November 15 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Makanan Penunjang saat Wawancara Kerja

By admin - Thu Jan 05, 3:11 pm

  • Comments Off on Makanan Penunjang saat Wawancara Kerja
  • 476 views
  • Email
  • Print

Makanan penunjang saat wawancara kerja akan membuat badan menjadi lebih tenang, fokus dan mampu berpikir cepat. Makanan penunjang saat wawancara kerja akan mengurangi dan menghilangkan rasa stress, gugup, sakit perut dan keluhan psikosomatis yang selalu menyerang di saat genting, termasuk pada saat wawancara kerja. Meski sudah berlatih menjawab pertanyaan, namun jika gugup menyerang, semua yang ada di kepala bisa blank seketika.  Alih-alih menjawab pertanyaan secara lugas, Anda justru merespons pertanyaan dengan kata-kata yang tak jelas maksudnya atau bahkan lupa mau mengatakan apa. Bila ini yang terjadi, kemungkinan besar Anda dicoret dari calon potensial.

Berikut adalah beberapa jenis makanan yang akan membantu Anda berpikir lebih cepat dan focus. Komsumsilah makanan ini setidaknya satu setengah jam sebelum wawancara sehingga sebagian makanan sudah tercerna dan berefek positif pada otak. Makanan pertama adalah biji-bijian utuh dan sayuran hijau. Karena biji-bijian dan syuran mengandung Vitamin B, seperti vitamin B6, B12, dan asam folat masih terbukti mampu membantu memori, daya fokus, serta kesehatan dan kemampuan otak secara keseluruhan. Bahkan, asam folat bisa membantu menghasilkan sel darah merah dan meningkatkan kesejahteraan serta kejernihan mental.

Makanan penunjang saat wawancara kerja berupa biji-bijian utuh seperti beras merah, merupakan sumber utama vitamin B. Sedangkan, sayuran hijau seperti bayam, kangkung, dan lobak Swiss mengandung asam folat dan tinggi vitamin K, yang juga akan membantu otak untuk fokus dan melawan gangguan memori. Tiga mangkuk sayur bayam bisa menyuplai 40 persen kebutuhan magnesium. Ini adalah mineral yang dapat mengurangi efek stres dalam tubuh dengan cara mencegah tekanan darah melonjak tinggi. Sebagai variasi makanana, Anda juga bisa memasukkan bayam ke dalam omlet atau sandwich.

Jenis makanan ke dua adalah protein bebas lemak. Ada baiknya hindari karbohidrat menjelang wawancara kerja karena dapat menyebabkan kantuk. Penelitian terhadap dua kelompok, menyantap sarapan protein dan sarapan tinggi karbohidrat. Ditemukan bahwa dua jam setelah mengonsumsi, kelompok yang menyantap karbohidrat tinggi memiliki tingkat tryptophan empat kali lebih tinggi dibandingkan kelompok yang menyantap protein. Tryptophan adalah zat yang dikenal sebagai pemicu kantuk.  Sedangkan, protein membantu tubuh memproduksi dua zat kimia yang terbuat dari tirosin norepinefrin dan dopamin. Zat ini akan meningkatkan kewaspadaan mental. Protein bebas lemak bisa Anda dapatkan dari daging putih dan telur.

Makanan penunjang saat wawancara kerja yang ketiga adalah lemak sehat. Otak membutuhkan pasokan asam lemak esensial yang sehat atau asam lemak omega-3 agar dapat berfungsi optimal. Lemak ini merupakan blok bangunan utama jaringan otak. Bahkan akan membantu Anda tetap fokus, melindungi selaput sel otak, dan mengurangi penyakit demensia, Alzheimer, stroke, dan penyakit otak lainnya di kemudian hari. Asam lemak ini hanya dapat diperoleh dari makanan. Sebab, tubuh manusia tidak mampu memproduksinya secara alami. Anda bisa mendapatkannya dari ikan, kacang kenari, minyak zaitun, alpukat, dan biji rami.

Makanan keemapta adalah jeruk. Konsumsilah jeruk agar stamina terjaga selama wawancara berlangsung. Pada dasarnya, tensi darah sangat memengaruhi sistem kekebalan tubuh. Namun, hal itu bisa dilawan dengan konsumsi vitamin C rutin yang banyak terdapat dalam jeruk. Vitamin C akan memperbanyak sel-sel imun tubuh dan mengurangi risiko masuknya virus. Makanan kelima adalah cokelat. Cokelat akan meningkatkan level zat neurotransmitter ke otak. Peningkatan zat ini akan memicu pengeluaran hormon pembuat senang dan rileks, seperti hormon dopamin. Makanan keenam adalah kopi. Selama tubuh Anda tak bermasalah dengan kopi, Anda disarankan mengonsumsi minuman ini sebelum menghadapi wawancara kerja. Menurut para peneliti, kopi mampu meningkatkan kinerja memori jangka pendek dan membantu meningkatkan kapasitas perhatian dan kemampuan memecahkan masalah.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS

  • Comments Off on Makanan Penunjang saat Wawancara Kerja