December 12 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Langkah Dalam Strategi Marketing

By admin - Tue May 01, 4:24 pm

Strategi marketing bisnis merupakan langkah-langkah kreatif yang berkesinambungan yang diupayakan oleh sebuah pihak perusahaan guna mencapai target marketing terbaik dalam rangka mewujudkan kepuasan konsumen secara maksimal. Strategi marketing sangat penting diupayakan untuk mencegah penurunan jumlah konsumen serta jatuhnya daya saing produk bisnis dipasaran.

Strategi marketing

Dengan adanya sebuah strategi yang baik, diharapkan proses pemasaran akan mampu berjalan secara terkontrol, dinamis dan tidak monoton dengan satu gaya marketing saja. Strategi pemasaran juga dilakukan agar tercapainya proses marketing secara lebih maksimal. Tanpa adanya strategi marketing yang teruji, bisa dipastikan marketing akan jatuh, terlebih apabila muncul berbagai produk kompetitif yang dikeluarkan oleh rival-rival bisnis Anda. Melalui strategi ini sebuah proses marketing yang baik dapat dipertahankan, memberikan cara-cara yang baru yang membuat para pelanggan senantiasa menemukan keunikan dalam produk kita, hal ini merupakan salah satu strategi yang dibutuhkan dalam strategi pemasaran.

Strategi marketing yang diharapkan adalah cara-cara baru yang lebih diminati oleh para konsumen. Membuat konsumen merasa lebih nyaman dan mudah untuk mendapatkan produk bisnis yang kita pasarkan, disamping itu kualitas yang memadai dari sebuah produk bisnis juga menjadi salah satu poin penting bagi berlangsungnya sebuah strategi pemasaran yang baik.

Mengoptimalkan upaya dan strategi pemasaran merupakan faktor terbesar yang akan mempengaruhi kesuksesan usaha bisnis Anda, oleh karena itu, jangan sepelekan strategi pemasaran. Rancang dan upayakanlah sedemikian rupa agar pelanggan tidak bosan dengan gaya-gaya Anda dalam memasarkan produk. Bagaimana atau apa saja yang termasuk bagian dari strategi pemasaran yang bisa Anda terapkan untuk terus mempertahankan upaya marketing kreatif Anda? Berikut ini beberapa langkah yang bisa Anda coba untuk menciptakan sebuah strategi pemasaran yang lebih efektif, khususnya bagi Anda yang mempunyai bidang usaha yang relatif masih kecil.

Strategi marketing bisa dilakukan dengan langkah pertama, yaitu promosi. Promosi merupakan upaya untuk memperkenalkan sebuah produk bisnis kepada konsumen sebagai bagian dari strategi pemasaran, dari yang belum tau menjadi tau. Bagi Anda yang memiliki sebuah usaha bisnis yang masih kecil, jangan lupa untuk selalu memperhatikan hal ini. Lakukan upaya promosi kapan saja dan dimana saja. Dengan cara-cara kreatif tentunya upaya promosi yang Anda lakukan secara terus menerus tak akan membuat orang lain jengah. Misalnya setiap kali Anda bepergian, jangan lupa membawa brosur produk bisnis Anda untuk kemudian Anda bagikan kepada rekan-rekan Anda, atau Anda langsung menyebar brosur ke tempat-tempat umum, menempel berbagai di berbagai tempat pengumuman, membuat status di jejaring sosial, sms rekan dan sebagainya.

Langkah kedua adalah kreativitas cara marketing. Kreativitas cara marketing menyangkut upaya dan strategi pemasaran agar lebih terkesan unik, beda dan menemukan cara-cara baru untuk mengupayakan kegiatan marketing agar bisa berjalan dengan maksimal. Ada banyak cara kreatif yang dilakukan orang saat ini, diantaranya adalah dengan memanfaatkan fasilitas internet yang mendunia untuk memasarkan produk usaha. Internet marketing merupakan strategi yang terbukti mampu meningkatkan upaya penjualan secara lebih maksimal. Dengan memanfaatkan internet, Anda juga bisa melakukan kreativitas bentuk-bentuk marketing. Misalnya untuk mereka para pengusaha buku, biasanya memanfaatkan situs jejaring sosial untuk menjual buku-buku mereka dengan cara-cara yang unik seperti mengadakan perlombaan, memasang berbagai foto bergaya bersama buku dan sebagainya. Kreativitas dalam strategi pemasaran sangat dibutuhkan.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS