December 6 2016
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Mari Belajar Bisnis dari ‘Sang Ahli’

By admin1 - Thu Apr 24, 4:54 pm

Belajar bisnis tidak pernah mengenal umur. Semuanya bisa belajar bisnis. Tapi pada siapa kita belajar itulah yang harus diperhatikan. Belajar dari sang ahli tentunya akan lebih efektif daripada belajar dari mereka yang belum bisa menyatu dengan bisnisnya atau bahkan pada mereka yang belum pernah terjun langsung ke ranah bisnis. Dari jaman dahulu, ahli bisnis yang seringkali disebut adalah para pelaku usaha keturunan China. Mereka dianggap mempunyai rahasia dan trik khusus sehingga bisa menguasai pasar di seluruh dunia.

Belajar bisnisPengusaha keturunan ini dikelan sebagai pengusaha bertangan dingin dan mempunyai insting tajam dalam melihat peluang. Ingin mengintip rahasia kesuksesan mereka?

  1. Harus jeli dalam melihat setiap peluang. Tak bisa dipungkiri memang jika mereka sangat jeli dalam melihat peluang yang ada. Mereka tidak hanya jeli dalam melihat peluang tetapi juga sangat tekun untuk menjalankan bisnisnya sehingga yang tadinya hanya peluang bisa direalisasikan menjadi bisnis dan kemudian ditingkatkan menjadi bisnis besar yang menguntungkan dan menjanjikan.
  2. Mempelajari dunia bisnis sejak dini. Belajar bisnis dari generasi Tionghoa salah satunya adalah dengan mempersiapkan generasi penerusnya dengan dunia bisnis. Pengenalan bisnis sejak dini ternyata membawa dampak positif bagi perkembangan anak. Misalnya ketika orang tua mempunyai suatu usaha maka sang anak sejak kecil sudah dikenalkan dengan usaha yang digeluti orang tuanya. Walaupun diperkenalkan secara tidak langsung, misal dengan mengajak ke kantor dan memperkenalkan beberapa proses usaha, maka ketika beranjak dewasa si anak akan lebih mengerti tentang usaha sang Ayah dan bisa menggeluti bidang bisnis yang dia inginkan atau meneruskan apa yang sudah dimulai oleh orang tuanya.
  3. Tidak malu dan ragu untuk bertanya. Kebiasaan ini sudah mengakar erat di kebudayaan mereka sehingga mengantarkan mereka ke kesuksesan. Bahkan mereka juga tak sungkan untuk menggali ilmu sebanyak mungkin dalam bidang yang mereka ingin tekuni. Jadi tidak heran kan kenapa mereka sering dibilang handal dalam urusan bisnis, walaupun masih di usia relatif muda sekalipun.
  4. Selalu rapi dan teliti pada pembukuan. Pencatatan transaksi memegang peranan penting untuk mengetahui aliran uang setiap hari. Hal inilah yang masih sering disepelekan oleh pelaku usaha lain. Banyak yang masih menyepelekan catatan pembukuan ini. Berbeda dengan pelaku usaha Tionghoa yang selalu membuat catatan pembukuan serapi mungkin agar arus keuangan mereka lancar dan dapat dikontrol. Dengan begitu, mereka jarang mengalami kerugian maupun kehabisan stock barang. Disiplin dalam hal administrasi sangat mempengaruhi kesuksesan bisnis apapun.
  5. Tidak takut bersaing. Belajar bisnis dari pelaku bisnis Tionghoa yang perlu Anda tiru juga adalah selalu semangat belajar dan tidak takut bersaing dengan pelaku usaha yang lain. Mereka menganggap pesaingnya adalah partner bisnis sehingga terjalin hubungan yang baik. Misalnya ketika si A kehabisan stock, dia bisa menghubungi si B dan meminta produk yang diinginkan. Simbiosis mutualisme pun terwujud.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS

  • 0 Comments

  • Fatal error: Call to undefined function the_ratings() in /home/infoduit/public_html/wp-content/themes/peluangbisnis/lib/hooks.php on line 513