November 21 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Membuka Usaha Oleh-Oleh Khas Lombok

By admin - Tue Nov 27, 12:48 pm

Oleh-oleh khas Lombok tentunya berbeda dengan oleh-oleh khas daerah lain. Oleh-oleh khas Lombok ini merupakan jenis produk yang bisa Anda kembangkan menjadi bisnis, bagi Anda yang tinggal di daerah Lombok. Lombok sudah menjadi daerah tujuan wisata karena keindahan alamnya, misalnya Pantai Senggigi, Kuta Lombok dan Tenun Sasak yang terkenal. Nah, untuk bisa focus pada beberapa produk yang paling digemari oleh para wisatawan, berikut beberapa jenis oleh-oleh yang bisa Anda jadikan sebagai usaha.

Oleh-oleh khas LombokPertama adalah dodol rumput laut. Makanan ini bisa dikatakan sebagai makanan wajib bagi mereka yang mampir ke Lombok. Dodol ini berbeda dengan jenis dodol dari daerah lain karena rasanya manis segar. Dodol ini dibuat dari tepung rumput laut, buah-buahan segar dan gula. Untuk rasa, Anda bisa berkreasi sendiri, misalnya rasa manga, sirsak, nangka dan lain sebagainya. Untuk harga, Anda juga bisa membuat variasi, misalnya antara Rp 10.000 sampai Rp 15.000 per kemasan dengan berat 200 gram.

Oleh-oleh khas Lombok yang kedua adalah madu Sumbawa. Sumbawa yang merupakan wilayah Provinsi nusa tenggara merupakan salah satu penghasil madu terbaik di Indonesia. Untuk menjualnya, Anda bisa menawarkan dua jenis madu, yaitu madu putih yang berasal dari lebah hidup di karang-karang putih dan juga madu biasa yang berwarna kuning kecoklatan. Madu ini pasti sangat diminati oleh wisatawan karena khasiatnya yang sudah terpercaya sampai Nasional untuk mengobati berbagai macam penyakit dan meningkatkan daya tahan tubuh. Harganya pun bermacam-macam, antara lain Rp 30.000 untuk kemasan 250 ml.

Oleh-oleh khas ketiga adalah minyak gosok Sumbawa. Walaupun oleh-oleh ini hanya cocok untuk orang tua, tetapi toh penjualannya juga sangat laris. Anda bisa menjualnya dengan tujuan memberikan cadangan untuk para wisatawan yang sedang menjalani perjalanan jauh. Minyak gosok khas Sumbawa ini terbuat dari akar lawing. Fungsinya adalah untuk memberikan kehangatan, menyembuhkan keseleo, pegal-pegal, meringankan rematik dan juga pneyakit otot yang lain. Ada berbagai macam ukuran botol yang bisa Anda jual dengan harga yang variatif, misalnya seharga Rp 30.000 untuk ukuran 200 ml.

Oleh-oleh khas Lombok yang keempat adalah kalung mutiara. Produk ini adalah produk yang paling dicari ketika seseorang berkunjung ke Lombok. Dan tentu saja harga yang bisa and abidik untuk satu kalung juga lebih dalam daripada jenis produk yang lain. Misalnya untuk gelang mutiaran berwarna putih atau kehitaman, harganya bisa berkisar mulai Rp 100.000. Untuk produk kalung tentunya lebih mahal, yaitu mulai harga Rp 400.000. Anda juga bisa menawarkan cincin baik untuk laki-laki atau perempuan. Cincin lah yang mempunyai harga paling mahal, yaitu mulai Rp 1.000.000.

Oleh-oleh kelima adalah kain sasak. Barang ini sangat terkenal di seluruh Indonesia, bahkan sampai ke luar negeri. Kain sasak juga bisa Anda tampilkan dengan beragam pilihan harga. Harganya juga bisa disesuaikan dengan motif dan bahan, karena semakin halus dan bagus motifnya maka akan semakin mahal harganya. Jadi, produk mana yang Anda jadikan andalan usaha Anda?

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS