November 13 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Manfaatkan Popularitas Jajanan Pasar

By admin - Wed Jan 02, 1:34 pm

Jajanan pasar pastinya sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Jajanan pasar bahkan bisa dikatakan sebagai cemilan yang paling diminati untuk berkumpul bersama teman atau keluarga. Mungkin selama ini kita tidak terpikir untuk menjadikan makanan kecil ini sebagai peluang usaha. Tetapi untuk lebih memenangkan hati pasar, sebaiknya kita juga bisa melakukan diferensiasi atau memberikan factor pembeda pada produk yang kita jual. Misalnya dengan menciptakan jajanan yang lucu dan unik dari tokoh kartun.Jajanan pasarSeperti yang kita ketahui bersama, Indonesia sangat kaya dengan jajanan pasarnya. Tampilannya pun tidak kalah menarik dengan jajanan modern yang juga sudah merambah pasar Indonesia. Tetapi jajanan khas Indonesia masih belum bisa terkalahkan dengan jajanan dari luar. Untuk itulah, mengapa kita tidak mengangkat potensi ini menjadi bisnis yang menjanjikan? Jadi, selain untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal, kita juga bisa terus mengangkat keberadaan kue-kue tradisional agar tidak punah.

Jajanan pasar yang Anda ciptakan bisa menjadi karakteristik tersendiri yang tidak dimiliki pengusaha yang lain. Aneka macam tokoh atau karakter kartun bisa Anda jadikan inspirasi dan pembeda produk Anda. Jadi, memang jenisnya sama dengan yang lain, tetapi mempunyai karakter yang berbeda. Misalnya dengan membuat cenil, gethuk, lemper, onde-onde, kue kukus, moci, klepon, nagasari, dadar gulung, apem, clorot dan jajanan yang lain dengan digambarkan sebagai karakter yang lucu dan menggemaskan.

Jika Anda mampu memasarkan produk unik Anda ini secara professional dan matang, maka Anda juga akan mendapatkan keuntungan yang maksimal, bahkan bisa saja pemasarannya menjangkau ke berbagai daerah di Indonesia.

Bahkan dengan bentuk yang lebih beragam dan unik, maka akan lebih membuat para konsumen tertarik untuk membeli. Tetapi jangan hanya mengandalkan tampilan yang menarik saja. Anda juga harus memperhatikan rasanya. Jangan sampai kualitas rasa kalah dengan yang ada di pasar-pasar tradisional. Karena popularitas jajanan pasar ini diangkat oleh rasanya yang unik dan beda. Untuk itulah, Anda tidak boleh alpa menghadirkan keunikan rasa yang sudah menjadi ciri khasnya tersendiri. Jika Anda memasarkannya dengan maksimal, maka Anda akan berhasil mendatangkan omzet sampai ratusan juta rupiah setiap bulannya.

Jajanan pasar juga bisa Anda jual secara online. Anda bisa memanfaatkan jejaring social dan juga social media. Dengan begitu, Anda juga bisa membuka peluang usaha reseller di sekitar daerah Anda untuk membantu memaksimalkan pemasaran.

Jadi untuk Anda yang ingin memulai usaha, jangan ragu untuk mengangkat jenis ide kecil yang ada di sekitar Anda. Karena setiap kali inspirasi itu datang, maka akan membuat Anda lebih bersemangat dan berkreasi untuk memaksimalkan usaha yang Anda tekuni. Salam sukses.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS