December 13 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Marketing Strategy dengan Twitter

By admin - Mon Jun 11, 4:46 pm

Marketing strategy dengan twitter tentu membawa keunggulan tersendiri. Marketing strategy dengan twitter perlu diterapkan secara professional jika Anda merupakan salah satu pelaku bisnis yang melakukan promosi melalui salah satu jejaring social ini. Pengaruh twitter mulai merasuki seluruh pengguna internet di Indonesia. Dan banyak sekali para pelaku bisnis yang melirik media ini untuk melakukan promosi. Tidak hanya sekedar menjadi bahan omongan di dunia maya, tetapi marketing melalui jejaring social membawa efek positif bagi perkembangan bisnis.

Marketing strategy dengan twitter

Walaupun terlihat sangat mudah, tetapi marketing dengan memanfaatkan situs jejaring social ini tentu tidak sama dengan menggunakan twitter sebagai ranah pribadi. Karena tanpa adanya strategi marketing yang tepat dan ditunjang dengan taktik yang matang, maka proses marketing yang Anda lakukan akan melemah dan justru tidak berhasil sesuai dengan yang diharapkan. Berikut adalah beberapa strategi yang harus Anda terapkan untuk memasarkan bisnis Anda di twitter.

Marketing strategy dengan twitter yang pertama adalah dengan mengenal twitter terlebih dahulu. Sebelum memulai memasarkan produk Anda, sebaiknya Anda mempelajari dahulu tentang seluk beluk twitter dan bagaimana orang-orang (tweeps) berkomunikasi di dalamnya. Hal ini sangat penting untuk mennetukan apakah produk Anda benar-benar cocok dipasarkan melalui media ini. Karena tentu akan berbeda jika Anda akan menggaji seseorang khusus untuk melakukan marketing di twitter.

Strategi kedua, kenali follower (audience) Anda. Setelah Anda memahami fungsi dan penggunaan twitter, sekarang lanjut untuk melakukan riset siapa saja yang akan menjadi target Anda. apakah remaja, Ibu-Ibu, mahasiswa, pengusaha atau pihak lain. Hal ini berguna agar Anda bisa memahami konten apa yang akan Anda pos di timeline Anda dan bagaimana bahasa yang Anda gunakan agar tepat sasaran. Misalnya Anda menggunakan bahasa yang sangat formal ketika Anda menargetkan mahasiswa sebagai pangsa pasar Anda. tentu hal ini akan menjadi sesuatu yang sangat lucu dan bisa dibilang tidak “gaul” karena mereka cenderung lebih berkomunikasi secara ceria dan nonformal.

Marketing strategy dengan twitter yang ketiga adalah tentukan tujuan akun twitter Anda. Jika mau ditilik lebih lanjut, sebenarnya ada bermacam-macam fungsi twitter. Tidak hanya sekedar chit-chat, promosi, dan berkenalan tetapi juga sebagau pengganti Customer Service System. Itulah sebabnya Anda harus menentukan tujuan dari akun yang Anda ciptakan. Apakah akan lebih berfungsi sebagai sharing konten, customer service atau tujuan lain. Strategi keempat adalah tentukan pendekatan yang Anda lakukan. Ada beberapa hal yang bisa dipertimbangkan untuk menentukan taktik Anda dalam berhubungan dengan follower Anda di twitter, yaitu sebagai berikut:

·            Seberapa informal/formal bahasa yang akan Anda gunakan.

·            Seberapa sering Anda melakukan tweet.

·            Pada saat kapan Anda melakukan tweet.

·            Perlukah Anda menggunakan Hashtag atau buzzword.

·            Konten apa yang akan Anda bagi dalam tweet Anda.

·            Perlukah Anda mengadakan event sederhana seperti pemberian diskon dan sejenisnya.

Strategi kelima, evaluasi statistic follower Anda. Hal ini untuk mengetahui berapa besar akun yang Anda buat untuk menghasilkan bagi bisnis Anda. Evaluasi ini tidak hanya melihat seberapa banyak follower Anda tetapi juga seberapa aktif mereka. Karena jika Anda melakukan promosi pada follower yang tidak aktif, maka akan sangat sia-sia. Bandingkan juga pendapatan Anda sebelum dan sesudah Anda menggunakan twitter. Lihat seberapa besar efektivitas penggunaan twitter untu meminimalisir biaya iklan Anda.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS