December 13 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Memaksimalkan Manfaat Poster Reklame

By admin - Mon Jun 18, 5:07 pm

Manfaat poster reklame bisa menjadi maksimal dan bahkan bisa tidak berguna sama sekali. Manfaat poster reklame harus dijaga agar Anda tidak sia-sia. Sekarang ini banyak sekali papan-papan reklame yang dicopot oleh petugas padahal berada di tempat yang strategis. Alangkah sayangnya jika hal tersebut menimpa Anda. Karena Anda pasti akan rugi waktu dan biaya. Selain itu, rasa malu juga akan mampir kepada Anda karena dengan dicopotnya papan reklame berarti Anda menunjukkan ketidak profesionalan Anda, terlebih jika konsumen Anda mengetahui hal tersebut.

Manfaat poster reklame

Untuk menghindari pencopotan papan reklame Anda oleh petugas yang berwenang, Anda harus mengikuti prosedur pemasangan papan iklan, yaitu harus dipasang berdasarkan dari kepemilikan tanah dimana lokasi poster reklame iklan Anda akan dipasang. Berikut adalah beberapa prosedur yang harus Anda perhatikan. Pertama adalah pemasangan di tanah milik pribadi. Jika Anda memasang papan reklame di tanah milik pribadi, maka pemerintah tidak akan melakukan pencopotan. Mereka tidak akan melakukan survey panjang untuk memberikan ijin dan prosedur pengurusannya lebih ringkas. Jadi, jika Anda mempunyai tanah yang lokasinya strategis, Anda bisa memanfaatkannya untuk memasang papan reklame untuk bisnis Anda. Dan hal ini tentu saja akan menghemat biaya Anda.

Manfaat poster reklame akan lebih maksimal jika Anda mengikuti prosedur yang kedua, yaitu pemasangan papan reklame di tanah milik pemerintah. Jika Anda ingin memasang papan iklan atau reklame ini di jalan, terminal, lapangan maupun di wilayah umum lainnya, Anda harus tahu prosedurnya akan lebih panjang. Hal ini karena pemerintah sangat memperhitungkan master plan dari area tersebut. Dan hal ini pastinya membutuhkan survey dan juga perhitungan beberapa pertimbangan kelayakan seperti kerapian, keamanan dan lain sebagainya.

Selain itu, ada beberapa jenis papan reklame yang akan menjadi pertimbangan tersendiri bagi pemerintah daerah setempat, yaitu:

  1. Megatron.
  2. Reklame papan/ billboard.
  3. Reklame cahaya/ neon box.
  4. Reklame stiker (merekat).
  5. Reklame kain.
  6. Selebaran.
  7. Reklame berjalan (termasuk pada kendaraan).
  8. Reklame suara.
  9. Reklame udara.
  10. Reklame film/ slide.

Manfaat poster reklame juga akan lebih maksimal jika Anda mengurus perijinannya dengan benar agar tidak terjadi pencopotan dengan paksa. Ada 5 tahapan perijinan yang perlu Anda ketahui, yaitu:

  1. Permohonan tertulis. Anda harus mengajukan permohonan tertulis kepada Kepada Daerah Tingkat II setempat dengan menggunakan formulir yang sudah disediakan.
  2. Penyertaan gambar teknis dan juga surat yang dibutuhkan. Anda harus menyertakan gambar teknis lokasi pemasangan papan reklame Anda. Gambar ini lengkap dengan skala yang bisa dijadikan pertimbangan karena bpetugas juga akan memperkirakan atau mempertimbangkan ukuran poster reklame Anda.
  3. Pemnerian jaminan pembongkaran. Hal ini meliputi instalasi listrik, instalasi telepon, instalasi air maupun bangunan pmerintah yang telah jadi. Besarnya jaminan ini berbeda pada masing-masing daerah. Untuk besarnya jaminan, bisa ditanyakan di instansi tempat Anda tinggal.
  4. Survey petugas. Tahapan ini biasanya dilakukan pada tanah milik pemerintah. Beberapa hal yang dijadikan pertimbangan adalah tentang ketertiban, kenyamanan, keamanan dan juga rasa kesusilaan atau kesehatan umum.
  5. Pemberian ijin. Pemberian ijin akan terjadi jika semua tahapan tersebut di atas sudah lolos. Setelah mendapatkan ijin, Anda juga diwajibkan bertanggung jawab secara penuh untuk memelihara reklame tersebut agar selalu berada dalam keadaan baik, menangggung resiko jika terjadi kecelakaan yang muncul akibat papan reklame tersebut dan juga wajib menyingkirkannya jika ijin masa pemasangan sudah berakhir.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS