November 19 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Kunci Sukses Mengembangkan Usaha Waralaba

By admin - Wed May 30, 4:28 pm

Kunci sukses mengembangkan usaha waralaba bisa sangat berguna jika Anda mau untuk disiplin mempraktikkannya. Kunci sukses mengembangkan usaha waralaba ini intinya adalah mengedit konsep yang sudah melekat di otak kita tentang keinstanan bisnis waralaba. Ternyata, bisnis waralaba itu tidak seinstan yang kita pikirkan sebelumnya. Banyak kendala dan hambatan yang sering muncul di tengah perjalanan usaha, sehingga satu demi satu pelaku bisnis franchise mulai berguguran sebelum mencapai kesuksesannya. Tentu kondisi seperti ini tidak ingin Anda alami bukan? Karena itu sebelum memutuskan terjun di bisnis franchise, persiapkan mental, modal dan dukungan manajerial secara matang agar bisnis Anda tidak layu sebelum berkembang.

Kunci sukses mengembangkan usaha waralaba

Berikut adalah beberapa factor yang bisa mendorong perkembangan usaha waralaba Anda. kunci sukses pertama adalah profil dan kinerja waralaba. Dalam tahap ini, Anda harus membuat visi dan misi besar yang dapat mengantarkan bisnis Anda menuju kesuksesan. Kemudian, lakukan seleksi calon franchisee secara ketat untuk mencapai visi dan misi tersebut. Sebab, kinerja para franchisee di lapangan menjadi salah satu tolak ukur keberhasilan kinerja Anda sebagai seorang franchisor. Semakin banyak jumlah franchisee Anda yang berhasil menjalankan usahanya, maka semakin besar pula penilaian positif dari masyarakat terhadap profil dan kinerja franchise yang Anda tawarkan.

Kunci sukses mengembangkan usaha waralaba yang kedua adalah merk. Merek menjadi modal utama seorang pelaku bisnis franchise untuk mengembangkan usahanya dalam bentuk kemitraan. Untuk itu wajib bagi Anda untuk merancang, membangun kualitas merek, dan menjaga citra baik merek tersebut di depan masyarakat luas. Sebab, keberadaan merek menjadi faktor penting bagi bisnis Anda untuk memikat para konsumen maupun calon franchisee yang tertarik bermitra dengan Anda. Kunci sukses ketiga adalah system waralaba. Selain keberadaan merek, faktor penting lainnya adalah membangun sebuah sistem. Sebelum menawarkannya kepada calon franchisee, sebaiknya ciptakan sistem kemitraan yang benar-benar solid dan tahan banting terhadap tantangan serta persaingan pasar yang semakin pesat. Sehingga bisnis franchise yang Anda jalankan tidak tumbang di tengah jalan, dan jumlah mitra yang dimiliki juga mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

Kunci sukses keempat adalah franchise support. Setelah sistem mulai berjalan lancar, selanjutnya tugas utama franchisor adalah memberikan dukungan penuh kepada para mitranya. Dukungan yang diberikan kepada para franchisee menjadi salah satu strategi bagi Anda untuk meningkatkan loyalitas mereka terhadap peluang bisnis franchise yang dijalankan. Tidak hanya support awal saja yang wajib diberikan seorang franchisor kepada franchiseenya, namun juga support lanjutan selama kerjasama kemitraan tersebut masih berjalan sesuai dengan jangka waktu yang telah disepakati kedua belah pihak.

Kunci sukses mengembangkan usaha waralaba kelima adalah konsumen. Konsumen adalah raja, dan kepuasan konsumen menjadi factor utama bagi para franchisor dan franchisee. Untuk itulah, menjaga kualitas produk atau jasa sangat dianjurkan untuk mendapatkan kepuasan konsumen. Kunci sukses keenam adalah penampilan franchisor. Tidak hanya calon franchisee saja yang perlu diseleksi, dalam memilih franchisor pun kita juga butuh kehati-hatian agar tidak salah pilih dalam berinvestasi. Pilihlah franchisor yang benar-benar handal, memiliki dukungan manajerial yang cukup matang, serta memenuhi semua kewajibannya terhadap para mitra dengan baik.

Kunci sukses ketujuh adalah hubungan kerjasama yang baik. Setelah kesepakatan kerjasama franchise telah terjalin, maka secara tidak langsung Anda berada dalam sebuah keluarga besar, dimana antar anggota keluarganya memiliki kewajiban untuk saling membantu agar bisnis yang dijalankan bisa mencapai sukses bersama. 

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS