  3. Menjaga kehormatan. Di sini, Anda diharuskan untuk ‘tahu malu’ untuk kemudian introspeksi diri agar hasil yang Anda dapat juga lebih memuaskan dan maksimal.
  4. Rajin membaca. Banyak-banyaklah membaca artikel, apalagi sekarang sudah zaman internet Anda bisa mendapatkan artikel tentang berbagai hal mulai dari komputer, motivasi, sejarah, ekonomi, dan sebagainya. Karena dengan lebih banyak mengetahui informasi dibanding lawan, Anda sudah lebih dekat ke tujuan.
  5. Menjaga tradisi. Motivasi yang ini patut kita contoh. Mengapa? bayangkan saja dengan kemajuan teknologi dan ekonomi. Mereka tetap tidak meninggalkan tradisi.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS

  • Comments Off on Memotivasi Diri untuk Membangun Usaha dengan Modal Kecil