November 21 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Media Online Efektif untuk Marketing dan PR

By admin - Tue Dec 20, 10:40 am

  • Comments Off on Media Online Efektif untuk Marketing dan PR
  • 623 views
  • Email
  • Print

Media online efektif untuk marketing dan PR dan selalu berjalan ke arah positif seiring dengan perubahan gaya hidup masyarakat. Media online efektif untuk marketing dan PR dan Internet telah mengubah gaya hidup masyarakat. Misalnya pada awalnya, masyarakat selalu mempunyai kebiasaan membaca Koran setiap pagi sambil sarapan. Hal tersebuit menjadi rutinitas yang sering dilakukan oleh seseorang untuk mengetahui perkembangan berita terbaru. Tetapi setelah adanya internet, masyarakat lebih leluasa untuk mendapatkan berita dimanapun, kapanpun tanpa batasan apapun. Internet mengubah perilaku masyarakat konvensional menjadi gaya hidup cyber dan modern.

Media internet lebih mengarah ke kehidupan yang lebih instan, efektif, interaktif, dan berlingkup global tanpa harus terkendala masalah geografi. Untuk membuat internet sebagai media yang bagus dan mempunyai manfaat yang sangat tepat guna, maka harus digunakan secara regular, sistematik, dan proaktif. Selain itu, untuk mendukung kegiatan online, diperlukan pula kegiatan offline. Kegiatan offline ini masih dilakukan untuk menciptakan kepercayaan bagi masyarakat luas. Banyak golongan masyarakat yang masih percaya akan kegiatan offline atau bertatap muka secara langsung sebagai media yang paling efektif.

Media online efektif untuk marketing dan PR serta meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk ayng ditawarkan. Konsumen sekarang sudah mulai pintar dan cerdas dalam memilah dan memilih suatu produk. Setelah mendapatkan penawaran, biasanya mereka akan langsung mencari product review dan seluk beluk produk tersebut di internet. Jika product review-nya jelek, secara otomatis mereka juga akan membuang keinginannya untuk membeli produk tersebut.

Jadi, iklan hanyalah sebagai pendamping dan pengenalan saja. Karena masyarakat lebih akan mempercayai apa yang mereka lihat dan dengar dari konsumen lain. Untuk itulah para marketer harus mengubah strategi untuk menghadapi pasar. Strategi yang harus diutamakan adalah pendekatan terhadap konsumen. Jika konsumen sudah merasa dekat dengan pihak produsen maka konsumen akan lebih percaya untuk kemudian memutuskan untuk menjadi pelanggan tetap.

Media online efektif untuk marketing dan PR dan ketika dipraktikkan akan menimbulkan kesan yang positif. Pihak produsen harus mengembangkan kedekatan emosional kepada konsumen. Misalnya dengan membuat fanpage di facebook dan akun di twitter untuk menyapa konsumen setiap hari dan juga merespon mereka setiap waktu. Bisnis ini akan tampak segar dengan hubungan dua arah yang dibangun. Pihak produsen harus menggiatkan promosi melalui status (facebook) atau timeline (twitter) dengan sebaik-baiknya dan tanpa mengganggu kepentingan pribadi konsumen.

Ketika produsen menanggapi komentar konsumen di media jejaring social ini, maka mereka akan merasa senang dan diperhatikan. Setelah itu, mereka akan lebih percaya jika mengeluarkan uang untuk membeli produk dengan pelayanan terbaik. Sense of community harus dibangun dengan baik agar hasilnyapun memuaskan kedua belah pihak (produsen dan konsumen).

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS

  • Comments Off on Media Online Efektif untuk Marketing dan PR