November 25 2014
  • 1
Jakarta, ID - 25 °CPartly Cloudy - Humidity: 89%
Advertisement

Kiat memulai bisnis untuk pegawai

By admin - Fri Dec 23, 4:04 pm

 

Kiat memulai bisnis untuk pegawai biasanya sangat diminati oleh mereka yang masih merasa kurang puas dengan hasil yang didapatkan. Kiat memulai bisnis untuk pegawai tetap harus dipertimbangkan dengan sungguh-sungguh dan jangan gegabah dalam mengambil keputusan. Karena dari setiap keputusan yang Anda pilih aka nada harga yang harus dibayarkan.

Jika Anda adalah tipikal orang yang mempunyai jiwa wirausaha tetapi masih belum kesampaian untuk mempunyai usaha sendiri, dan Anda masih belum puas dengan gaji Anda di kantor, Anda bisa menerapkan beberapa tips berikut ini. Kiat pertama adalah cuti menyiapkan bisnis. Ambil cuti di luar tanggungan perusahaan, 6 bulan sampai dua tahun setelah siap mental, finansial, dan sebagainya. Dengan syarat setelah mengambil cuti di hari pertama berarti bisnis sudah harus berjalan. Jika usaha berkembang, maka Anda dapat memutuskan untuk keluar dari kantor. Namun jika gagal, Anda bisa kembali bekerja sambil menyiapkan mental, modal, dan mengevaluasi kesalahan untuk melakukan bisnis kembali pada suatu saat.

Kiat memulai bisnis untuk pegawai yang ke dua adalah siapkan manajemen. Sambil bekerja, Anda bisa memulai membangun bisnis impian. Percayakan kepada orang terdekat mengenai pengelolaan bisnis. Namun untuk keuangan, Anda harus kontrol langsung. Pada saat hasil dari bisnis sampingan sudah menyamai gaji di kantor, maka Anda berhak mempertimbangkan untuk keluar. Perhitungannya seperti ini, dengan bekerja penuh waktu 160 jam selama satu bulan, gaji Anda hanya Rp 1 juta. Sedangkan melalui bisnis sampingan paruh waktu, Anda bisa berpenghasilan dua kali lipat dari pendapatan Anda saat  ini.

Seorang entrepreneur bukan seorang gambler (penjudi) atau risk avoider (orang yang selalu menghindari risiko). Melainkan seorang risk taker, risk calculator, yaitu orang yang berani mengambil dan menghitung risiko. Sebenarnya siapapun bisa berbisnis. Namun sebelum mulai merancang business plan dan menjalankan usaha, ada empat hal yang wajib Anda miliki.

Kiat memulai bisnis untuk pegawai harus memiliki empat hal, yaitu:

1)      Kredit tanpa cela.

2)      Pengalaman.

3)      Pengetahuan dasar mengenai operasional.

4)      Biaya operasional selama 12 bulan.

Ketika mengawali bisnis, keuangan Anda harus dalam kondisi prima. Anda tidak harus memiliki modal usaha dengan nilai yang besar, karena modal usaha pun bisa Anda dapatkan dari bank. Namun ketika bank dalam tahap mensurvei keuangan Anda, pastikan Anda tidak sedang terlibat utang. Misalnya, utang kartu kredit yang masih berjalan. Anda tidak akan mampu menjalankan bisnis yang sukses bila kondisi keuangan Anda masih morat-marit. Sebaliknya, bila Anda belum mampu melunasi utang-utang Anda, artinya Anda belum siap membuka usaha. Jika Anda sedang mempertimbangkan untuk melakukan perubahan karier, bekerjalah pada seseorang yang sudah melakukan apa yang menjadi impian Anda. Pekerjaan tersebut tidak harus penuh waktu; bisa saja hanya beberapa hari dalam seminggu. Sebab inti dari pekerjaan paruh waktu tersebut hanya untuk memelajari situasi sebelum Anda melakukan lompatan karier. Caranya, buatlah jurnal mengenai apa yang Anda alami sepanjang hari, baik maupun buruknya. Apa yang Anda pelajari dapat menjadi bekal untuk kesuksesan Anda di masa datang. Tidak hanya bagaimana cara menangani produksi, atau mempromosikan produk Anda, tetapi juga berbagai pekerjaan administratif lain. Misalnya, memahami aturan pajak bila Anda seorang wiraswasta. Bila Anda belum mengetahui semua hal tersebut, tak mengapa. Ada banyak kelas-kelas, training, atau workshop, yang ditawarkan untuk pemula di bidang bisnis. Gali informasi sebanyak-banyaknya, termasuk dari rekan-rekan yang lebih dulu sukses menjalankan usaha.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS

Leave a Reply

Comments are closed on this post.

Advertisement