November 19 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Langkah-Langkah Mewaralabakan Usaha Anda

By admin - Tue May 29, 4:45 pm

Mewaralabakan usaha Anda tidak bisa begitu saja dilempar ke pasaran karena tentu saja ada aturan jelas yang harus Anda ikuti. Mewaralabakan usaha Anda jika berhasil, maka hasilnya akan sangat di luar imajinasi Anda. Bisakah Anda bayangkan berapa besar omset kebab Turki Baba Rafi atau Es Teler 77? Bagaimana mereka bisa sedemikian berhasil mengembangkan usahanya? Bahkan sampai merambah ke pasar Internasional. Anda bisa juga mengikuti jejak mereka asalkan Anda mampu disiplin dalam mengikuti langkah-langkah untuk mewaralabakan usaha Anda.

Mewaralabakan usaha Anda

Ketika Anda telah memutuskan mewaralabakan usaha sebagai jalan memperluas operasi dan kepuasan sehingga Anda akan membuat sebuah franchisor yang sesuai, kemudian mengikuti langkah kebutuhan untuk diikuti, yakinkan bahwa langkah tersebut sukses untuk keduanya, franchisor dan franchisee. Langkah pertama adalah dengan menciptakan sebuah sistem franchise atau waralaba adalah untuk menilai sehat atau tidak sehatnya bisnis tertentu untuk diwaralabakan. Studi kelayakan seharusnya:

  1. Mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan bisnis.
  2. Menentukan fitur penting pada bisnis yang dapat diduplikasi.
  3. Menganalisis perdagangan terakhir untuk menilai apakah bisnis dapat mendukung keduanya yaitu franchisor dan franchisee sebagai kesatuan yang menguntungkan atau tidak.

Mewaralabakan usaha Anda juga harus mengikuti langkah kedua, yaitu pengembangan program dan system franchise. Langkah ini difokuskan dalam membentuk sebuah sistem franchise adalah penetapan program franchise yang sesuai. Penentuan langkah ini strategi paling sesuai untuk mengembangkan jaringan franchise. Program franchise termasuk menetapkan term tepat dari penyusuna franchise, termasuk, wilayah, suplai produk, pelatihan dan dukungan, hak dan kewajiban franchisor dan franchisee, biaya franchise dan pengadaan iklan.

Langkah ketiga adalah pengembangan dokumentasi franchise. Langkah ketiga ini melibatkan pengembangan dokumentasi penting bagi sistem. Dokumentasi waralaba khas yang butuh dikembangkan termasuk:

  1. Pengoperasian manual.
  2. Urutan induksi franchise.
  3. Dokumen profil franchise.
  4. Dokumen perjanjian franchise.

Langkah keempat adalah dengan implementasi dan rekruitmen. Langkah keempat ini mensyaratkan pengembangan strategi yang paling cocok untuk diimplementasikan pada program franchise. Strategi tersebut akan termasuk arahan pada pemasaran franchise dan rekrutmen franchisee yang cocok. Bagaimanapun, implementasi sistem bukanlah akhir dari proses. Sebagai franchisor area tanggung jawab Anda akan meliputi kesejahteraan, tidak hanya bisnis asli, tetapi dilanjutkan dengan kelanjutan hidup sistem franchise dan franchisee Anda.

Mewaralabakan usaha Anda memang tidak mudah, tetapi masih mungkin apabila Anda serius dan disiplin. Ada beberapa hal yang menjadi penyebab gagalnya system franchise, yaitu sebagai berikut:

  1. Ketamakan franchisor.
  2. Miskin seleksi pada franchisee.
  3. Miskin pelatihan bagi franchisee.
  4. Kurang pengembangan produk yang berkelanjutan.
  5. Ekspansi yang terlalu kencang.
  6. Miskin pengawasan pada performance franchisee.
  7. Kurang prosedur penyelesaian konflik yang sesuai.

Pada dasarnya, mewaralabakan usaha Anda adalah sarana untuk mengembangkan usaha dan juga meningkatkan omzet dan keuntungan. Ketika Anda sudah mantap ingin mewaralabakan usaha Anda, yang harus Anda lakukan adalah tetap kreatif. Karena jika Anda mewaralabakan usaha Anda, Anda tidak lagi menjual produk atau jasa. Anda sudah harus menjual usaha Anda secara keseluruhan, atau bisa dikatakan menjual ide kreativitas Anda. Itulah mengapa keuntungan yang Anda dapatkan bukan lagi per produk atau satuan melainkan satu kesatuan usaha. Selain keuntungan materiil, tentu saja Anda juga akan mendapatkan kepuasan batin karena usaha atau kreativitas Anda ada di mana-mana.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS