November 14 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Marketing Skill untuk UKM

By admin - Wed Sep 19, 3:37 pm

 

Marketing skill untuk para pelaku UKM akan sangat membantu mereka dalam mendongkrak penjualan. Marketing skill akan membantu para pelaku UKM untuk lebih professional dan lebih mempunyai tujuan dalam menjalankan usahanya. Karena sebagai seorang pelaku UKM, Anda tidak hanya dituntut untuk menciptakan produk-produk yang unik dan inovatif saja tetapi juga harus mempunyai kemampuan khusus untuk memasarkan produk. Karena seperti yang kita ketahui bersama, bahwa sebuah usaha tanpa proses marketing yang baik maka tidak akan bertahan lama. Marketing memegang peranan penting dalam kesuksesan sebuah usaha.

Marketing skill

Jika sebuah usaha tidak didukung oleh strategi pemasaran yang jitu maka hasilnya juga belum tentu bisa maksimal. Untuk itulah, marketing skill atau kemampuan dalam bidang pemasaran harus dimiliki oleh setiap pelaku UKM. Lalu kemampuan apa saja yang termasuk kedalam marketing skill itu? Berikut uraiannya agar proses pemasaran usaha Anda semakin bersinar terang.

Marketing skill pertama yang harus dimiliki adalah menciptakan daya tarik tersendiri bagi konsumen. Ketika Anda sudah membidik target konsumen, maka kemudian Anda harus memberikan umpan yang menarik yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Misalnya Anda membidik target market Ibu rumah tangga. Maka Anda juga harus mengetahui kebutuhan mendasar mereka, yaitu barang-barang pokok untuk kebutuhan sehari-hari yang dijual dengan harga yang cukup murah dan bersaing. Atau Anda juga bisa menawarkan diskon besar-besaran untuk bisa menarik minat konsumen. Kuncinya adalah Anda harus memberikan solusi yang tepat terhadap permasalahan yang sedang mereka hadapi.

Marketing skill yang kedua adalah dengan memperkuat komunikasi untuk membangun loyalitas konsumen. Karena keahlian di bidang komunikasi tentunya sangat dibutuhkan oleh para pelaku usaha. Karena melalui hubungan komunikasi yang baik, akan muncul dan terbentuk suatu kedekatan Anda sebagai produsen dengan konsumen. Dan kedekatan ini akan lebih bertahan lama yang ujung-ujungnya akan membuat konsumen menjadi lebih loyal terhadap usaha Anda. Sehingga mereka akan lebih mudah untuk melepaskan uang untuk membeli produk atau menggunakan jasa yang Anda tawarkan. Misalnya ketika Anda sebagai konsumen dan ingin membeli bahan-bahan kebutuhan pokok. Apa yang akan menjadi pertimbangan Anda sebelum memilih berbelanja di warung yang mana? Tentunya Anda akan memilih warung yang harganya berssaing, pelayanannya baik dan ramah. Inilah inti dari komunikasi yang baik, yaitu produk Anda menjadi prioritas utama dari para konsumen.

Marketing skill yang ketiga adalah dengan menuntaskan penawaran dengan menjadi seorang ahli. Agar Anda bisa menuntaskan marketing dengan baik dan meyakinkan calon konsumen, Anda harus berusaha untuk menjadi seorang yang ahli di salah satu bidang tertentu sebelum akhirnya melempar produk atau jasa Anda ke pasaran. Misalnya Anda sudah mempunyai pengalaman dan pengetahuan di bidang otomotif, maka Anda bisa membuka bengkel motor dan mobil. Sertakan juga pengalanan Anda agar lebih menarik bagi konsumen. Pengalaman ini akan memberikan nilai positif di mata calon konsumen. Sehingga mereka juga tidak aka segan-segan untuk mempercayakan kendaraan bermotornya pada bengkel Anda daripada di bengkel yang lain.

Jika Anda berusaha menjalankan marketing skill ini, maka usaha Anda akan lebih maju dan lebih aman dari ancaman gulung tikar. Dengan begitu, usaha Anda akan tumbuh dan berkembang lebih besar setiap harinya dengan perhatian penuh dari Anda. Jadi, jangan sampoai Anda menyepelekan strategi sekecil apapun untuk usaha Anda. Semoga sukses.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS