December 12 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Langkah dan Tips Memulai Usaha Franchise

By admin - Wed May 30, 4:20 pm

Memulai usaha franchise tidak boleh hanya mengandalkan peraturan yang sudah ditetapkan saja oleh franchisor, Anda juga harus mempunyai persiapan sendiri. Memulai usaha franchise sama dengan investasi di bidang bisnis. Karena kesuksesan satu usaha di bidang franchise, maka usaha franhcise yang lain pun berbondong-bondong untuk melebarkan sayapnya. Hal ini dibarengi juga dengan hasrat yang tinggi dari para pemilik modal. Fenomena ini kemudian melahirkan beragam jenis penawaran investasi di bidang franchise ini.

Memulai usaha franchise

Keberhasilan system franchise sudah dibuktikan dengan semakin menjamurnya usaha franchise dalam berbagai bidang. Mengapa banyak sekali peminat dalam bisnis ini? Hal ini dikarenakan menjalankan bisnis farnchise sangat meggiurkan. Selain keuntungan yang dijanjikan cukup besar, peluang bisnis franchise dikembangkan dengan manajemen yang benar-benar matang. Sehingga sebagai peluang bisnis, franhcise mempunyai banyak kelebihan dibandingkan dengan bisnis non kemitraan.

Memulai usaha franchise ini menawarkan pola kemitraan yang cukup jelas, termasuk masalah permodalan, dukungan system dan manajemen yang sudah mantap dan juga dukungan media pemasaran yang juga tak kalah menarik. Sebenarnya, bisnis waralaba atau franchise ini diminati karena berfungsi sebagai bisnis baru yang mudah dan relative aman dilakukan oleh para pemula. Karena manajemennya sudah mempunyai aturan pakem, maka sang pemula ini hanya akan mengikuti alurnya saja. Sambil dia berjalan, sambil belajar untuk mengatur bisnisnya untuk lebih baik lagi.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan dan dipersiapkan oleh para pelaku usaha baik yang menawarkan system kemitraan (franchisor), calon investor, maupun franchisee (yang membeli kemitraan) sebelum mereka menjalankan usaha. Persiapan pertama adalah siapkan diri Anda untuk menjadi seorang entrepreneur. Sebelum menjadi seorang franchisor, calon investor, maupun franchisee, sebaiknya ubahlah pola pikir Anda yang sebelumnya terbiasa menjadi seorang karyawan, beralih ke mindset (pola pikir) seorang entrepreneur yang berani mengambil tantangan sebagai peluang. Siapkah Anda menjadi seorang wirausaha? Persiapan kedua adalah mempelajari segala peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan franchise sebelum Anda membuka kemitraan atau bergabung dengan kemitraan yang ditawarkan franchisor. Sebut saja Peraturan Pemerintah RI No. 42 Tahun 2007 yang berisi tentang enam kriteria bisnis franchise atau waralaba beserta persyaratan dalam membuat prospektus penawarannya.

Memulai usaha franchise juga harus memperhatikan persiapan ketiga, yaitu meningkatkan kemampuan Anda berinteraksi dan membina hubungan baik dengan banyak orang. Menjadi seorang pengusaha menuntut Anda untuk selalu berkomunikasi dan bernegosiasi dengan berbagai pihak. Misalnya saja ketika mendelegasikan tugas kepada karyawan, membangun jaringan bisnis dengan calon investor, atau berkomunikasi langsung dengan para supplier dan konsumen. Persiapan keempat adalah siapkan modal usaha yang cukup. Menjadi seorang franchisor maupun franchisee tentunya membutuhkan modal usaha yang cukup besar. Tidak hanya modal awal untuk memulai usaha saja yang perlu disiapkan, namun setidaknya Anda memiliki dana cadangan untuk mencukupi biaya operasional selama perjalanan usaha. Sebab, sebagian besar franchisor dan franchisee yang mengalami kegagalan adalah mereka yang kekurangan modal ketika berada di tengah perjalanan bisnisnya.

Persiapan kelima adalah jadilah orang yang ahli sebelum akhirnya menjalankan franchise. Saat ini banyak franchisor dan franchisee yang menjalankan bisnis franchise dengan sistem coba-coba, dan bisa dipastikan hasilnya pun tidak dapat optimal. Sehingga tidak sedikit jumlah franchisor dan franchisee yang akhirnya menutup usahanya, karena belum siap menghadapi segala hambatan yang muncul di tengah perjalanan usaha.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS