November 17 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Maksimalkan Usaha Tas Berkarakter

By admin - Wed Oct 24, 4:41 pm

Usaha tas berkarakter bisa menjadi peluang usaha yang sangat menggiurkan. Usaha tas berkarakter ini bisa Anda sesuaikan dengan pangsa pasar yang Anda bidik. Misalnya Anda memberikan gambar anak burung hantu yang sedang berdampingan dengan induknya. Warna-warni yang Anda tambahkan ke dalam karakter ini akan semakin membuat tas yang Anda jual sangat diminati oleh anak-anak. Ketika kita berjalan menyusuri supermarket di bagian tas, di sana kita pasti akan mendapati banyak sekali anak-anak yang jatuh hati pada tas yang mempunyai gambar cantik, menarik, dan berwarna-warni.

Usaha tas berkarakterLalu bagaimana cara membuatnya? Apakah usaha rumahan bisa membuat tas dengan beragam karakter yang menggemaskan bagi anak-anak? Tentu saja bisa! Anda bisa memulainya dengan menciptakan karakter tersebut dari batik. Potongan batik dengan beraneka warna dan motif bisa sangat indah jika disusun membentuk suatu karakter dengan hiasan mute dan payet kecil. Tidak hanya karakter untuk anak perempuan saja yang bisa Anda tampilkan, tapi karakter untuk anak laki-laki juga bisa Anda ciptakan. Misalnya dengan karakter mobil, kuda, dan lain sebagainya.

Usaha tas berkarakter ini selain indah dipandang mata juga memberikan suatu pembelajaran pada anak-anak. Misalnya dengan karakter burung hantu yang dibuat menggemaskan dan lucu, maka anak-anak yang melihatnya dan mengingatnya di kepalanya. Karena ketika memberikan karakter pada suatu tas, itu artinya kita juga memberikan kehidupan pada karakter tersebut. Jadi, Anda sebagai produsen tidak boleh seenaknya membuat gambaran karakter karena bisa saja menjadi semacam “pembodohan” bagi anak-anak. Misalnya ketika membuat karakter burung hantu. Anda tidak bisa sembarangan menempelkan payet dan kancing yang tidak sesuai. Untuk hidung anak burung hantu, misalnya. Anda harus memilih kancing yang tidak terlalu besar. Karena jika hidung anak burung tersebut kebesaran, maka anak terlihat aneh dan anak-anak juga tidak akan menyukainya.

Terlebih anak-anak sekarang paling suka dengan hal-hal unik dan berbau prakarya. Nah, walaupun usaha ini Anda realisasikan menjadi usaha rumahan, tapi jangan sampai Anda merasa kreativitas Anda terganggu. Anda harus bisa berinovasi dan berkreasi agar semua tas yang Anda produksi mampu mengambil hati banyak anak di sekitar Anda. Karakter di dalam tas dan juga pemanis tas bisa Anda jadikan sebagai sesuatu yang sangat menantang. Anda bisa merekrut beberapa karyawan untuk membantu Anda memproduksi tas ini. Karena untuk hasil yang maksimal, Anda sebaiknya melakukan hampir seluruh prosesnya dengan buatan tangan.

Usaha tas berkarakter untuk pemasarannya juga harus Anda perhatikan. Karena usaha Anda tergolon usaha kecil dan rumahan, maka untuk pemasaran juga tentunya tidak menyiapkan budget yang besar. Di sini, Anda harus mampu memanfaatkan peluang yang ada. Jika di daerah Anda diadakan pameran, bazaar, acara PKK, dan lain sebagainya bisa Anda manfaatkan untuk memasarkan produk Anda. System tabrak warna cerah bisa menarik minat anak-anak.

Selain dengan menempelkan potongan kain batik, Anda juga bisa memproduksi karakter lain dengan cara yang lain. Misalnya dengan konsep menempelkan foto lucu yang digemari anak-anak. Selain itu, Anda juga bisa memproduksi tas aplikasi tiga dimensi. Jadi, Anda sudah tidak hanya menempelkan kain di tas yang Anda jual. Setelah produk Anda mulai dikenal di kalangan masyarakat sekitar, Anda juga harus memanfaatkannya untuk menyasar dunia online. Selain itu, Anda juga bisa memasarkan produk Anda di department store dan dititipkan ke toko-toko jika Anda belum mempunyai toko sendiri.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS