November 14 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Kunci Memulai Usaha

By admin - Fri Jan 13, 2:07 pm

Kunci memulai usaha salah satunya adalah orisinalitas inspirasi. Kunci memulai usaha tersebut dapat didorong dengan adanya insting dan intuisi. kedua hal ini tampak sama yaitu naluri atau kepekaan untuk membaca situasi tetapi berasal dari sumber yang berbeda. Insting adalah kepekaan menganalisis suatu kejadian yang pernah dialami seseorang untuk memprediksi kejadian yang akan datang. Intuisi merupakan kepekaan untuk memprediksi hal-hal yang akan terjadi berdasarkan indera ke enam.

Keduanya diperlukan dalam membangun sebuah bisnis. Umumnya insting digunakan untuk menghindar, bertahan atau survive sementara intuisi digunakan untuk melangkah maju dan bertumbuh. Jadi menjadi terinspirasi adalah langkah awal untuk membangun konsep bisnis dan mengambil keputusan untuk memulainya. Inspirasi diawali dengan pola pikir kreatif yang sangat mengandalkan otak kanan Anda. Selanjutnya otak kiri Anda akan menganalisis semua peluang yang Anda miliki untuk mewujudkan inspirasi atau mimpi Anda.

Kunci memulai usaha sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya, inspirasi lekat pada krisis, kesulitan, hambatan, masalah, tantangan, kebutuhan dan cobaan yang tak ada habisnya. Cobalah menggali inspirasi dari apa yang ada pada diri Anda. Misalnya pengalaman Anda bekerja, hobi yang Anda sukai, rutinitas keseharian yang Anda jalani, kebiasaan, keahlian dan pengetahuan yang Anda miliki. Masihkah Anda mengingat pelajaran pada perkuliahan pertama mengenai kunci enterpreunership? Konsep 3 in 1 membangun inspirasi, merupakan kepala kunci di mana Anda masih membangun spirit enterpreunership Anda.

Untuk itu, setelah ada menemukan gagasan atau ide bisnis dan terinspirasi untuk memulainya pertimbangkan beberapa hal ini dalam format uji coba (riset dan trial peluang):

  1. Pasar: apakah inspirasi Anda mampu diserap pasar? Seberapa besar daya serapnya? Seberapa lama keberlanjutannya?
  2. Persaingan: apakah inspirasi tersebut mudah ditiru oleh orang lain? Apakah trend perubahannya sangat cepat? Apakah faktor modal sangat menentukan keberhasilan peluang tersebut untuk tetap bertahan? Apakah Anda akan mampu mengatasi kelemahan-kelemahan peluang tersebut?
  3. Individu: apakah Anda mampu mewujudkan inspirasi dan ide bisnis Anda? Apakah Anda mampu memenuhi faktor-faktor di atas? Galilah semua kelemahan dan keunggulan yang Anda miliki untuk mewujudkan peluang itu.

Kunci memulai usaha juga harus menyertakan beberapa kiat berikut untuk memaksimalkan usaha yang Anda. Pengusaha Bob Sadino membagi resep bagaimana sukses dengan usaha Anda. Kiat pertama, Jadilah yang pertama! Karena percaya atau tidak, hal ini sangat mempengaruhi sebuah bisnis. Sebagai contoh yang paling mudah. Ketika seseorang inginmembeli minuman air dalam kemasan, apa yang dia bilang? Pasti “saya mau beli *qua”. Sang penjaga warung pun akan memberikan air minum kemasan bisa saja merk lain, misalnya c*eo atau v*t. Karena menjadi yang pertama akan sangat melekat di benak setiap orang ketika ingin membeli suatu barang.

Kiat kedua, jadilah yang terbaik! Ketika Anda tidak bisa menjadi yang pertama, maka jadilah yang terbaik. Sebagai contoh, stasiun televisi di Indonesia. Siapakah yang pertama membuat stasiun televisi di Indonesia? T*RI. Tapi siapakah yang terbaik? Mungkin stasiun tersebut kini sudah ‘tua’ dan sekarang ada banyak stasiun televisi terbaik. Kiat ketiga, jadilah yang terunik! Jika Anda tidak bisa menjadi yang pertama, tapi juga tidak memungkinkan untuk menjadi yang terbaik? Maka jadilah yang terunik. Buatlah sebuah inovasi sehingga membuat pelanggan melirik karya Anda. Sebagai contoh, HP yang bisa digunakan untuk menonton TV. Dari dulu fungsi HP Cuma untuk telpon dan sms, tapi karena ada orang yang berinovasi, maka HP pun dilirik pelanggan.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS

  • Comments Off on Kunci Memulai Usaha