November 13 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Langkah-Langkah dalam Mencari Peluang Usaha Kecil

By admin - Thu Jan 19, 3:41 pm

  • Comments Off on Langkah-Langkah dalam Mencari Peluang Usaha Kecil
  • 729 views
  • Email
  • Print

Peluang usaha kecil maupun besar selalu membutuhkan gagasan yang rasional dan dan realistis. Gagasan peluang usaha kecil akan lebih mudah didapat apabila Anda peka dan peduli terhadap diri sendiri, keluarga, teman, dan lingkungan masyarakat sekitar. Ppada diri sendiri adalah bagaimana Anda mengenali kemampuan, minat, bakat dan lain sebagainya. Banyak wiraswastawan yang berhasil karena dia dapat memanfaatkan kemampuan, minat dan bakat yang dimililkinya sendiri dikombinasikan dengan kejelian melihat peluang pasar.

Satu contoh yang bisa Anda lihat adalah seorang pengusaha sampah di Bandung yang sukses dan berhasil mengembangkan usaha daur ulang sampah. Bahkan, kini beliau memiliki beberapa jenis usaha diantaranya menjadi pengembangperumahan. Darimana bisnisnya berasal? Banyak sampah berserakan dan ia melihat banyak jenis sampah yang dapat didaur ulang seperti plastic menjadi bijih plastic, dan lain sebagainya. Dan ide ini berasal dari melihat lingkungan sekitar. Bila saat ini Anda tidak mempunyai gagasan, kurang mampu mengamati lingkungan sekitar, cobalah untuk mencari teman atau kenalan baru sebanyak-banyaknya. Salah satu caranya adalah dengan membaca iklan peluang usaha kecil di Koran dan surat kabar. Amati iklan-iklannya, terutama iklan mininya setiap hari. Di sana banyak yang menawarkan peluang kecil atau produk-produk yang dijual yang sebenarnya ada di sekitar Anda. Bila Anda jeli, mungkin dapat membuat produk serupa dengan kemampuan yang Anda miliki dengan harga dan kualitas lebih baik.

Peluang usaha kecil dalam pengembangannya harus mempunyai gagasan peluang usaha kecil dan mewujudkan gagasan tersebut. Berikut adalah beberapa langkah penting untuk mencermati peluang-peluang yang ada di sekitar Anda. Langkah pertamaadalah lakukan pengamatan dan pendalaman mengenai seluk-beluk bisnis ini. Pelajari seluk-beluknya, apakah baik atau tidak? Bagaimana proses produksinya secara efisien? Darimana Anda membeli bahan bakunya? Siapa calon konsumen atau karakteristik pelanngan? Dimana Anda akan memasarkan dan menjualnya? Bagaimana pola pemasaran dan penjualannya?

Cara terbaik untuk melakukan pengamatan ini adalah dengan mengamati pengusaha sukses yang bergerak di bidang yang sama. Bila bisnis yang Anda amati benar-benar baru, paling tidak pelajari bagaimana para pengusaha yang sukses menjalankan bisnis mereka. Selain itu, kenali juga resikonya. Siapkah mental Anda dengan resiko tersebut? Langkah kedua adalah lakukan uji coba dengan cara tes pasar. Manfaat uji coba dalah untuk mendapatkan umpan balik terhadap calon konsumen mengenai produk yang Anda tawarkan. Misalnya Anda membuat kue. Sebelum dijual cobalah berikan secara gratis kepada tetangga dan lingkungan sekitar. Tentunya dilakukan dalam jumlah yang terbatas. Kemudian, mintalah pendapat dari tetangga atau lingkungan sekitar mengenai produk yang Anda buat tersebut, meliputi rasa, bentuk, dan lain sebagainya. Jadikan kritikan dan saran sebagai masukan berharga untuk melakukan perbaikan sedikit demi sedikit, sehingga produk Anda benar-benar siap diluncurkan dengan skala yang lebih besar.

Peluang usaha kecil juga harus dilakukan dengan langkah ketiga yaitu menyusun rencana usaha. Perencanaan ini bisa mencakup penetapan nama produk, packaging produk, proses produksi, jalur distribusi yang dipilih, modal tambahan yang diperlukan, orang-orang yang akan diajak bekerja sama (penanam modal, pegawai, dan penyalur produk). Harus dipikirkan secara matang tentang strategi pemasaran yang akan dijalankan. Misalnya dengan selebaran, brosur, catalog, website, mailing list, iklan di media, organisasi social, dan lain sebagainya. Lokasi usaha atau tempat pemasaran/outlet yang strategis menjadi salah satu kunci sukses usaha. Dan untuk mendapatkan tempat pemasaran strategis dengan modal terbatas tentu akan membutuhkan kejelian dan keberanian.

Langkah keempat adalah mulailah sekarang juga. Ya, sebagus apapun sebuah gagasan tidak akan berguna jika tidak dilaksanakan secepatnya. Dengan memulainya, Anda bisa mendapatkan pengalaman dan pelajaran berharga yang bisa digunakan untuk memperbaiki usha secara sistematis.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS

  • Comments Off on Langkah-Langkah dalam Mencari Peluang Usaha Kecil