November 21 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Kiat mengembangkan bisnis agar naik kelas

By admin - Tue Jan 03, 3:19 pm

  • Comments Off on Kiat mengembangkan bisnis agar naik kelas
  • 485 views
  • Email
  • Print

Kiat mengembangkan bisnis agar naik kelas bukan urusan mudah untuk direalisasikan. Kiat mengembangkan bisnis agar naik kelas harus menghadapi berbagai macam tantangan dan rintangan selain masalah pendanaan. Menjalankan bisnis memang sulit. Selain ketekunan, kreativitas dan inovasi, wirausahawan juga butuh keberanian. Mengembangkan bisnis itu artinya Anda berteman dengan ketidakpastian. Tetapi semakin Anda mendapati resiko yang tinggi, akan semakin tinggi pula keuntungan yang akan Anda dapatkan.

Oleh karena itu jika wirausahawan tidak memiliki keberanian, maka sulit untuk naik kelas. Jadi koreksi diri Anda. Selain itu, harus ada optimism karena rasa optimistis ini penting untuk menyemangati diri sendiri. Misalnya di Jepang. Jika di sana ada orang terkena kanker sudah stadium 4, maka dia tidak diberitahu oleh dokter. Kenapa itu bagian dari semangat. Umumnya jika orang itu diberi tahu, maka dia akan lemas dan lebih cepat mati. Tips bersahabat dengan ketidakpastian ini adalah mempelajari setiap langkah yang akan dijalankan. Ketidakpastian pada usaha-usaha yang tidak dikenal, alangkah lebih baiknya jika bukan menjadi prioritas. Ingat ada risiko, namun semakin pasti suatu bisnis, semakin kecil risiko yang dihadapi dan semakin kecil kemungkinan keuntungan. Sebaliknya semakin berisiko usaha itu maka tingkat pengembaliannya semakin besar. Contohnya pada bisnis saham.

Kiat mengembangkan bisnis agar naik kelas berkaitan dengan pebisnis itu sendiri. Untuk itulah pebisnis harus memperhatikan perkembangan pasar. Pergeseran pasar penting untuk melihat minat konsumen. Sebab minat ada hubungannya dengan permintaan. Semakin tinggi minat dan kesukaan, maka permintaan akan semakin tinggi dan produksi akan terus meningkat. Pengembangan bisnis juga sangat tergantung pada konsep, bukan program. Contoh, dengan konsep oleh-oleh maka orang tidak akan memandang harga. Tapi ketika diprogram dengan jualan dimana-mana, maka konsep oleh-oleh akan hilang. Sehingga ketika produk tersebut ada dimana-mana, maka harga dan minat akan berkurang.

Kiat selanjutnya adalah cerdas dalam memilih. Hidup selalu soal memilih. Hasil itu merupakan respons dari wirausahawan dengan suatu kejadian. Keputusan cerdas yang diambil akan bisa meningkatkan usaha atau justru menjatuhkannya. Suksesnya bisnis seseorang tidak melulu karena pemikiran dan strategi yang bagus karena sifat pebisnis yang menjalankan juga sangat mempengaruhi suksesnya bisnis tersebut.

Kiat mengembangkan bisnis agar naik kelas yang terakhir adalah sifat atau karakter seorang pebisnis. Karakter seorang pengusaha sukses harus mempunyai cita-cita yang kuat; tidak pernah takut untuk gagal; berani keluar dari comfort zone, yakni berani mengerjakan hal-hal yang tidak menyenangkan pada mulanya dan juga mau mengorbankan kesenangan untuk sementara waktu untuk kemudian menikmati kesenangan tersebut untuk selamanya; bertanggung jawab penuh untuk hasil yang Anda dapatkan terutama jika mengalami kegagalan tidak menyalahkan siapapun.

Selain itu juga tidak pernah terlalu lama menunggu untuk memulai sesuatu; mampu menyusun target pribadi; mempunyai rencana kerja dan mengevaluasinya secara berkala; mempunyai disiplin diri untuk mengerjakan langkah-langkah sesuai target; mengetahui cara untuk memilah apa yang penting atau apa yang tidak penting untuk dilakukan untuk tercapai cita-cita; selalu melihat keadaan yang tidak menyenangkan yang dihadapinya sebagai sesuatu yang sifatnya sementara dan selalu ada jalan keluar; mempunyai jiwa besar yang selalu memberikan dukungan terhadap orang lain; selalu mempunyai sikap positif terhadap apa saja yang didapatkannya; dan selalu bersyukur atas apa yang telah diterimanya. Jika kesemua sifat tersebut mampu diterapkan dan diaplikasikan dengan perencanaan dan target yang matang, maka kesuksesan pun akan menghampiri.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS

  • Comments Off on Kiat mengembangkan bisnis agar naik kelas