November 17 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Kunci Sukses Pemasaran untuk Bisnis Rumahan

By admin - Thu Dec 12, 3:07 pm

Pemasaran bisnis rumahan tentunya berbeda dengan bisnis yang sudah besar. Karena pemasaran bisnis rumahan harus terpentok pada modal yang terbatas. Usaha rumahan ini biasanya dilakukan oleh para pemula dengan memanfaatkan rumahnya sebagai tempat usaha. Karena dengan memanfaatkan rumah tempat tinggal maka secara otomatis mampu meminimalisir biaya operasional. Sehingga mereka tak perlu lagi mengeluarkan biaya sewa setiap bulannya. Bisnis rumahan memang merupakan pilihan tepat untuk Anda yang ingin menambah pendapatan tanpa harus meninggalkan rumah.

Pemasaran bisnis rumahanTetapi bisnis rumahan bukannya tanpa masalah. Ada masalah yang masih harus diselesaikan, salah satunya adalah pemasaran. Karena bisnis rumahan tidak selalu berada di lokasi strategis seperti toko-toko yang ada di pusat keramaian. Hal inilah yang kemudian dijadikan alasan untuk menargetkan pasar di sekitar lokasi saja. Hal inilah yang akhirnya membuat omset penjualan masih belum maksimal setiap bulan. Jika Anda berencana atau sedang menjalankan bisnis rumahan, sebaiknya Anda mulai memikirkan tentang konsep pemasaran yang bisa meningkatkan omset Anda per bulan, antara lain:

  • Manfaatkan pasar di dunia maya. Pemasaran bisnis rumahan sebenarnya tidak harus terlalu berkutat pada lokasi Anda. Walaupun lokasi usaha Anda kurang strategis dan terpencil, Anda masih bisa menambah konsumen dengan menyisir dunia maya. Berpromosi di dunia maya menjangkau akses yang lebih luas dengan biaya yang murah. Tetapi pastikan Anda juga memasang foto dengan kualitas baik agar konsumen tertarik untuk membeli. Selain foto dengan kualitas baik, Anda juga harus memberikan deskripsi produk yang bisa dipahami dengan mudah dan informative. Hal ini untuk menarik lebih banyak konsumen.
  • Manfaatkan brosur sebagai sales berjalan. Brosur sangat ampuh untuk menarik perhatian konsumen untuk datang dan membeli. Walaupun hanya berupa lembaran kertas tapi bisa difungsikan sebagai sales berjalan. Di dalam sebuah brosur, ada informasi lengkap yang dibutuhkan serta gambar yang bisa menarik rasa penasaran orang yang melihat. Brosur tidak harus dibuat dengan harga tinggi. Anda bisa memesan brosur menarik yang murah dan sebarkan di beberapa tempat ramai, seperti mall, pameran, kampus dan tempat ramai yang lain. Pastikan Anda memasang target untuk setiap penyebaran brosur harus menghasilkan sejumlah konsumen baru.
  • Selalu aktif mengikuti pameran dan bazar. Pemasaran bisnis rumahan, khususnya yang kurang strategis, harus lebih aktif dalam mengikuti berbagai acara pameran, pasar tiban, pasar malam dan bazar. Tidak hanya di lingkungan Anda tetapi juga di kota lain untuk menyasar pasar yang lebih luas. Selain memperkenalkan bisnis Anda, Anda juga bisa melakukan survey pasar sehingga Anda juga tahu daya saing bisnis Anda di pasaran yang lebih luas.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS