July 29 2014
  • 1
Jakarta, ID - 28 °CPartly Cloudy - Humidity: 70%
Advertisement

Marketing Strategy untuk Usaha Kecil dan Menengah

By admin - Tue May 21, 4:59 pm

Marketing strategy untuk usaha kecil dan menengah memang membutuhkan strategi tersendiri yang berbeda dari bisnis besar yang sudah dikenal masyarakat luas. Marketing strategy untuk pelaku usaha kecil dan menengah tetap bertujuan untuk memenangkan persaingan pasar. Jadi, tidak heran jika banyak yang menganggap bahwa berbicara tentang marketing tidak akan pernah ada habisnya. Selain itu, ilmu marketing juga cukup membingungkan dan rumit. Ketidak-pahaman atau pemilihan strategi marketing yang kurang efektif bisa menyebabkan pelaku UKM gulung tikar karena tidak mampu bersaing di pasar.

Marketing strategySelain pelaku UKM, masih banyak pula pelaku bisnis besar yang mulai menyerah pada berbagai aspek marketing karena hanya mendapatkan dampak yang terlalu kecil bagi perkembangan usahanya. Inilah yang menyebabkan pelaku usaha kita masih belum bisa maksimal bersaing dengan para pelaku usaha di dunia Internasional. Nah untuk menghindari jebakan marketing, sebaiknya Anda mulai mengerti dan memahami strategi pemasaran untuk usaha Anda. Rahasia pemasaran yang efektif bisa disingkat menjadi pendekatan A.T.O.M yaitu Audience (konsumen), Timing (waktu), Offer (penawaran), dan Message (pesan):

  • Kenali audiens Anda terlebih dahulu. Marketing strategy yang pertama adalah dengan mengenali audiens Anda dan mendorong mereka untuk membeli produk atau jasa Anda. Nah untuk bisa mengantongi kepercayaan mereka, Anda harus mampu menjual, berkomunikasi serta memasarkan produk Anda secara efektif. Anda harus mengenali konsumen Anda, baik itu pria maupun wanita, tua atau muda, apakah mereka mempunyai referensi produk, dan lain sebagainya. Dengan begitu, Anda akan lebih mengenal konsumen Anda dan bisa lebih fokus dalam menentukan strategi marketing yang pas.
  • Waktu adalah segalanya. Jika Anda tidak mengkomunikasikan produk Anda pada waktu yang tepat, maka Anda tidak bisa menarik perhatian mereka walaupun produk yang Anda jual berkualitas bagus. Jadi, Anda harus memastikan bahwa pesan marketing yang Anda sampaikan berada dalam waktu yang tepat.
  • Berikan penawaran yang tepat. Di dalam direct marketing, 40% hasil pemasaran tergantung pada performa Anda. Bisa dibilang bahwa 40% hasilnya dilihat dari penawaran dan 20% pada kreativitas Anda yang akan menyempurnakan penawaran Anda. Untuk itulah Anda harus bisa memberikan penawaran yang menarik untuk menarik rasa penasaran calon konsumen yang awalnya belum mengenal Anda sampai akhirnya melakukan transaksi pembelian.
  • Cara Anda menyampaikan pesan. Marketing strategy bagi pelaku UKM juga harus memperhatikan cara Anda menyampaikan pesan. Anda harus bisa menyampaikan pesan yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Selain itu, Anda juga harus bisa mengungkapkan perbedaan produk Anda dengan produk para kompetitor. Untuk menambah daya tarik, tidak ada salahnya jika Anda memberikan keunggulan fitur.

Inilah manfaat Anda menggunakan pendekatan A.T.O.M yaitu untuk mendekatkan diri dengan audiens sehingga Anda bisa berada di dekatnya ketika mereka memang sedang butuh dan berkomunikasi dengan efektif.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS

Leave a Reply

Comments are closed on this post.

Advertisement