November 13 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Kunci Sukses Memenangkan Konsumen Remaja

By admin - Thu Dec 12, 3:19 pm

Konsumen remaja atau anak muda bisa digapai dengan cukup mudah jika Anda tahu bagaimana cara menarik perhatian mereka. Konsumen remaja tidak pernah ada habisnya. Jika kita lebih jeli melihat pasar, maka akan kita dapatkan setiap bulannya selalu ada trend baru yang diburu oleh para anak muda di Indonesia. Trend yang ada tidak hanya untuk pakaian dan mode saja tetapi juga makanan dan minuman, produk hiburan sampai jenis perawatan dan kecantikan, dan lain sebagainya.

Konsumen remajaAnak muda sangat antusias jika ada hal baru yang ada di sekitarnya dan ingin mencoba trend yang sedang digandrungi. Hal ini menjadikan mereka sebagai prospek yang menggiurkan untuk ditarik. Perubahan besar pada trend anak muda bisa memberikan keuntungan yang maksimal. Tetapi jangan remehkan persaingan yang tentu saja menunggu pangsa pasar yang menggiurkan ini. Persaingan pasar semakin hari semakin beragam dan menuntut Anda untuk mampu menghadapi persaingan ini dengan pintar. Untuk mematok anak muda sebagai target market Anda, lakukan beberapa hal berikut ini:

  • Mulai survey pasar dengan secara langsung melibatlkan anak muda atau remaja. Survey ini dilakukan untuk melihat kebutuhan dan minat anak muda jaman sekarang. Agar survey ini sukses dan valid, Anda harus survey langsung ke lapangan untuk memperoleh data yang benar-benar akurat. Di dalam survey tersebut, libatkanlah para anak muda, mulai dari usia 14 tahun sampai 24 tahun. Untuk mendapatkan data yang valid, lakukan wawancara secara langsung di lapangan. Selain wawancara, Anda juga bisa melakukan promosi dengan mengikutsertakan target market secara langsung untuk mengetahui kegemaran dan kebiasaan mereka.
  • Ciptakan produk limited edition. Konsumen remaja sangat menggilai produk yang terbatas karena terkesan eksklusif. Lihatlah contohnya pengusaha distro yang sukses meraih kemenangan menaikkan konsumen. Hal ini tidak terlepas dari keinginan mereka yang selalu menampilkan produk limited edition untuk memberikan pelayanan khusus. Intinya dengan produk yang special dan terbatas ini, Anda sebagai produsen memberikan nilai tambah pada produk tersebut sehingga berbeda dengan produk yang ada di pasaran dan makin digemari oleh konsumen.
  • Selalu update produk yang Anda jual, khususnya untuk produk makanan dan minuman. Untuk produk makanan dan minuman, Anda boleh menampilkan produk limited edition tetapi pastikan juga Anda melakukan update terhadap produk Anda sesuai dengan selera konsumen. Karena anak muda cenderung bergaya hidup dinamis sehingga cepat merasa bosan jika ada produk yang monoton atau biasa. Jadi tidak heran kan kenapa mereka lebih senang coba-coba produk yang menawarkan keunikan?
  • Dekati komunitas tertentu. Dengan merangkul komunitas tertentu, Anda bisa membangun loyalitas konsumen. Walaupun secara individu cepat bosan, tetapi jika dihubungkan dengan komunitas, mereka akan lebih loyal. Misalnya dengan menjadi sponsor kegiatan mereka, menjadikan mereka partner bisnis, dan lain sebagainya.
  • Fungsikan brand ambassador kegemaran anak muda. Konsumen remaja juga harus disuguhi dengan brand ambasador yang menarik. Strategi ini akan meningkatkan rasa ketertarikan dan rasa penasaran mereka.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS