November 13 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Manfaat Mengembangkan UKM Melalui Internet

By admin - Mon Jul 02, 4:39 pm

 

Mengembangkan UKM tidak hanya bisa dilakukan melalui dunia nyata, tetapi juga bisa dilakukan melalui media online atau internet. Mengembangkan UKM melalui internet merupakan salah satu cara pengembangan usaha yang sangat popular saat ini. Bagi Anda yang masih ragu-ragu untuk mengembangkan bisnis di dunia maya, sebaiknya Anda mulai membuka mata. Karena sekarang media online sudah sangat memberikan peran yang sangat besar terhadap perkembangan suatu usaha. Salah satunya adalah online shop.

mengembangkan UKM

Online shop baru terkenal di Indonesia beberapa tahun belakangan ini. Dengan online shop, semua orang bisa berbisnis, bisa berbisnis affiliate, reseller, dan lain sebagainya. Mereka tidak membutuhkan karyawan yang menunggu toko dan juga tidak membutuhkan toko secara fisik. Mereka hanya mempunyai modal yaitu kemauan dan koneksi internet serta PC. Tetapi dengan modal yang sangat terjangka tersebut, banyak orang yang sudah mendapatkan keuntungan tinggi. Karena media internet mampu mengubah apa yang tidak mungkin menjadi mungkin. Jika dulu dikatakan tidak mungkin apabila berbisnis dengan modal pas-pasan, maka sekarang sudah sangat mungkin dan sudah dibuktikan oleh banyak orang.

Mengembangkan UKM melalui internet bukanlah isapan jempol belaka. Kesuksesan dalam menjalankan bisnis online berdasarkan pada model bisnis yang akan dipilih dan dilakukan di kemudian hari. Setelah merencanakan bisnis apa saja yang ingin dilakukan dan ingin dipasarkan, maka Anda harus memutuskan strategi mana yang harus Anda lakukan, misalnya Anda ingin memulai bisnis, maka Anda bisa memanfaatkan Pay per Click, Afiliasi, E-commerce dan lain sebagainya. Sedangkan jika Anda ingin memasarkan bisnis offline yang sudah ada, Anda bisa memilih strategi-strategi pendukung lainnya. Misalnya dengan beriklan secara online.

Untungkah beriklan di internet? Jawabannya adalah tergantung pada strategi yang Anda jalankan. Dengan beriklan di dunia maya, setiap hari Anda bisa menjaring pengunjung lebih dari ribuan dalam sehari. Bandingkan jika Anda beriklan di mall atau membuka outlet di mall, dalam sehari mungkin hanya akan menjaring ratusan pengunjung yang tidak semuanya membeli. Lain halnya dengan internet, Anda bisa memancing keinginan mereka untuk membeli produk Anda dengan cara beriklan melalui internet dan kemudian menggiring mereka untuk mau membeli produk atau jasa yang Anda tawarkan. Keuntungan yang lain adalah dengan beriklan di internet, biaya yang Anda keluarkan lebih murah daripada beriklan secara offline.

Mengembangkan UKM melalui internet menjawab tentang permasalahan modal yang seringkali membelit para wirausaha. Dengan modal yang relative kecil, Anda bisa membangun usaha yang lebih besar dengan bantuan internet. Anda tidak perlu mempunyai modal besar untuk mampu bersaing dengan para pesaing yang terjun di bidang usaha yang sama dengan Anda. Karena memasarkan barang di internet hanya membutuhkan keuletan dan konsistensi Anda sendiri. Selain itu, waktu yang Anda miliki untuk memasarkan produk atau jasa Anda secara online tidak terbatas. Karena di dalam internet Anda dapat bertransaksi dari seluruh dunia dan juga selama 24/7. Tentu saja hal ini lebih fleksibel daripada memasarkan dengan cara offline.

Pangsa pasar yang Anda targetkan tidak terbatas di dalam dunia internet. Misalnya Anda mempunyai usaha distro dan mempunyai target market laki-laki dan perempuan usia antara 15 tahun sampai 30 tahun. Jika di dunia offline, Anda mungkin hanya akan menjangkau target market itu dalam rentan jarak yang dekat, misalnya hanya di kawasan kampus Universitas Diponegoro saja. Lain halnya jika Anda memasarkannya di internet, Anda bisa mempunyai konsumen dari kota lain, pulau lain, bahkan Negara lain. Inilah yang dimaksudkan dengan tidak terbatas. Selamat mencoba.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS