November 17 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Kunci Sukses Menjadi Pengusaha

By admin - Fri Jan 13, 2:12 pm

  • Comments Off on Kunci Sukses Menjadi Pengusaha
  • 662 views
  • Email
  • Print

Kunci sukses menjadi pengusaha tidak lepas dari peran diri sendiri sebagai alat kontrol. Kunci sukses menjadi pengusaha sebenarnya sudah ada di dalam diri masing-masing orang. Karena semua orang di dunia ini pasti tidak terlepas dari adanya usaha untuk mencukupi kebutuhan hidupnya sehari-hari. Tanpa adanya usaha ini, orang hanya akan mengharapkan bantuan dari oranglain. Namun banyak juga para pengusaha yang telah banting tulang, tapi tidak mampu memenuhi kebutuhan hidupnya sendiri apalagi membiayai orang lain.

Kunci sukses yang pertama adalah cintai pekerjaan Anda. Dengan mencintai pekerjaan, maka Anda akan bekerja dengan sepenuh hati dan tidak mudah bosan. Sebaliknya, pekerjaan cenderung akan berantakan dan jauh dari kata sukses apabila orang sudah bosan dengan pekerjaan dan lingkungan tempatnya bekerja maupun usaha yang ditekuninya. Yakinlah, asalkan halal maka usaha apa saja yang Anda tekuni saat ini adalah yang terbaik untuk Anda. Tinggal lagi bagaimana Anda menekuni dan mengembangkannya untuk menuju kata sukses.

Kunci sukses menjadi pengusaha yang kedua adalah tidak ada kata menyerah. Para pengusaha besar yang telah sukses pun pernah mengalami kegagalan, tapi mereka mampu bangkit dari kegagalan itu dengan berjuang tanpa kenal menyerah. Kunci ketiga adalah disiplin. Sebagian orang sulit melakukan hal ini, karena biasanya dalam kurun waktu tertentu orang bisa jemu dan bosan mengerjakan sesuatu. Agar bisa menjaga kedisiplinan, anda bisa membuat daftar apa saja yang harus dikerjakan hari ini atau besok lusa. Anda pun perlu menentukan target yang harus dicapai dalam beberapa hari mendatang.

Kunci keempat adalah sering-seringlah melakukan evaluasi terhadap usaha Anda. Evaluasi juga mengenai produksi dan minat pasar saat ini serta bagaimana melakukan pemasarannya. Kunci kelima adalah mengikuti perkembangan zaman. Jangan sampai anda ketinggalan informasi dan trend pasar. Belajarlah dari situasi dan kondisi zaman Anda saat ini. Ikutilah mode dan perkembangan teknologi yang kian pesat. Alangkah lebih baik lagi apabila Anda bisa kreatif dan menemukan hal-hal atau produk baru yang menarik. Perbaharuilah berbagai fasilitas yang mendukung usaha Anda demi kelancaran dan kesuksesan usaha yang Anda lakukan.

Kunci sukses menjadi pengusaha yang keenam adalah membuat perencanaan keuangan. Catat semua pemasukan dan pengeluaran setiap harinya. Buat target jangka pendek dan jangka panjang. Perhitungkanlah kondisi keuangan anda dengan matang. Kunci ketujuh adalah menjalin mitra kerjasama. Tak ada salahnya anda menjalin mitra kerjasama atau berkenalan dengan pengusaha lain yang sejenis atau bisa mendukung kesuksesan usaha Anda itu. Ini adalah salah satu kunci utama sukses untuk menjadi seorang pengusaha sukses. Bukankah pepatah mengatakan banyak teman banyak rezeki, iya kan?

Kunci sukses kedelapan adalah bersedekah. Mungkin Anda merasa hal ini jauh dari bayangan Anda. Tapi coba perhatikan hokum tabur tuai. Jika Anda menyisihkan sebagian kecil penghasilan Anda pada mereka yang tidak mampu dengan ikhlas, maka keuntungan yang Anda dapat pun akan berlipat. Hal ini bisa diistilahkan dengan ‘pembersih’ yaitu pembersih keuangan Anda agar lebih berkah. Jika financial Anda membawa manfaat bagi sesama, maka ketika kembali pada Anda akan lebih berkah dan berlimpah. Jadi, jangan sia-siakan kesempatan ini untuk membuat Anda semakin bersyukur dan membuat Anda semakin sukses. Belajarlah memberi sebelum Anda meminta untung yang lebih tinggi. Keseimbangan ini yang akan membantu menjadi booster bagi usaha Anda.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS

  • Comments Off on Kunci Sukses Menjadi Pengusaha