November 14 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Mari Berkreasi dengan Olahan Ikan Lele

By admin - Tue Dec 11, 4:34 pm

Olahan ikan lele ternyata bisa dijadikan sebagai bahan untuk membuat usaha yang menjanjikan. Olahan ikan lele ada banyak macamnya dan semuanya rasanya lezat serta bergizi. Apakah pernah terpikir untuk membuat kerupuk lele? Atau Anda sama sekali tidak menyangka bahwa kerupuk yang renyah bisa dibuat dari ikan yang terkenal dengan patilnya ini. benarkah rasanya lezat? Apakah masih kriuk? Ternyata ikan lele yang selama ini hanya dikenal karena dagingnya yang gurih juga bisa diolah menjadi banyak produk lain yang bernilai jual lebih tinggi. Di Indonesia, banyak sekali peternak ikan lele dan ini bisa Anda manfaatkan untuk membuat produk yang berbeda dari biasanya. Misalnya dengan membuat pepes lele, kerupuk lele, lele biscuit, abon lele, bakpao lele, burger lele, lele nugget dan lele kremes.

Olahan ikan leleMakanan olahan dari ikan lele merupakan salah satu inovasi yang dilakukan untuk membidik pangsa pasar yang menyukai produk ikan sehari-hari. Jika di pasaran kita sudah banyak melihat dan mendengar tentang ikan tengiri dan udang yang sudah biasa dijadikan olehana kerupuk. Lalu kenapa lele tidak bisa dijadikan kerupuk juga padahal sama-sama ikan?

Olahan ikan lele bisa diolah dan dijadikan sebagai produk unggulan dengan harga yang bersaing. Untuk membuat kerupuk mentah kering yang berkualitas, Anda membutuhkan waktu kurang lebih 2 hari pengerjaannya. Untuk hasil yang maksimal, proses pengeringan harus dilakukan dengan tenaga matahari atau dijemur. Jadi, lama atau tidaknya proses pengeringan tergantung pada matahari yang bersinar pada hari itu, apakah bersinar terang atau mendung? Jadi, untuk hasil yang lebih maksimal, produksi krupuk ini sebaiknya dilakukan paa musim kemarau.

Sedangkan untuk tahapan adonannya, Anda membutuhkan beberapa bahan utama, seperti bumbu masak, tepung tapioca dan juga minyak kelapa. Nah agar Anda bisa memiliki keunggulan tersendiri, Anda bisa mengolah semua yang ada di dalam ikan lele, mulai dari duri sampai kepala ikan lele. Jadi, untuk duri dan kepala bisa Anda manfaatkan untuk menambah kandungan gizi yang ada di dalam produk olahan dari ikan lele ini. Karena duri dan kepala mempunyai kandungan kalsium yang tinggi dan sangat bermanfaat untuk balita, ibu hamil sampai lansia karena kandungan kalsium yang tinggi bisa mengurangi resiko osteoporosis.

Olahan ikan lele mempunyai kandungan yang sangat menyehatkan. Nah, factor kesehatan lah yang seharusnya bisa menjadi factor utama untuk menciptakan produk ini. jika Anda mampu mengolah produk makanan ini dengan menggunakan bahan-bahan alami, maka Anda akan mampu mendapat kepercayaan dari masyarakat.

Jika Anda mempunyai modal yang cukup terbatas, Anda tidak harus memasarkan produk Anda di swalayan, supermarket atau pasar-pasar karena biaya sewanya mahal. Sebaliknya, Anda harus bisa mengikuti pameran-pameran yang ada di sekitar Anda, baik dalam skala local maupun regional. Ini bisa membuat produk Anda lebih dikenal luas oleh masyarakat.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS