November 14 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Membuat Sebuah Produk Berhasil di Pasar

By admin - Mon May 06, 3:30 pm

Keberhasilan sebuah produk di pasaran tentu akan berdampak positif bagi omzet penjualan Anda. Keberhasilan sebuah produk berarti bisa diterima pasar dengan baik. Bahkan tidak jarang para pelaku usaha yang rela menginvestasikan energy, uang dan waktu untuk membuat prosuk-produknya diterima masyarakat luas, yaitu mampu menembus pasar Nasional maupun Internasional. Tetapi pada kenyataannya, tidak semua produk berhasil menembus pasar bebas. Untuk bisa mengantarkan sebuah produk ke pasar bebas, dibutuhkan strategi pemasaran yang handal dan juga dukungan dari faktor-faktor internal yang berfungsi untuk meningkatkan nilai jual produk tersebut. Ini dia beberapa kunci sukses sebuah produk untuk bisa tembus ke pasar bebas:

Keberhasilan sebuah produk

  • Mempunyai pasar yang cukup besar. Suatu produk bisa dikatakan mempunyai pasar yang cukup besar apabila sudah ada kompetitor yang mencoba memberikan solusi yang sama bagi konsumen yang Anda bidik. Indikasi ini kemudian menunjukkan bahwa respon pasar cukup bagusa sampai ada kompetitor yang muncul dan ikut menawarkan produk sejenis.
  • Memanfaatkan teknologi yang sudah ada. Keberhasilan sebuah produk juga bisa dinilkai dari seberapa kuatkah dia mengikuti kemajuan teknologi. Karena jika pelaku usaha kurang peduli dengan kebutuhan teknologi, maka bisa jadi produk mereka kalah bersaing dengan produk kompetitor. Anda bisa menjalin kerjasama dengan para investor untuk memenuhi kebutuhan akan teknologi untuk meningkatkan nilai jual produk Anda.
  • Harga jual yang bersaing. Anda bisa memperkirakan harga jual produk Anda di pasaran dengan memperhitungkan biaya produksi yang dibutuhkan setiap bulannya. Jika produk Anda ternyata lebih mahal daripada produk lain yang sejenis, maka produk Anda akan sulit bersaing di pasar bebas. Inilah gunanya memperhitungkan dengan teliti agar diperoleh harga yang bersaing dan tetap memberikan keuntungan bagi Anda.
  • Gambarkan dengan jelas keunggulan produk Anda. Karena menjual produk sama dengan menjual keuntungan, bukannya menjual ide. Dan yang dimaksud dengan keuntungan adalah apa yang bisa memotivasi konsumen untuk mau membeli produk Anda. Itulah mengapa Anda harus menggambarkan keunggulan produk Anda secara jelas tentang fungsi dan spesifikasi produk Anda.
  • Berikan petunjuk penggunaan yang mudah dipahami. Keberhasilan sebuah produk berarti harus memberikan kemudahan bagi konsumen. Anda tidak hanya dituntut untuk bisa menggambarkan keunggulan produk Anda tetapi juga memastikan bahwa produk Anda mudah digunakan oleh konsumen.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS