December 23 2014
  • 1
Jakarta, ID - 32 °CPartly Cloudy - Humidity: 66%
Advertisement

Memilih Usaha Untuk Mahasiswa

By admin - Tue Jul 17, 5:25 pm

 

Memilih usaha untuk mahasiswa tentu harus memenuhi beberapa kriteria tertentu yang tidak akan mengganggu kegiatan belajar. Memilih usaha untuk mahasiswa yang baik tentu juga akan menjadi pembelajaran tersendiri tentang kemandirian dan sikap mental wirausaha bagi seorang mahasiswa. Di beberapa Universitas di Indonesia juga sangat banyak dilakukan program pemodalan untuk mahasiswa tertentu yang dinilai mampu untuk menjalankan sebuah usaha. Misalnya dengan mengadakan lomba membuat business plan yang baik dan terarah. Biasanya dari hasil lomba tersebut dipilih 10 business plan yang dinilai paling rasional untuk kemudian dikembangkan. Caranya adalah dengan memberikan sejumlah modal kepada mahasiswa yang telah menciptakan bisnis plan tersebut.

 

Lalu apakah seorang mahasiswa diperbolehkan untuk membuka sebuah usaha? Tentu saja bisa karena akan menghasilkan mental wirausaha yang tahan banting. Berikut ini ada beberapa motivasi yang dimiliki oleh mahasiswa untuk membuka sebuah usaha:

  • Ingin membangun fondasi bisnis sejak dini.
  • Ingin bisa mandiri, walaupun berasal dari keluarga berada.
  • Untuk kegiatan dana usaha atau pengumpulan dana social.
  • Untuk mengisi waktu luang bersama teman-teman.
  • Karena mendapatkan dana hibah dari lembaga tertentu, misalnya Dikti.
  • Karena kebutuhan untuk membayar SPP.

Memilih usaha untuk mahasiswa

Memilih usaha untuk mahasiswa bisa mulai ditentukan dari motivasi apa yang Anda miliki. Fokuskan pada motivasi terbesar yang Anda miliki kemudian diperluas ke beberapa jenis usaha yang sesuai dengan motivasi Anda. Untuk mengetahui karakteristik dan kemampuan Anda untuk membagi waktu antara kuliah dan berwiusaha, bisa di lihat dari beberapa hal dari segi waktu, yaitu: berapa banyak SKS yang Anda ambil semester ini, berapa banyak sisa SKS Anda di semester ini, berapa rencana SKS yang akan Anda ambil di semester depan, dan sisa waktu usaha setelah dipotong waktu kuliah ada berapa jam sehari. Hal tersebut akan sangat penting untuk bisa menentukan jenis usaha apa dan strategi manajemen di dalam usaha Anda seperti apa.

Jika Anda meremehkan pengaturan waktu dan jadwal ini, maka Anda bisa mengalami kegagalan dalam menjalankan usaha. Karena walaupun bisa menjalankan usaha merupakan kebanggaan tersendiri, tetapi Anda juga tidak boleh meremehkan amanat orang tua untuk menuntaskan kuliah dan menggapai gelar kesarjanaan Anda. Sebagai seorang mahasiswa, tentu saja Anda juga akan lebih cenderung membuka usaha di lingkungan mahasiswa atau lingkungan kampus bukan? Untuk itulah Anda perlu mengetahui beberapa jenis usaha yang sangat potensial di sekitar kampus atau mahasiswa, yaitu:

·         Usaha fotocopy.

·         Usaha makanan.

·         Usaha warnet.

·         Usaha bimbingan belajar.

·         Usaha kos-kosan.

·         Usaha laundry.

Memilih usaha untuk mahasiswa bisa dipilih dari keenam jenis usaha tersebut di atas. Mari kita bahas usaha-usaha tersebut satu per satu. Jenis yang pertama adalah usaha makanan. Usaha makanan yang Anda ciptakan harus memenuhi standar mahasiswa, yaitu murah, enak, porsi besar, meriah, bersih dan menarik. Tidak usah terlalu ribet untuk berkreasi dengan usaha Anda saat ini, yang paling penting adalah produk Anda laku di pasar. Jenis usaha yang kedua adalah usaha fotocopy. Usaha ini pasti sangat menjamur di sekitaran kampus. Untuk itulah, Anda harus berani tampil beda agar mampu menarik pelanggan. Misalnya dengan melakukan layanan jempur bola, member card atau antar jemput.

Jenis usaha yang ketiga adalah warnet. Anda bisa berinovasi dengan membuka warnet dengan game center atau layanan wifi. Jenis usaha yang keempat adalah usaha kos-kosan. Usaha ini mmebutuhkan modal yang cukup besar. Tetapi jika Anda mempunyai tanah dan bangunan walaupun dari orang tua, Anda bisa memanfaatkannya dengan membuka kos-kosan. Tentu saja dengan meminta ijin pada orang tua. Jenis usaha yang kelima adalah usaha bimbingan belajar. Usaha ini masih sangat diminati oleh mahasiswa. Anda bisa membuka bimbingan belajar yang mengikuti kemampuan mahasiswa. Untuk staf pengajarnya, Anda bisa merekrut teman-teman mahasiswa Anda yang berkompeten. Jenis usaha yang keenam adalah laundry. Usaha ini sangat ketat persaingannya. Tetapi jika Anda jeli, Anda bisa bersaing dengan tampil beda, misalnya memberikan kupon tertentu, diskon di hari besar, layanan antar jemput, dan lain sebagainya.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS

Leave a Reply

Comments are closed on this post.

Advertisement