December 9 2016
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Keuntungan Tagline untuk Mempromosikan Produk

By - Thu Sep 18, 4:40 pm

Tagline untuk promosi secara gamblangnya berfungsi sebagai pengingat dan penyambung antara produk Anda dan konsumen. Tagline untuk promosi yang terkenal misalnya tagline milik Nokia – Connecting People. Ketika Anda mendengar kalimat sederhana itu, Anda pasti langsung teringat akan ponsel merk Nokia. Biasanya tagline disampaikan dan ditampilkan dengan baik dan sederhana baik dalam bentuk visual maupun verbal. Slogan atau frasa yang sederhana dengan pilihan kata yang tepat akan terngiang terus di pikiran masyarakat.

Tagline untuk promosiTagline sendiri merupakan satu kesatuan dengan promosi yang Anda lakukan. Tagline memang bisa berjalan sendiri tetapi setelah Anda memperkenalkannya ke publik. Sama halnya dengan membuat logo, tagline yang Anda keluarkan sebaiknya juga mewakili produk Anda dan betapa manfaatnya produk Anda untuk masyarakat, khususnya untuk pangsa pasar produk Anda. Jika Anda masih bingung bagaimana caranya membuat tagline yang bagus dan tepat sasaran, berikut beberapa tips yang bisa Anda ikuti:

  • Pastikan Anda sudah mengenal dan faham betul siapa pangsa pasar Anda sebelum memulai membuat tagline. Hal ini untuk memastikan bahwa tagline yang Anda lempar dipahami dengan mudah oleh pasar. Misalkan Anda membidik pasar anak muda, maka Anda harus belajar bagaimana membuat tagline membaur dengan anak muda, begitupun dengan pangsa pasar yang lain. Kesalahan yang sering terjadi adalah mengusung produk untuk kalangan menengah ke bawah tetapi menggunakan Bahasa Inggris. Tentu saja pangsa pasar Anda tidak bisa mencerna dan mengingat tagline Anda. ini yang dimaksud dengan tagline yang tidak ideal.
  • Ciptakan tagline yang bisa menyentuh emosi pangsa pasar. Tagline untuk promosi harus bisa menyentuh dan menggugah emosi pangsa pasar Anda. Misalnya dengan membuat tagline untuk memberi semangat, dan lain sebagainya. Cara seperti ini akan menggugah perasaan dan emosi pangsa pasar yang kemudian membuatnya terngiang-ngiang terus dengan produk Anda. Misalnya tagline Yakult – Cintai Ususmu. Tentu saja masyarakat yang mendengar tagline ini tergugah untuk membelinya walaupun tidak rutin hanya untuk menyehatkan kondisi dalam tubuh.
  • Tagline sebaiknya singkat dan jelas. Maksimal penggunaan tagline adalah 10 kata. Jangan membuat tagline yang terlalu panjang dan bertele-tele karena hanya akan mempersulit pangsa pasar untuk mengingatnya. Misalnya seperti tagline McDonalds – I’m Lovin it.

Tagline untuk promosi harus bisa diciptakan sekreatif dan seunik mungkin. Untuk membuat rasa penasaran, untuk menciptakan rasa aman, memacu semangat, mengaduk emosi, dan lain sebagainya. Banyak sekali rangkaian frasa yang bisa Anda simpulkan kedalam tagline produk Anda. ide segar memang sangat dibutuhkan ketika membuat tagline dan logo. Dua hal ini bahkan bisa dihubungkan satu sama lain. Anda bisa mengamati lingkungan sekitar dan berjalan-jalan sebentar untuk mencari informasi dan inspirasi sampai mendapatkan frasa dan desain logo yang tepat.

Semoga sukses!

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS

  • 0 Comments

  • Fatal error: Call to undefined function the_ratings() in /home/infoduit/public_html/wp-content/themes/peluangbisnis/lib/hooks.php on line 513