December 13 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Memanfaatkan Kartu Kredit untuk Belanja di Dalam dan Luar Negeri

By admin - Thu Jun 21, 4:41 pm

 

Kartu kredit untuk belanja? Why not?. Kartu kredit untuk belanja justru memberikan keuntungan tersendiri apabila Anda mampu menyiasatinya. Apalagi ketika tiba saatnya menjelang Lebaran, Natal dan Tahun Baru, diskon besar-besaran siap digelar. Salah satu penawaran yang menggiurkan adalah tawaran diskon lebih besar untuk pemegang kartu kredit. Lalu apakah Anda juga akan ikut meramaikan euphoria diskon ini ataukah hanya diam di rumah meratapi diri? Tentunya Anda bisa memanfaatkan kartu kredit Anda dalam momen ini. Tidak ada salahnya Anda menikmati hidup dengan kartu kredit Anda.

Kartu kredit untuk belanja

Ada beberapa hal yang harus Anda jadikan patokan ketika ingin berbelanja dengan kartu kredit, diantaranya adalah sebagai berikut. Pertama, rencanakan barang apa saja yang akan Anda beli. Catatan belanja tidak akan membuat Anda telihat kuno. Buatlah catatan belanja yang Anda butuhkan kemudian buatlah komitmen bahwa Anda hanya akan focus terhadap catatan belanja tersebut dan tidak tergoda dengan barang yang lain. Kedua, bandingkan harga. Walaupun Anda masih muda, tidak ada salahnya untuk menjadi kretil seperti Ibu-Ibu. Karena justru hal ini akan menguntungkan untuk Anda. Anda bisa meluangkan waktu untuk melihat barang yang Anda incar sebelum bonus. Lihat apakah harganya sama atau tidak pada saat terjadi diskon. Untuk lebih mudahnya, Anda bisa membandingkan harga tersebut di internet dan bandingkan dengan harga di toko lain.

Kartu kredit untuk belanja harus memperhatikan patokan ketiga, yaitu memperhatikan kualitas barang. Jika Anda mempunyai barang incaran, periksalah dengan teliti. Pastikan tidak ada kerusakan atau cacat di barang tersebut. Keempat, jangan paksakan ukuran. Walaupun sedang diskon, tetap perhatikan factor kenyamanan. Anda harus benar-benar memilih baju atau barang apapun yang sesuai dengan ukuran. Jadi, lebih baik Anda menahan nafsu membeli barang tersebut daripada menyesal dan barang tersebut tidak terpakai. Kelima, pikirkan apakah Anda memilih membayar dengan kartu kredit atau uang tunai? Apapun pilihan Anda, jangan pernah tergiur barang lain selain yang sudah Anda catat dalam daftar belanjaan. Kemudian bawalah kartu kredit dengan limit terkecil dan uang tunai sesuai budget agar Anda tidak mudah tergoda.

Lalu jika Anda sedang berada di luar negeri, apakah masih bisa berbelanja menggunakan kartu kredit? Karena ketika Anda bepergian ke luar negeri, akan lebih mudah dan praktis untuk menggunakan kartu kredit daripada uang tunai, bukan? Sah-sah saja Anda menggunakan kartu kredit di luar negeri, tetapi Anda juga harus tetap berada di jalur yang tepat. Berikut adalah beberapa langkah yang harus Anda lakukan ketika bepergian ke luar negeri. Langkah pertama, pastikan bahwa kartu yang Anda gnakan bisa dipakai di luar negeri. Coba cari kartu kredit yang menggandeng Mastercard dan Visa.

Kartu kredit untuk belanja di luar negeri juga harus mematuhi langkah kedua, yaitu tanyakan kepada penerbit kartu tentang biaya tambahan untuk belanja ke luar negeri. Pilihlah yang mempunyai suku bunga terbaik untuk transaksi luar negeri. Langkah ketiga adalah minta nomor penerbit yang bisa dihubungin ketika Anda di luar negeri agar Anda bisa menghubungi ketika terjadi kesalahan atau kehilangan. Langkah keempat adalah beritahukan kepada penerbit tentang keberangkatan Anda. Hal ini akan membuat pikiran Anda lebih tenang.

Langkah kelima, cek tanggal masa berlaku dan juga limit kartu kredit Anda. jangan sampai karena urusan kartu kredit sudah expired membuat perjalanan Anda terganggu. Langkah keenam, simpan semua bukti transaksi. Ini merupakan hal simple yang sangat penting. Jadi, nantinya Anda bisa melacak semua penggunaan kartu kredit Anda. Bukti transaksi ini juga bisa menjadi bukti otentik ketika ada kesalahan penghitungan di penerbit. Selamat berbelanja dan jadilah smart shopper!

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS