November 19 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Mau Launching Produk? Apakah Strategi Marketing Anda Sudah Pas?

By admin - Thu Nov 29, 4:48 pm

Launching produk memang merupakan momen yang penting bagi pelaku usaha. Launching produk adalah waktunya untuk memperkenalkan produk baru ke khalayak ramai. Di masa ini, para pelaku usaha biasanya akan menjadi masa yang mendebarkan karena memulai sebuah bisnis tentunya terdapat kekhawatiran. Ketika seorang pelaku usaha sudah mulai memasarkan produknya, itu artinya dia sudah siap untuk menghadapi tantangan besar ketika sudah memasuki pasar. Karena persiangan pasar sekarang sudah mulai padat. Jika sekali saja Anda melakukan kesalahan dalam menentukan strategi pasar, kesalahan dalam menentukan positioning dan rendahnya minta konsumen sampai produk yang belum bisa diterima oleh pasar, maka hal ini harus segera diperbaiki dengan tepat dan cepat.

Launching produkMemulai bisnis memang tidak selalu berjalan mulus. Tetapi ada baiknya jika kita meminimalisir semua resiko yang ada. Berikut beberapa tips marketing yang bisa membantu anda memperoleh hasil yang maksimal saat melaunching suatu produk baru.

Launching produk bisa dilakukan dengan strategi yang pertama, yaitu dengan mengetahuai seberapa besar potensi pasar yang ada, bahkan sebelum Anda meluncurkna produk Anda tersebut. Cobalah cari tahu seberapa tinggi minta konsumen terhadap produk Anda dan juga seberapa padat persaingan pasar yang ada sekarang ini. semua informasi yang Anda kumpulkan ini akan menjadi modal awal sebelum akhirnya berani meluncurkan produk Anda di pasaran. Jadi, harus sudah ada perencanaan yang matang sebelumnya.

Kedua, tentukan target pasar secara tepat. Sebelum Anda meluncurkan produk anda ke pasaran, pastika dulu Anda sudah membidik pasar tertentu sebagai lahan yang cukup menjanjikan untuk bisa memasarkan produk Anda. Nah, fungsinya menetapkan target adalah untuk menentukan strategi pemasaran apa yang sekiranya paling cocok untuk pasar tersebut dan untuk produk Anda. Dengan begini, maka pemasaran yang Anda lakukan lebih terarah.

Launching produk juga sebaiknya dilakukan dengan pertimbangan strategi yang ketiga, yaitu dengan menambahkan nilai lebih pada produk Anda. Jika anda sudah memiliki nilai tambah dan pembeda pada produk Anda terhadap produk pesaing maka Anda sudah mempunyai kekuatan penuh untuk menghadapi persaingan pasar. Misalnya jika pesaing sudah memasarkan produk yang biasa atau umum, maka Anda harus berani mengambil tindakan untuk meluncurkan produk yang luar biasa dan mempunyai karakteristik dan pembeda yang jelas. Dengan begitu, calon konsumen akan tertarik apda produk baru Anda.

Keempat, dengan merancang event launching produk dengan memberikan daya tarik tersendiri. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah menarik minat konsumen. Misalnya dengan memberikan diskon, souvenir, dan lain sebagainya. Hal ini terbukti sangat efektif untuk menarik konsumen.

Kelima, libatkan para tenaga pemasar dan ahli di bidang tersebut jika Anda mempunyai budget berlebih. Misalnya dengan melibatkan Sales Promotion Girls (SPG) atau salesman untuk membantu proses pemasaran produk selama ada event launching ini. dengan begitu, proses launching akan lebih efektif.

Keenam, promosikan produk Anda melalui media masaa, baik cetak maupun elektronik. Misalnya mempromosikan produk Anda melalui media internet, iklan di majalah, surat kabar, tabloid, radio, televise dan lain sebagainya.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS