November 19 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Konsumen dan Tipenya

By admin - Wed Dec 12, 4:43 pm

Konsumen mempunyai tipe yang berbeda dari satu orang ke orang yang lain. Konsumen dan juga perilaku yang dilakukannya sebaiknya diketahui oleh Anda sebagai seorang pelaku usaha. Mereka mempunyai sifat dan karakteristik yang berbeda-beda. Ada konsumen yang terlalu banyak menuntut, terlalu pemilih, dan ada juga yang ramah serta menerima penawaran yang Anda berikan. Berbagai macam perilaku dan karakteristik inilah yang harus Anda pelajari untuk mendapatkan konsumen yang loyal terhadap produk dan usaha Anda.

KonsumenMemang terkadang perilaku-perilaku mereka ada yang membuat kita kesal dan kerepotan. Karena sudah Tanya ini-itu tetapi akhirnya tidak jadi beli, dan seterusnya. Sebagai seorang pemasar sejati dan sebagai seorang pelaku usaha, kita harus bisa belajar tentang perilaku dan karakteristik konsumen agar bisa melancarkan strategi yang matang untuk menggaet mereka ke dalam usaha kita dan akhirnya menjadi konsumen yang loyal. Untuk membantu Anda menghadapi pasar, sebaiknya Anda mengikuti beberapa tips tentang karakteristik dan tipe konsumen yang ada serta cara menghadapinya.

Konsumen tipe yang pertama adalah konsumen agresif. Cirinya adalah dia selalu menginginkan hasil yang optimal dan tidak suka membuang-buang waktu. Untuk itulah ketika Anda menghadapi konsumen yang tipe seperti ini, sebaiknya Anda tidak terlalu banyak basa-basi. Berikan informasi produk secara langsung dan tidak berbelit-belit. Yakinkan keuntungan apa saja yang akan mereka dapatkan dengan membeli produk Anda.

Tipe yang kedua adalah konsumen ramah. Nah ini adalah tipe konsumen yang ramah dan menyenangkan. Tetapi ingatlah, jangan menganggapnya sebelah mata. Anda harus bisa menggunakan strategi yang pas untuk bisa menarik perhatian mereka. Jika Anda mendapatkan konsumen tipe ini, sambutlah keramahan mereka dan ajdilah teman yang baik. Jalinlah hubungan yang baik untuk membangun loyalitas konsumen.

Konsumen tipe yang ketiga adalah konsumen kritikus. Tipe konsumen ini sangat teliti dan juga gemar memberikan kritikan pada produk Anda. Nah, Anda harus pintar-pintar meyakinkan konsumen seperti ini. Puaskan rasa ingin tahu mereka dengan menginformasikan produk Anda secara lengkap dan terperinci. Dan pastikan bahwa mereka mengerti apa yang Anda sampaikan.

Tipe yang keempat adalah konsumen pasif. Jenis konsumen ini cenderung lebih diam dan terlihat tidak peduli atau tidak tertarik terhadap sebuah penawaran. Jadi, yang harus Anda lakukan adalah harus pintar mengambil hati mereka.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS