November 17 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Maskapai murah pilihan konsumen

By admin - Tue Jan 03, 3:06 pm

  • Comments Off on Maskapai murah pilihan konsumen
  • 503 views
  • Email
  • Print

Maskapai murah pilihan konsumen tidak melulu tentang harga tetapi juga kualitas keseluruhan. Maskapai murah pilihan konsumen yang memberikan pelayanan terbaik dan berkualitas bagi industri perjalanan dan pariwisata adalah Citilink. Citilink telah mendapatkan penghargaan Indonesian Leading Low Cost Airline 2012 yang diberikan oleh The Indonesia Travel and Tourisme Award (ITTA). Citilink adalah anak perusahaan dari Garuda Indonesia. Perusahaan ini baru berdiri pada 2001 dan ditujukan untuk memberikan layanan penerbangan murah di Indonesia.

Dalam penetapan tersebut, IATTA memilih pemenang yang dipilih secara online oleh publik dan dewan pnasihat yang terdiri dari pakar dalam industri perjalanan dan pariwisata. Tahapan seleksi yang dilakukan oleh yayasan ITTA dalam menominasikan sebuah merek dimulai dari penyaringan oleh tim pakar, pemilihan secara online hingga diputuskan oleh Dewan Penasihat. Citilink memenangkan penghargaan dalam kategori Indonesia Leading Low Cost Carrier (LCC). Dalam kategori ini Citilink berkompetisi dengan penyedia layanan LCC lainnya yang beroperasi di Indonesia.

Maskapai murah pilihan konsumen yang diberikan kepada Citilink menorehkan prestasi yang membanggakan berhubung sepak terjang citilink masih tergolong muda. Menanggapi kemenangan tersebut, pihak PT Garuda Indonesia Tbk sekaligus VP SBU Citilink, mengatakan penghargaan tersebut merupakan bukti bahwa program peremajaan mereka dan upaya peningkatan pelayanan Citilink telah mendapat kepercayaan dan dukungan pelanggan dan industri. Untuk lebih meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, Citilink berencana melakukan sejumlah langkah pada tahun 2012. Upaya tersebut diantaranya pengenalan livery baru, interior, seragam, branding, situs, dan perbaikan fasilitas booking yang sejalan dengan kedatangan 10 Airbus A320 baru dalam jajaran armada Citilink.

Jadi, nantinya akan semakin banyak pelanggan akan menggunakan Citilink sebagai pilihan mereka untuk berpergian dengan menggunakan layanan LCC. Sebagai informasi, industri perjalanan dan pariwisata merupakan sumber pendapatan kedua terbesar Indonesia setelah sektor energi. Layanan penerbangan yang berkualitas diharapkan memperlihatkan kekuatan sebuah merek penerbangan yang melayani pasar Indonesia.

Maskapai murah pilihan konsumen yang pilihannya jatuh pada Citilink sebenarnya tidak begitu saja meraup kesuksesan. Citilink pernah menghentikan operasinya sejak 15 januari 2008 untuk kemudian melakukan konsolidasi dan berencana melanjutkan penerbangan pada kwartal I 2008. Penerbangan yang baru ini kemudian mengusung format dan layanan baru. Citilink akhirnya kembali melakukan penerbangan mulai Spetember 2008 dan saat itu Citilink mengoperasikan 5 buah Fokker 28 yang merupakan sisa-sisa dari armada Garuda Indonesia.

Kemudian, Citilink kembali diresmikan pada tanggal 8 Agustus 2008 oleh Emirsyah Sattar, CEO Garuda Indonesia. Investasi yang dikeluarkan untuk membangun Citilink adalah sebesar 10 juta US$ dengan rincian sebagai berikut. Yaitu 60% untuk bahan bakar, 17% untuk perawatan pesawat dan sisanya untuk biaya lain-lain. Setelah dibawahi oleh manajemen baru, Citilink menetapkan Surabaya sebagai pusatnya. Citilink kemudian diharapkan dapat menjadi anak perusahaan yang menguntungkan selain Aerowisata dan GMF yang juga merupakan anak perusahaan Garuda Indonesia. Dengan tercapainya target dan juga diterimanya penghargaan tersebut, maka keluarga besar Citilink dapat berbangga hati karena telah mencetak sejarah baru di bidang penerbangan Indonesia. Untuk tujuan penerbangan, Citilink masih berkonsentrasi pada beberapa kota besar di Indonesia, yaitu Surabaya, Jakarta, Balikpapan, Banjarmasin, Batam, Medan, Makassar dan Denpasar. Meskipun belum semua kota yang mempunyai bandara dimasuki oleh Citilink, tetapi sambutan hangat masyarakat sudah terasa. Dibandingkan dengan maskapai lain dan serentetan masalah telatnya jadwal penerbangan yang kemudian ditengahi dengan peraturan pemerintah.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS

  • Comments Off on Maskapai murah pilihan konsumen