November 17 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Manfaat Perencanaan Bisnis atau Business Plan

By admin - Wed May 30, 4:33 pm

Perencanaan bisnis atau yang biasa disebut dengan business plan mempunyai manfaat yang sangat besar. Perencanaan bisnis ini merupakan alat monitoring bagi tim kerja kita dan hal ini juga bisa dijadikan sebagai panduan bagi semua orang yang terlibat dalam usaha  itu agar mematuhinya. Banyak ekonom atau pebisnis sukses yang selalu mendorong para pebisnis baru untuk membuat business plan sebelum mulai membuka bisnisnya. Tetapi kebanyakan para pebisnis pemula ini masih berpikiran kolot dan tidak mau menerima saran tersebut. Mereka masih berfikir bahwa membuat business plan hanya membuang-buang waktu dan fikiran karena pada akhirnya bisnis yang dikelolanya akan berjalan sebagai mana mestinya. Pemikiran seperti ini harus dienyahkan dari pikiran Anda, jika Anda ingin mempunyai bisnis yang sukses dan minim kerugian.

Perencanaan bisnis

Berikut ini adalah beberapa manfaat perencanaan bisnis atau business plan. Manfaat pertama adalah sebagai peta jalan. Perencanaan bisnis adalah juga peta jalan bagi perusahaan. Seperti kapan kita harus mulai kerja dan kapan kita harus mulai berhenti untuk melakukan manuver selanjutnya. Dalam hal ini perencanaan bisnis dibutuhkan untuk pencapaian target yang telah kita tetapkan di awal tahun. Selain itu perencanaan bisnis juga dapat digunakan sebagai panduan untuk memimpin berbagai perbedaan, baik manusia, budaya maupun pemikiran untuk menjadi satu arah dan bersinergi.

Perencanaan bisnis ini mempunyai manfaat yang kedua, yaitu sebagai monitor pelaksana. Dengan adanya perencanaan bisnis, kita bisa memonitor pekerjaan kita. Sejauh mana keberhasilan yang telah kita raih dan kegagalan yang harus dibenahi. Manfaat ketiga yaitu sebagai alat bantu staf baru. Agar staf baru mudah untuk beradaptasi maka diperlukan sebuah perencanaan bisnis. Biasanya perencanaan bisnis ini dirangkum dalam sebuah buku dan staf baru bisa dengan mudah mempelajarinya tanpa perlu repot.

Manfaat keempat adalah perencanaan SDM. Sumber daya manusia adalah modal yang membutuhkan fix cost tinggi. Untuk mengetahui kapan dan berapa orang yang harus kita rekrut maka perencanaan bisnis harus dibuat. Karena dari situlah kita bisa membuat perkiraan karyawan seperti apa dan berapa yang kita butuhkan. Manfaat kelima adalah sebagai alat koordinasi. Sejak perencanaan bisnis bukan melulu rencana untuk bisnis tapi juga merangkum sejarah dan apa saja yang dialami perusahaan serta penanganannya, maka perencanaan bisnis juga bisa dijadikan sebagai alat koordinasi bagi semua karyawan dari divisi manapun. Dengan perencanaan bisnis sebagai alat koordinasi maka akan terjadi suatu sinkronisasi menuju keberhasilan bersama.

Perencanaan bisnis juga mempunyai manfaat selanjutnya, yaitu sebagai contingency plan. Alangkah baiknya jika kita juga menyediakan beberapa versi perencanaan bisnis. Karena kondisi yang kita hadapi juga tidak akan pasti, maka diperlukan banyak alternative perencanaan bisnis. Meningkatkan daya nalar. Perencanaan bisnis diharapkan dapat meningkatkan daya nalar dari semua orang yang terlibat didalamnya. Sehingga semua orang yang ada dalam perusahaan bisa menjadi dewasa. Karena kedewasaan penting dimiliki setiap karyawan yang ada di perusahaan. Manfaat ketujuh adalah sebagai alat evaluasi. Perencanaan bisnis bisa dijadikan sebagai alat evaluasi. Karena di dalam perencanaan bisnis harusnya terdapat aturan-aturan yang harus dipatuhi sehingga juga memudahkan bagi karyawan untuk mengetahui alasan dia dapat penalty ataupun reward.

Manfaat kedelapan adalah sebagai perencanaan cash flow. Dalam cash flow juga kita dapat memberikan data mengenai cash flow, baik yang berupa uang maupun kegiatan yang berkaitan dengan uang itu sendiri.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS