November 14 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Memahami Rahasia Marketing

By admin - Fri Jul 20, 9:23 am

 

Rahasia marketing masih sulit dipahami oleh masyarakat yang masing setengah-setengah memahami konsep ini. Rahasia marketing terkadang memang terlihat gampang-gampang susah. Bisa dikatakan gampang karena banyak sekali marketer yang mampu mengantarkan bisnisnya untuk mampu memenangkan persaingan pasar. Tetapi tidak jarang juga banyak marketer yang bingun dengan apa yang harus dilakukan dengan produk atau jasanya. Banyak yang mengalami jalan buntu sampai akhirnya mereka menyerah dengan keadaan tersebut. Akhirnya, strategi marketing yang dijalankannya belum mempunyai dampak yang besar terhadap bisnisnya.

Rahasia marketing

Pengalaman tentu saja menjadi salah satu factor penting yang mempengaruhi kesuksesan marketing seseorang. Tetapi apakah itu berarti bagi Anda yang masih belum berpengalaman di bidang ini tidak akan bisa berhasil? Tentu bukanlah seperti itu. Berikut ini adalah beberapa strategi atau rahasia yang bisa Anda pelajari dan praktikkan. Rahasia yang pertama adalah dengan mengenali perilaku konsumen Anda. Jika diibaratkan “tak kenal maka tak sayang”, bisnis juga mempunyai hal ini. Artinya, Anda juga harus mengenal konsumen Anda terlebih dahulu sebelum alhirnya mendapatkan perhatian mereka. Factor ini sangat penting untuk bisa mendapatkan kepercayaan konsumen dan akhirnya Anda tidak akan salah sasaran dalam memberikan penawaran. Misalnya Anda membidik konsumen anak muda, maka penawaran yang Anda lakukan juga harus sesuai dengan karakter anak muda yang biasanya cenderung fun, dinamis dan enerjik.

Rahasia marketing yang kedua adalah dengan dating pada waktu yang tepat. Memperhitungkan momentum atau waktu yang tepat juga sangat berpengaruh pada kesuksesan usaha marketing Anda. Anda harus memperhatikan momentum tersebut dengan cepat, tepat dan cermat. Karena walaupun Anda mempromosikan produk atau jasa kepada sasaran yang tepat tetapi waktunya kurang tepat, maka hasil yang akan Anda dapatkan juga kurang maksimal. Misalnya adalah penjual es. Ketika di musim kemarau omsetnya sangat tinggi, maka akan berbanding terbalik dengan omset ketika musim hujan. Untuk itulah pahami momentum yang ada dan tawarkan produk atau jasa yang potensial.

Rahasia yang ketiga adalah dengan memberikan penawaran yang produktif. Anda harus mampu memberikan penawaran produk yang produktif kepada konsumen Anda. Produktif artinya mencakup kualitas produk yang ditawarkan, memperhatikan kreativitas para pelaku pasar dalam menyusun strategi promosi yang menarik dan juga memberikan penawaran yang sesuai dengan kebutuhan target pasar yang dibidik. Untuk itulah Anda juga harus memastikan bahwa produk atau jasa Anda layak untuk dibeli oleh konsumen dalam jumlah besar.

Rahasia marketing yang keempat adalah dengan menyampaikan pesan dengan efektif. Komunikasi pemasaran yang Anda gunakan harus benar-benar diperhatikan. Poin ini adalah salah satu poin utama yang menjadi penentu sukses atau tidak sebuah marketing yang dilakukan atau disampaikan. Jika Anda mampu menyampaikan pesan dengan baik, maka juga akan membuka kesempatan untuk Anda untuk mendapatkan konsumen dan transaksi pembelian. Jangan pernah Anda mencoba untuk membohoni atau mengelabuhi konsumen karena sekarang konsumen sudah sangat cerdas.

Konsumen tidak lagi percaya dengan rayuan marketer. Mereka cenderung akan membuktikan sendiri apakah produk yang ditawarkan qualified atau tidak. Jadi, sebaiknya Anda juga memulai komunikasi dua arah untuk mendapatkan keterikatan konsumen dengan Anda selaku marketer. Komunikasi dua arah ini akan sangat bermanfaat untuk memberikan masukan dan agar hubungan konsumen dan marketer terjalin dengan baik. Semoga tips tersebut di atas bisa meninkatkan penjualan produk Anda.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS