November 21 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Melirik Peluang Toko Buku

By admin - Mon Jul 16, 4:31 pm

 

Peluang toko buku saat ini sudah sangat terbuka lebar. Peluang toko buku tidak hanya terkait dengan anak sekolah maupun mahasiswa, tetapi juga berbagai kalangan yang lain, misalnya guru, orang kantoran, pengusaha, dosen, dan lain sebagainya. Semakin hari, minat baca masyarakat semakin meningkat. Banyak sekali slogan “gemar membaca” untuk meningkatkan tingkat penggemar buku di kalangan masyarakat Indonesia. Hal ini tentu saja sangat menguntungkan bagi para pelaku usaha buku karena dengan adanya budaya gemar membaca tersebut, minat masyarakat untuk membeli dan membaca semakin meningkat. Hal inilah yang bias Anda jadikan sebagai peluang usaha yang sangat menguntungkan.

Peluang toko buku

Besarnya peluang usaha di bidang bisnis buku menjadi salah satu alasan mengapa banyak sekali ditemukan took buku, bukan hanya di sekitar kampus atau sekolah, tetapi juga di pemukiman penduduk. Buku adalah jenis produk yang tidak aka nada habisnya. Walaupun sudah ada internet yang menyediakan informasi secara online, misalnya majalah online dan ebook, tetapi buku masih menjadi primadona di kalangan masyarakat Indonesia.

Peluang toko buku mempunyai konsumen yang sangat tinggi dan tidak terbatas. Ketika membuka usaha ini, Anda bias membuat target market yaitu semua orang yang gemar membaca dan membutuhkan buku untuk menunjang kegiatan atau aktivitas sehari-hari. Target konsumen ini bias meliputi anak-anak usia sekolah, para mahasiswa, pegawai, Ibu rumah tangga, dan masyarakat luas yang juga membutuhkan informasi, paling tidak membutuhkan Koran atau majalah. Karena hamper semua masyarakat membutuhkan buku atau majalah untuk sekedar hiburan atau mendapatkan informasi apapun.

Salah satu peluang took buku yang sangat laris manis adalah waralaba Togamas. Strategi diskon yang diterapkan terbukti sangat efeltif sampai saat ini. Pada awalnya, Togamas menawarkan program kemitraan pada tahun 2006 lalu. Sampai sekarang, sudah ada 43 toko yang tersebar di Jawa dan Bali. Jika Anda sudah melihat kesuksesan toko ini dan ingin bermitra dengan bisnis ini, maka Anda bisa melihat beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Untuk bisa bermitra dengan Togamas, bisa dibilang cukup sederhana karena hanya dnegan menggunakan konsep bagi hasil. Dengan pola ini, perjanjian usaha tidak akan berakhir di tahun tertentu. Jadi, selama mitra (Anda) masih berminat dengan berbisnis toko buku, maka jalinan kerjasama masih akan terus berlangsung.

Peluang toko buku Togamas ini karena mengusung sistem bagi hasil, maka pihak Dharmasava Putera tidak mengenakan biaya royalty maupu fee lainnya. Tetapi jika modal awal mitra sudah kembali, yaitu sekitar 3 tahun, Dharmasava Putera akan mulai memungut fee. Fee ini dimasudkan sebagai ganti penggunaan merek Toko Buku Diskon Togamas. Fee yang dipungut adalah 1% dari pendapatan bulanan sang mitra (Anda). Dengan konsep sederhana dan cenderung menguntungkan bagi mitra ini, banyak sekali pemodal yang tertarik dengan waralaba Togamas. Satu kelebihan lain yang dimiliki adalah buku-buku yang dipajang di setiap gerai toko buku milik mitra berasal dari Togamas dengan system konsinyasi, yaitu sekitar 80%.

Dengan konsep ini, tentu saja mitra juga akan merasa lebih untung dalam menjalankan bisnis ini karena tidak perlu mengeluarkan modal yang besar untuk membeli buku. Yang perlu diketahui juga adalah bahwa Togamas saat ini sudah mempunyai jalinan kerjasama dengan sekitar 1.600 penerbit. Dan sekitar 360 penerbit diantaranya adalah perusahaan yang mempunyai penjualan buku cukup besar. Jika Anda tertarik dengan konsep ini, siapkan dana Rp 326 juta untuk membuka gerai berukuran 100 meter persegi (m2). Jika Anda ingin membuka gerai seluas 200 m2, maka modalnya juga lebih besar, yaitu Rp 495 juta. Dana tersebut sudah meliputi media promosi, peralatan toko, dan system yang berhubungan dengan operasional sehari-hari.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS