November 21 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Latihan untuk Menggapai Kemampuan Multitasking

By admin - Tue May 07, 4:23 pm

Kemampuan multitasking sangat dibutuhkan oleh seorang pelaku usaha atau entrepreneur. Karena dengan mempunyai kemampuan multitasking, seorang pelaku usaha mampu menyelesaikan semua urusan dengan baik, terutama urusan bisnis. Dengan membuka sebuah usaha, maka akan banyak pikiran, tenaga dan waktu yang harus dikerahkan secara maksimal agar memperoleh hasil yang maksimal pula. Perhatian yang dicurahkan untuk bisnis, baik bisnis online maupun offline, akan membantu meraih puncak kesuksesan.

Kemampuan multitaskingUntuk itulah sekarang pelaku usaha harus mampu multitasking agar mampu bersaing dengan pelaku usaha yang lain. Jika sebelumnya Anda tidak percaya akan kemampuan multitasking, maka sekarang Anda harus bisa membiasakan diri untuk mempelajari apa yang dimaksud dengan multitasking di dalam sebuah usaha. Walaupun sebenarnya multitasking tidak pernah ada di dalam otak manusia, tetapi di dalam otak bisa dilakukan time-sharing untuk mengerjakan hal yang berbeda dalam satu waktu. Berikut ini beberapa cara yang bisa membantu Anda untuk membuat otak semakin cepat melakukan pergantian fokus sehingga pekerjaan juga bisa dikerjakan dengan lebih cepat:

  • Kerjakan beberapa kegiatan yang masih berhubungan satu sama lain. Kemampuan multitasking yaitu ketika otak dipaksa untuk berpindah memikirkan hal lain tentu membutuhkan adaptasi. Walaupun untuk melakukan adaptasi ini dibutuhkan waktu yang relatif singkat, tetapi tetap membutuhkan fokus, memori dan juga produktivitas untuk ‘memanggil’ kembali kemampuan sebelumnya untuk diterapkan pada pekerjaan berikutnya. Dan proses ini akan membutuhkan waktu yang cukup singkat ketika otak sudah terbiasa.
  • Membuat skala prioritas. Di sinilah Anda membutuhkan buku agenda untuk menuliskan semua pekerjaan yang harus Anda kerjakan. Karena setiap pekerjaan pastinya mempunyai skala prioritas tersendiri, maka Anda juga harus memilih-milahnya. Jika Anda mempunyai karyawan yang bisa mengaturnya untuk Anda, tidak ada salahnya untuk memintanya mengaturkan jadwal pekerjaan berdasarkan skala prioritas yang paling tinggi ke skala yang paling rendah.
  • Berikan sedikit waktu untuk otak agar bisa menerima informasi baru. Kemampuan multitasking berbeda dari satu orang ke orang yang lain. Tidak semua orang mempunyai kemampuan untuk mencerna beberapa informasi sekaligus dalam waktu yang bersamaan. Untuk itulah Anda harus memberikan kesempatan bagi otak untuk menerima instruksi atau pekerjaan baru, kemudian mengerjakan kembali tugas pokok Anda yang belum diselesaikan sampai akhirnya beralih ke pekerjaan yang baru Anda terima. Dengan begitu, maka fokus Anda tidak terpecah dan Anda bisa mengerjakan beberapa tugas secara bersamaan dan dalam waktu yang cukup singkat. Dengan waktu yang lebih efisien, maka Anda juga bisa meraih puncak kesuksesan dengan lebih cepat dan tepat.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS