November 14 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Membangun Jiwa Wirausaha

By admin - Mon Jun 25, 8:56 pm

Jiwa wirausaha sudah harus diterapkan sejak dini. Jiwa wirausaha sudah harus dimiliki oleh para pemuda yang bahkan masih mengenyam pendidikan, misalnya mahasiswa. Wirausaha harus mampu menggunakan kecerdasan untuk mengoptimalkan kerja. Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk membangun jiwa wirausaha selagi masih muda.

Jiwa wirausahaTips pertama adalah dengan dedicate atau mengabdikan. Dalam melakukan sesuatu, termasuk mengembangkan usaha, Anda harus mampu mempunyai niat yang kuat. Dan Anda juga harus mengetahui bisnis Anda akan Anda abdikan atau persembahkan untuk siapa? Apakah keluarga, sesama manusia, dan lain sebagainya. Jika Anda mengetahui dedikasi yang Anda berikan, maka nilai juang yang akan Anda lakukan pasti semakin membara. Tips kedua adalah optimism atau harapan baik. Jadi, optimism akan membuat Anda berpikir positif. Tahukah Anda bahwa pikiran positif juga akan mempengaruhi hasil yang positif. Sebaliknya, jika Anda hanya mengeluh dan berpikir negative, maka kesuksesan pun enggan menghampiri Anda. Jadi, mulai sekarang, pastikan Anda selalu berpikiran positif dan optimistis.

Jiwa wirausaha juga harus diikuti oleh networking atau jejaring. Hal ini terkait dengan manusia yang diciptakan sebagai makhluk social. Anda pastinya harus berinteraksi kepada sesama. Berinteraksi atau bersosialisasi tentu memberikan manfaat bagi Anda, terlebih bisnis pasti berhubungan dengan networking. Ketika Anda berhubungan dengan satu orang, pasti akan membawa pengaruh pada bisnis yang sedang Anda bangun. Jika Anda mempraktikkan networking ini dengan baik, maka Anda akan mampu menguasai jalur distribusi. Dan penguasaan jalur distribusi adalah salah satu langkah strategis yang akan mempengaruhi kesuksesan bisnis Anda.

Tips keempat adalah target atau sasaran. Anda harus menentukan target atau sasaran yang harus Anda bidik. Sasaran yang akan Anda bidik merupakan salah satu hal yang mutlak diperlukan. Menentukan sasaran atau target ini bertujuan untuk membuat usaha Anda tetap focus dan terarah. Jadi, tingkat kesuksesan bisnis Anda bisa terukur. Dan untuk bisa menentukan target sasaran Anda, Anda harus menyesuaikannya dengan kemampuan Anda. Jadi, Anda tidak akan merasa terlalu berat dalam menjalankan bisnis tersebut. Selain itu, perlu diperhatikan pula bahwa Anda harus memastikan bahwa penetapan target tersebut merupakan keinginan Anda sendiri. Dan apabila target tersebut tidak bisa terpenuhi, mental baja sangat dibutuhkan. Anda tidak boleh putus asa. Tetap focus pada apa yang Anda targetkan agar untuk kedepannya kesuksesan berada di dalam genggaman Anda.

Jiwa wirausaha juga harus diasah dengan tips kelima, yaitu fact atau fakta. Dengan melihat fakta yang ada, maka kita bisa berpikir lebih rasional. Misalnya kita tidak mempunyai cukup modal untuk memulai usaha restoran dalam skala besar. Dengan adanya fakta tersebut, kita dituntut untuk berpikir bagaimana bisa memulai usaha dengan modal yang seadanya atau memanfaatkan pinjaman bank untuk menambah modal. Dua kemungkinan ini harus dipikirkan secara matang agar Anda tidak salah langkah dan tidak mengalami kerugian yang banyak. Jadi, sebelum melangkah lebih jauh, Anda harus mampu mengenali diri, evaluasi diri, dan juga revolusi diri.

Tips keenam adalah dengan orientation atau arah tujuan. Arah tujuan atau orientasi dibutuhkan untuk mempersiapkan strategi yang akan Anda gunakan untuk memperoleh tujuan. Anda harus menetapkan visi dan misi yang jelas dan terarah. Tips ketujuh adalah re-new atau memperbarui. Jika Anda mengalami kegaggalan, maka Anda harus mampu memperbarui strategi yang sudah Anda buat. Jadikan kegagalan sebagai cambuk untuk Anda lebih siap dan sigap dalam menghadapi tantangan selanjutnya.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS