December 18 2014
  • 1
Jakarta, ID - 32 °CPartly Cloudy - Humidity: 70%
Advertisement

Marketing Online Untuk UKM

By admin - Wed May 02, 4:35 pm

Marketing online adalah proses pemasaran dengan memanfaatkan jaringan internet untuk memasarkan produk maupun jasa. Marketing online menjadi salah satu strategi jitu bagi para pelaku UKM untuk memperluas peluang pasar yang dimilikinya. Saat ini sudah banyak pelaku usaha kecil menengah yang berhasil mengekspor produk unggulan yang diciptakannya berkat bantuan jaringan internet. Hal ini menjadi bukti nyata bagi kita bahwa internet memberikan peranan yang cukup besar bagi kemajuan UKM di Indonesia.

Marketing online

Untuk membantu para pelaku UKM menjangkau peluang pasar yang lebih luas, berikut ini ada beberapa tips pemasaran online bagi para pelaku UKM. Tips pertama adalah manfaatkan peranan multimedia. Dalam pemasaran online, dukungan multimedia sangatlah penting untuk menciptakan media promosi yang menarik perhatian konsumen. Anda bisa memanfaatkan media berupa foto dan video untuk mempromosikan produk atau jasa Anda melalui dunia maya. Selain itu, keberadaan foto dan video juga bisa menjadi salah satu media pendukung bagi konten-konten artikel yang dipublikasikan di situs online milik Anda. Jadi selain memberikan daya tarik tersendiri bagi website Anda, foto dan video menjadi sarana yang cukup efektif untuk meyakinkan calon konsumen terhadap produk atau jasa yang ditawarkan.

Marketing online untuk UKM bisa mempraktikkan tips kedua, yaitu manfaatkan iklan online, baik yang gratisan maupun berbayar. Saat ini sudah banyak situs iklan online yang bisa Anda manfaatkan untuk mempromosikan berbagai macam produk maupun jasa secara gratisan maupun berbayar. Mulai dari memasang iklan baris, iklan baner, atau bergabung dengan komunitas/ forum bisnis yang menyediakan lapak khusus bagi para pelaku UKM untuk mengeksplor produk unggulan yang dimilikinya. Dengan memperluas iklan online yang Anda pasang, maka secara tidak langsung Anda telah menciptakan peluang-peluang baru untuk mendatangkan transaksi penjualan sebanyak-banyaknya.

Tips ketiga adalah manfaatkan situs jejaring social. Disamping memanfaatkan situs iklan online, Anda juga bisa memanfaatkan situs jejaring sosial sebagai media promosi yang cukup efektif. Sekarang ini situs jejaring sosial yang cukup potensial untuk dijadikan sebagai lapak online yaitu facebook dan twitter. Melalui situs jejaring sosial tersebut, Anda bisa mempublikasikan produk atau jasa yang ditawarkan serta menjalin komunikasi langsung dengan calon konsumen yang tertarik dengan penawaran produk Anda. Strategi ini sering diambil pelaku UKM, karena selain gratisan dan caranya yang terbilang mudah, jejaring sosial juga banyak digunakan masyarakat luas di berbagai daerah. Sehingga peluang Anda untuk mendatangkan konsumen semakin terbuka lebar.

Marketing online untuk para pelaku bisnis UKM diharapkan para pelaku UKM bisa mengoptimalkan strategi pemasaran yang dijalankannya dan menghasilkan omset penjualan yang sebesar-besarnya. Selain mempraktikkan tips tersebut diatas, keberhasilan strategi pemasaran dapat dicapai apabila sudah memberikan kepuasan kepada pelanggan. Setiap orang di Industri mempunyai pelanggan yang harus dipuaskannya. Ini yang pertama-tama harus disadari setiap karyawan. Kepuasan pelanggan relevan untuk kita semua, apapun pekerjaan kita, jadi kepuasan pelanggan bukan semata-mata urusan dan tanggung jawab divisi pemasaran dan pelayanan purna jual.

Langkah pertama dalam usaha memuaskan pelanggan adalah menentukan dan mengantisipasi kebutuhan-kebutuhan pelanggan. Pelanggan yang berbeda dapat pula berlainan kebutuhannya dan juga berbeda perioritasnya, tetapi pada dasarnya kebutuhan-kebutuhan umum hampir sama. Untuk mencapai kepuasan pelanggan dalam konteks industri diperlukan beberapa kondisi dan usaha, antara lain:

  1. Filosofi kepuasan pelanggan.
  2. Mengenal kebutuhan atau harapan pelanggan.
  3. Membuat standar dan pengukuran kepuasan pelanggan.
  4. Orientasi karyawan.
  5. Pelatihan.
  6. Keterlibatan karyawan.
  7. Pengakuan.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS

Leave a Reply

Comments are closed on this post.

Advertisement