November 15 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Macam-Macam Metode Pembaaran Secara Online

By admin - Wed Jun 27, 9:02 pm

Metode pembayaran secara online ada tujuh macam. Metode pembayaran secara online dilakukan untuk membantu memproses pemindahan uang dari pembeli ke penjual. Bisnis online dan bisnis offline mempunyai perbedaan mendasar yaitu pada pertemuan antara pembeli dan penjual dan juga pada transaksi yang dilakukan. Jika di dalam bisnis offline Anda bisa bertransaksi langsung dengan penjual, maka di dalam bisnis online Anda harus memanfaatkan media pembayaran agar lebih mudah.

Metode pembayaran secara onlineMetode pembayaran secara online diperlukan untuk mempermudah proses pembayaran pada transaksi yang akan dilakukan. Beberapa pertimbangan untuk memilih metode pembayaran adalah sebagai berikut:

  • Terpercaya.
  • Penggunaan yang mudah.
  • Biaya yang kecil.
  • Diterima secara luas.

Metode pembayaran secara online yang pertama adalah PayPal. Paypal adalah alat pembayaran online yang populer bagi para pelaku bisnis online. PayPal dipercaya secara meluas hampir di seluruh dunia. Hal ini terbukti dengan makin banyaknya merchant yang menggunakan PayPal untuk memproses pembayaran secara online. Kita bisa memiliki akun PayPal secara gratis. PayPal menggunakan email sebagai identitas atau yang lebih dikenal sebagai PayPal ID. Salah satu kendala memiliki PayPal adalah adanya proses verifikasi. Kita perlu menggunakan kartu kredit agar PayPal kita terverifikasi. Namun kabar baiknya adalah kita bisa memiliki akun PayPal yang terverifikasi tanpa harus memiliki kartu kredit.

Proses pembayaran dengan menggunakan PayPal:

  • Kita membuat website yang mempromosikan barang atau jasa kita
  • Pembeli memilih barang atau jasa kemudian menekan tautan pembayaran
  • Proses pembayaran dilakukan oleh PayPal
  • Terjadi perpindahan dana dari PayPal pembeli ke PayPal penjual
  • Setelah konfirmasi maka pembeli akan menerima barang atau jasa yang telah terbayar

Metode pembayaran yang kedua adalah rekening Bank local. Penggunaan rekaning bank lokal sangat mudah. Metode ini sangat cocok bagi kita yang berkonsentrasi di pasar lokal Indonesia. Proses pembayaran dengan menggunakan rekening bank lokal:

  • Kita hanya perlu menginformasikan rekening bank kita kepada pembeli.
  • Pembeli melakukan transfer sejumlah uang yang telah disepakati.
  • Kita mengirimkan barang atau jasa yang telah dibayar.

Metode pembayaran yang ketiga adalah Kartu Kredit. Kartu kredit sangat populer untuk membeli barang atau jasa secara online. Salah satu kelemahannya adalah rawan terjadinya pembobolan karena kita membagikan informasi kartu kredit ke semua merchant yang kita kunjungi.

Metode pembayaran secara online yang keempat adalah AlertPay. Walaupun tidak sepopuler PayPal, AlertPay juga sering digunakan sebagai alat pembayaran secara online. Metode kelima adalah Liberty Reserve. Kelebihan menggunakan Liberty Reserve adalah praktis dan cepat. Setelah Anda melakukan transaksi, Anda langsung mendapat produk yang Anda beli tanpa adanya delay. Metode keenam adalah cek. Pembayaran dengan cek umumnya dilakukan oleh jaringan affiliasi untuk membayar para anggotanya, misalnya Google AdSense, Adbrite, ClickBank, dll. Cek dikirim langsung ke alamat anggota dan dicairkan di bank lokal. Salah satu kelemahan metode cek adalah proses pencairan yang lama (30 hari) dan biaya yang besar (US$10 – US$30).

Metode ketujuh adalah Western Union. Western Union merupakan jasa pengiriman uang ke berbagai penjuru dunia secara real time. Kelebihan WU antara lain aman, cepat, dan bisa langsung cair dalam hitungan detik. Jadi, Anda bisa memilih metode mana yang bisa Anda pilih sesuai dengan bisnis Anda dan kemudahan yang Anda inginkan.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS