November 15 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Manfaat Proposal Usaha

By admin - Tue Jun 19, 4:51 pm

Proposal usaha bisa menjadi sangat bermanfaat ketika Anda memaksimalkan fungsinya. Proposal usaha harus dibuat bahkan sebelum Anda mempunyai bisnis. Proposal usaha tidak hanya berguna untuk mengajukan dana usaha atau pinjaman uang maupun suntikan modal. Proposal ini akan sangat membantu Anda dalam mengidentifikasi pasar dan jenis usaha yang akan Anda buat. Setidaknya, sebelum Anda membuat bisnis riilnya, Anda sudah membuat pengaturannya dengan rinci dan tepat.

proposal usaha

Bahkan usaha kecil sekalipun juga membutuhkan proposal ini. Tetapi setelah Anda benar-benar membuat proposal ini dan kemudian Anda membuat bisnis nyatanya, jangan mengabaikan fungsi proposal ini. Jangan langsung membuang atau menyimpannya ke dalam lemari seolah-olah proposal ini sudah tidak berfungsi lagi. Sebelum usaha Anda berjalan, ketika sedang berjalan dan setelah sukses,proposal ini harus tetap ada untuk menemani bisnis Anda. tujuannya adalah usaha Anda tidak keluar dari jalur yang sudah Anda rencanakan.

Proposal usaha mempunyai beberapa tugas yang harus Anda ketahui agar Anda tidak melupakannya begitu saja. Tugas yang pertama adalah sebagai panduan bisnis Anda. ini merupakan tujuan utama Anda. Jadi, sejak sebelum Anda mengambangkan bisnis Anda, panduan bisnis ini bisa Anda ikuti sepanjang bisnis Anda berjalan. Jadi, bisa dikatakan jika proposal usaha adalah cetak biru (blue print) usaha Anda. Dengan proposal bisnis, Anda bisa menganalisa dan menerapkan perubahan-perubahan yang sering terjadi di dunia agar bisnis Anda lebih menguntungkan.

Proposal usaha ini akan memberikan informasi secara lebih terinci tentang semua aspek operasi usaha di masa lalu, sekarang maupun proyeksi beberapa tahun kedepan. Hal ini melingkupi strategi pemasarannya, manajemennya, produk atau jasanya, tren industrinya, pesaing Anda maupun kekayaan usaha Anda. Perubahan-perubahan yang terjadi sepanjang perjalanan usaha Anda bisa Anda analisis agar untuk ke depannya, Anda bisa lebih kompetitif dan pandai mengatur lika-liku bisnis yang Anda jalankan.

Proposal usaha juga mempunyai fungsi yang kedua, yaitu sebagai dokumentasi pendanaan. Fungsi yang kedua ini akan membantu Anda mencari dana dan merinci bagaimana dana tersebut akan memajukan tujuan usaha Anda serta meningkatkan laba usaha Anda. Proposal usaha ini juga bisa dijadikan sebagai alat untuk mencari investor usaha. Jadi, sebelum mengambil keputusan untuk menjadi investor, mereka akan melihat proposal usaha Anda. dari sini, merek akan melihat bagaimana cara Anda engatur arus kas dan juga apakah investasinya dapat meningkatkan kekayaan bersih mereka.

Fungsi ketiga adalah bekerja di pasar luar negeri. Kesempatan untuk berbisnis di luar negeri bisa Anda peroleh dengan membawa proposal usaha Anda. karena dalam bisnis Internasional, proposal usaha merupakan alatstandar yang digunakan untuk mengevaluasi potensi bisnis Anda di pasar luar negeri. Potensi perdagangan Internasional tidak boleh Anda ragukan dan abaikan. Karena semakin pesatnya perubahan teknologi, komunikasi dan transportasi, persaingan di pasar Internasional menjadi sangat berat dan sangat mungkin untuk ditaklukkan. Tetaplah optimis dan buatlah proposal usaha yang serinci mungkin. Sebelum Anda menyusun proposal usaha, ingatlah bahwa selalu ada satu kelemahan utama yang mengancam suatu usaha, yaitu lemahnya perencaan. Itulah sebabnya Anda harus benar-banar matang merencanakan proposal usaha Anda. Karena sering kali dihubungkan antara kegagalan merencanakan sebuah usaha berimbas pada kegagalan menjalankan usaha tersebut. Tulis dan rincilah proposal perencanaan bisnis Anda dengan jelas dan singkat. Semoga sukses.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS