November 28 2014
  • 1
Jakarta, ID - 26 °CPartly Cloudy - Humidity: 83%
Advertisement

Kriteria Bisnis Waralaba yang Patut Dipilih

By admin - Tue Jan 17, 3:20 pm

Bisnis waralaba menawarkan kesempatan berwirausaha ditengah sempitnya lahan pekerjaan yang tersedia. Bisnis waralaba sebenarnya ikut mendorong pertumbuhan ekonomi di Indonesia untuk semakin meningkat dari tahun ke tahun. Kondisi ini ditandai dengan munculnya beragam peluang bisnis baru serta meningkatnya minat pasar terhadap berbagai macam penawaran investasi bisnis, terutama investasi dengan sistem franchise atau waralaba. Peluang berinvestasi dengan sistem franchise memang sangat menggiurkan, bahkan menurut hasil survey, omset bisnis franchise tahun ini diperkirakan mencapai angka Rp 120 triliun rupiah. Hal inilah yang membuat banyak pihak saling berlomba untuk menekuni bisnis franchise sebagai salah satu peluang usaha yang menjanjikan untung besar

Sehingga beragam jenis usaha dari mulai bisnis makanan dan minuman, bisnis retail, sampai beragam bisnis jasa, telah banyak yang dikembangkan dengan sistem kemitraan franchise (waralaba). Apa saja yang perlu dipersiapkan para franchisor (penyelenggara sistem franchise) dan franchisee (mitra yang bergabung dalam sistem franchise) sebelum menjalankan bisnis franchise? Apa saja keuntungan dan kendala menjalankan bisnis franchise? Serta bagaimana strategi pemasarannya? Untuk mendapatkan bisnis yang tepat dan menjawab pertanyaan-pertanyaan Anda tersebut, Anda patut menyimak beberapa kriteria yang franchise yang baik.

Bisnis waralaba tidak semuanya menjamin keuntungan dan memang tidak ada jaminan untuk selalu berada dalam keadaan untung yang berlipat-lipat. Simak beberapa hal berikut yang akan membantu Anda dalam memilih franchise yang paling tepat. Pertama adalah peluang bisnis itu memiliki produk yang bagus, meliputi fitur dan manfaat. Kriteria ini bisa Anda tinjau dari sudut kebutuhan yakni yang mampu menggeser kebutuhan tertier ke kebutuhan yang penting saat itu juga. Selain itu, dapat menggantikan atau menambah fungsi-fungsi lain yang tidak ada sebelumnya menjadi lebih baik.

Kriteria kedua yang harus Anda lihat adalah peluang usaha tersebut mempunyai kualitas produk yang baik. Hal itu mencakup ramah lingkungan, tidak berbahaya bagi kesehatan maupun keselamatan pengguna. Juga mempunyai daya tahan atau kekuatan bahan yang tinggi, tingkat kadaluwarsa yang tinggi dan tidak mempunyai efek samping. Kriteria ketiga adalah peluang bisnis itu mempunyai prospek yang bagus, yakni mampu menghasilkan banyak keuntungan dalam tempo yang ditentukan. Selain itu, popularitas merk atau image juga harus bisa terus ditingkatkan di masyarakat dari tahun ke tahun.

Bisnis waralaba yang baik juga mempunyai criteria yang keempat yaitu peluang usaha tersebut mempunyai resiko yang serendah mungkin. Hal ini dikhususkan bagi pemula usaha untuk mengurangi tingkat kerugian material. Juga dapat diprediksi berapa tingkat kerugian yang bisa mengurangi kebangkrutan dana pokok. Kriteria kelima adalah bisnis tersebut mempunyai fleksibilitas yang tinggi. Hal ini berarti usaha tersebut dapat dikerjakan tanpa mengikat terlalu banyak kebebasan pelaku usaha. Selain itu juga mampu dimodifikasi sedemikian rupa untuk kemudahan produksi dan pemasaran. Kriteria keenam adalah mempunyai minat buyer yang bagus. Yakni produk bisa memberikan kesan sebagai pilihan utama dari sekian banyak pilihan atau solusi. Juga produk tersebut tidak membosankan dan mempunyai daya tarik tersendiri.

Kriteria ketujuh yang harus dimiliki oleh sebuah usaha atau bisnis adalah mempunyai sedikit pesaing. Biasanya berbentuk produk inovasi atau varian baru dari ceruk bisnis yang memanfaatkan kelemahan competitor. Hal ini juga mampu meningkatkan pelanggan seiring berjalannya waktu. Kriteria kedelapan adalah mempunyai system operasional yang baik. Hal ini bisa didelegasikan pekerjaan-pekerjaan kecil ke orang lain dan bisa diajarkan cara-cara pengoperasiannya dengan benar karena mempunyai rumusan baku tertentu yang bisa diduplikasikan. Kriteria kesembilan adalah mempunyai pembaharuan yang dinamis. Hal ini berarti bisa beradaptasi terhadap tuntutan pasar dari perkembangan jaman dan mengutamakan selera pasar dengan selalu meng-upgrade produk dan juga metode marketing. Kriteria terakhir adalah mampu beroperasi dengan modal kecil. Terutama bagi pemula usaha yang mempunyai modal minim atau bisa juga dimulai dengan menjadi reseller produk lain.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS

Leave a Reply

Comments are closed on this post.

Advertisement