November 15 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Kriteria Bisnis Menguntungkan

By admin - Fri May 04, 4:28 pm

Bisnis menguntungkan seakan menjadi gula yang selalu dicari oleh semut. Bisnis menguntungkan tidak harus bermodal besar dan membeli lahan untuk usaha, karena Anda bisa mencoba bisnis online yang sudah terbukti sangat menguntungkan. Berikut adalah 5 kriteria bisnis online yang dapat Anda lakukan di rumah. Kriteria pertama adalah bentuk barang atau jasa yang mempunyai permintaan yang tinggi. Mempunyai permintaan/demand yang tinggi pada barang atau jasa yang kita tawarkan pada pelanggan. Kita melihat beberapa peluang yang daya beli dan kebutuhan pelanggan meningkat maka tidak ada salahnya kita ciptakan suatu produk untuk dijual.

Bisnis menguntungkan

Kriteria kedua adalah disarankan memilih barang yang tidak ada inventory. Contohnya, ada suatu toko online komputer dengan brand ternama tetapi pada saat pelanggan ingin memilih suatu produk, toko online komputer tersebut hanya mengambil pada pemasok. Karena yang ditawarkan hanya pelayanan dan jasa saja. Sebagai pemula, ini salah satu cara yang aman untuk menjajaki seberapa besar suatu pasar pada nilai suatu barang. Kriteria ketiga, dibutuhkan juga oleh negara lain (Global). Ada baiknya jika memilih suatu produk yang akan dipasarkan, tidak hanya pada titik penjualan secara lokal saja tetapi sektor pasar luar negeri juga membutuhkan. Contoh nyata bisa saja pada penjualan baju muslim, jilbab, atau kreasi handmade.

Bisnis menguntungkan online bisa dilihat dari criteria yang keempat, yaitu margin yang didapat tinggi. Apabila kita bisa menjual kepercayaan pada pelanggan, melayani sepenuh hati, jujur dan dapat mendefinisikan produk yang akan dijual maka pelanggan akan kembali pada kita. Pelanggan akan royal dan tidak akan mempermasalahkan suatu harga apabila kita bisa menjamin apa yang menjadi kepuasan pelanggan itu sendiri. Kriteria kelima, mulai dari modal seminim mungkin. Dengan sistem penjualan online, maka pengeluaran seperti biaya tempat, pegawai, listrik, dll tidak akan membuat Anda pusing karena hanya memerlukan modal yang sedikit saja. Mulailah dari yang kecil untuk menciptakan produk yang unik sehingga bisa menghasilkan income yang besar.

Setelah Anda memperoleh hasil dari bisnis online tersebut, tidak ada salahnya Anda berinvestasi untuk membuka bisnis lain yang akan mensupport bisnis online Anda. Misalnya bagi Anda yang masih lajang (tidak punya tanggungan) dan tinggal di rumah sendiri, kenapa Anda tidak kos saja dan mengontrakkan rumah Anda? Dengan demikian, Anda akan mendapatkan tambahan penghasilan dari pemasukan sewa rumah setiap bulan atau setiap tahunnya. Atau kalau rumah Anda agak besar, kenapa Anda tidak menyewakan satu dua kamar di antaranya untuk dijadikan kos-kosan kecil-kecilan? Anda akan dapat pemasukan tambahan dari uang kosnya, kan?

Bisnis menguntungkan juga bisa dilakukan dengan mengandalkan keahlian. Kalau Anda punya keahlian khusus, Anda bisa bekerja dan mendapatkan honor dari situ. Contohnya, kalau Anda bisa menyanyi, Anda bisa menyanyi di pesta-pesta dan mendapatkan honor. Mungkin Anda bisa mengajar? Anda bisa mengajar dan mendapatkan honor. Bekerja sendiri harus dibedakan dengan bekerja sebagai karyawan. Sebagai karyawan Anda mendapatkan gaji, sedangkan di sini Anda tidak mendapatkan gaji, tetapi mendapatkan honor. Contoh mereka yang bekerja dengan mengandalkan keahlian dan mendapatkan honor pada umumnya adalah artis yang main sinetron, atau dokter dan arsitek yang membuka praktek sendiri dengan mendapat bayaran dari pasien atau kliennya.

Kalau Anda perhatikan, sebetulnya hampir setiap orang punya keahlian atau keterampilan khusus yang bisa dijual. Masalahnya di sini adalah apakah Anda berani menjadikan keahlian atau keterampilan yang Anda miliki itu untuk bisa dijual kepada khalayak? Kelebihan bekerja sendiri dengan mengandalkan keahlian adalah bahwa Anda akan mendapatkan penghasilan yang memang sesuai dengan keahlian Anda. Artinya, Anda akan termotivasi untuk lebih memperdalam keahlian Anda sehingga akan mendapatkan bayaran yang lebih. Kekurangannya adalah, kalau Anda tidak bekerja (absen), Anda tidak akan mendapatkan bayaran.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS