December 12 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Langkah-Langkah Memulai Usaha

By admin - Mon Jun 25, 8:59 pm

Memulai usaha terkadang membutuhkan tekad sekuat baja untuk mampu bersaing dan menyingkirkan ego. Memulai usaha tidak hanya harus berkutat dengan segudang teori tetapi juga banyak sekali pengalaman dan ide yang harus digabungkan. Berikut adalah beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika Anda ingin memulai sebuah bisnis.

Memulai usahaLangkah pertama adalah bermimpi. Mulailah dengan mimpi. Karena dengan mimpi, Anda akan mendapatkan inspirasi yang segar yang akan memberikan semangat untuk Anda. Jadilah pemimpi yang mempunyai segudang impian dan berusaha untuk menjadikannya nyata. Bermimpilah dan jadikan mimpi itu menjadi kenyataan. Anda tidak bisa meraih keinginan Anda sebelum Anda bermimpi. Karena kenyataan yang diciptakan dari mimpi akan menjadi motivasi terbesar seseorang. Karena pemimpi akan mampu menciptakan terobosan di dalam produk. Hal ini meliputi jasa, cara pelayanan dan jug aide yang bisa Anda jual dengan sukses. Mimpi tidak mengenal batasan dan tak bisa. Maka dari itu, bermimpilah dan wujudkan mimpi Anda.

Memulai usaha juga harus memperhatikan langkah kedua, yaitu mencintai produk atau jasa yang Anda ciptakan. Kecintaan Anda terhadap produk Anda sendiri akan menimbulkan suatu kepercayaan diri. Karena selanjutnya Anda harus memberikan sebuah keyakinan yang sama pada para pelanggan Anda. Keyakinan ini akan mengubah pikiran negative menjadi positif dan membuat pekerjaan Anda menjadi ringan. Dengan mencintai produk Anda sendiri, Anda juga akan belajar dan mampu melewati masa-masa sulit. Kecintaan Anda terhadap produk Anda akan menimbulkan kepercayaa, antusiasme dan juga keuletan. Ketiga hal positif ini akan mendorong Anda untuk lebih mengembangkan produk atau jasa Anda.

Misalnya Anda menyukai kuliner Jawa dan bermimpi ingin mempunyai kafe etnik Jawa, yang menyediakan beragam menu masakan Jawa dan dekorasi kafe juga etnik Jawa. Kemudian ketika dalam perjalanan Anda menemukan ganjalan, misalkan salah satu menu Anda kurang diminati, Anda akan melakukan survey dan memperbarui menu tersebut sampai akhirnya disukai oleh para pelanggan. Bayangkan jika Anda tidak mempunyai kecintaan terhadap produk Anda, Anda pasti akan langsung meniadakan salah satu produk tersebut. Padahal dengan menghilangkan salah satu produk sama saja mengurangi keuntungan Anda.

Memulai usaha juga harus menggunakan langkah ketiga, yaitu mempelajari basic bisnis. Karena tidak akan ada kesuksesan tanpa mengetahui dasar berbisnis dengan baik dan benar. Anda bisa belajar sambil bekerja. Misalnya Anda bekerja untuk bisnis orang lain dulu selama 1 atau 2 tahun untuk menyerap dasar-dasar berbisnis dan pengalaman yang berharga. Setelah itu, Anda bisa memulai bisnis Anda sendiri dan menerapkan prinsip=prinsip dasar sebuah bisnis dengan inovasi dari Anda sendiri.

Langkah keempat adalah bisa mengkalkulasi resiko. Resiko merupakan salah satu hal yang pasti ada dalam bisnis. Dan yang membedakan antara pebisnis sukses yang tangguh dengan pebisnis yang loyo adalah bagaimana mengambil resiko tersebut. Berani mengambil resiko yang diperhitungkan merupakan kunci sukses dalam sebuah usaha. Karena hasil yang akan dicapai akan proporsional terhadap resiko yang Anda ambil. Jadi, jangan takut mengambil resiko asal sudah Anda perhitungkan dengan matang. Langkah kelima adalah carilah nasihat dari pakarnya. Di dunia ini ada banyak sekali pakar bisnis yang bisa Anda ikuti. Tetapi yang pasti, Anda harus mengikuti mana yang Anda percayai dan yakini. Langkah keenam adalah bekerja keras. Karena kesuksesan akan mampu diambil dari kerja keras dan bekerja dengan pintar. Dua hal ini tidak bisa dipisahkan lagi.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS